Bikin Ngiler! Ini 10 Soto Indonesia Terenak yang Wajib Kamu Coba!

Bikin Ngiler! Ini 10 Soto Indonesia Terenak yang Wajib Kamu Coba!

Soto Betawi-Disway-Google

DISWAYJOGJA - Soto adalah kuliner khas Indonesia yang tampilannya seperti sop tetapi lebih pekat. Umumnya Soto terdiri dari nasi atau lontong, daging suir dari sapi maupun ayam, ditambah pelengkap seperti bihun, tauge, daun bawang lalu disiram dengan kuah kaldu berbumbu khas.

Namun perlu diketahui, berbeda daerah berbeda pula komposisi sotonya. Keberadaan rempah-rempah yang beragam dan bahan yang berbeda membuat rupa penampilan Soto sangat beraneka ragam tergantung daerahnya masing-masing. 

10 Soto Terenak di Indonesia 

Dari sekian banyak macam Soto di Indonesia, berikut 10 yang terbaik dihimpun dari berbagai sumber:

1. Soto Padang

Soto Padang menggunakan kuah kaldu sapi dengan aneka rempah yang pekat, ditambah dengan perkedel kentang sebagai pelengkap. Yang menarik dari Soto ini ialah terdapat irisan daging yang digoreng kering.

2. Soto Medan

Soto ini menggunakan kuah santan dan berwarna kekuning-kuningan dengan aroma serai, yang membuatnya makin nikmat.

3. Soto Banjar

Soto Banjar merupakan Soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan yang menggunakan daging ayam kampung dan telur bebek. Soto ini beraroma rempah-rempah seperti pala, cengkeh dan kayu manis. Menggiurkan sekali yaa.

4. Soto Makassar

Soto Makassar menggunakan kuah yang berasal dari rebusan air cucian beras, jeroan, daging sapi dan serbuk kacang tanah yang direbus sangat lama.

Soto  ini biasa dihidangkan dengan buras, mirip dengan lontong namun lebih mirip nasi lembek yang direbus dengan santan terlebih dahulu.

5. Soto Betawi

Soto Betawi yang penampilannya agak mirip dengan Soto Medan tapi berbeda rasanya ini dihidangkan dengan pelengkap berupa irisan tomat, kentang, daun bawang dan emping renyah. Cocok sekali untuk anda penggemar Soto dengan isian lengkap.

6. Soto Lamongan

Soto yang satu ini tentu saja Soto paling populer dibanding "saudaranya" yang lain. 

Soto Lamongan yang berkuah kuning, ringan, dengan taburan spesial koya dan kerupuk kuning selalu menjadi pilihan pas di musim penghujan seperti sekarang. Ditemani dengan aneka gorengan, sate puyuh, ati ampela, sate usus dan teh manis hangat.

7. Soto Kudus

Soto Kudus memiliki isian yang sama dengan Soto pada umumnya yaitu tauge, daun bawang dan bawang goreng.

Yang membedakan Soto Kudus dari yang lain adalah dagingnya yang menggunakan daging kerbau.

8. Soto Lenthok

Soto Lenthok berasal dari Yogyakarta. Menggunakan ayam kampung dengan tambahan lenthok, yakni sejenis perkedel yang terbuat dari singkong sebagai ciri khasnya.

9. Soto Madura

Umumnya Soto madura menggunakan ayam kampung yang diolah sebagai pelengkap. Namun seiring berkembangnya olahan daging sapi, maka tak jarang kita menemukan Soto madura yang dilengkapi daging sapi. 

Seperti daerah lain, Soto madura dilengkapi juga daun bawang, bawang goreng, jeruk nipis dan soun.

10. Soto Badung

Soto Bandung sekilas mirip dengan Soto pada umumnya. Yang membedakan adalah tambahan lobak, tomat dan taburan kedelai goreng diatasnya. Membuat Soto ini semakin gurih untuk dinikmati.

 

Gimana? Jadi ngiler beneran kan? Yuk cicipi satu-satu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: