Jelang Kemerdekaan, Ini 18 Ide Lomba 17 Agustus Terseru dan Menarik!

Jelang Kemerdekaan, Ini 18 Ide Lomba 17 Agustus Terseru dan Menarik!

Lomba Panjat Pinang-Disway-Pinterest

DISWAYJOGJA - Bulan Agustus merupakan bulan kemerdekaanya Indonesia. Karenanya, tentu akan banyak lomba-lomba yang diadakan di kampung, sekolah, maupun tempat lain.

Nah, agar momen ini terasa lebih mengesankan, cobalah untuk membuat kreasi lomba-lomba unik yang jarang diketahui namun tetap seru.

Bagi kamu yang masih bingung, berikut 18 ide lomba 17 Agustus yang lucu dan menarik. 

1. Lomba Menangkap Ayam atau Bebek

Lomba menangkap ayam sangat cocok untuk semua kalangan. Selain melatih ketangkasan, lomba ini juga bisa melatih keberanian.

Lomba ini bisa diadakan disebuah lingkaran kecil, peserta akan ditutup matanya dan berlomba untuk mendapatkan ayam lebih duluan.

2. Lomba Makan Biskuit

Jika makan kerupuk sudah biasa, kita bisa menggantinya dengan lomba makan biskuit.

Peserta akan diletakkan di dahinya 1 biskuit. Dan peserta akan berlomba menurunkan biskuit hingga ke mulut tanpa bantuan tangan.

3. Lomba Balap Karung dengan Helm

Lomba balap karung tentu sudah biasa. Tapi jika pesertanya anak-anak dan disuruh menggunakan helm orang dewasa, pasti akan menjadi lucu. Mereka akan merasa berat dan kesulitan sampai ke finish.

4. Lomba Pentung Pendil

Lomba ini menjadi salah lomba yang masih tetap eksis hingga sekarang. Peserta akan berlomba memecahkan plastik berisi air sesuai dengan ketinggian yang telah ditentukan.

Namun sebelum itu, mata peserta terlebih dahulu ditutup kain yaa.

5. Lomba Panjat Pinang

Lomba panjat pinang juga menjadi lomba wajib saat 17 Agustus. Yang menjadi pembeda biasanya adalah hadiah yang dipasang di atas pinang. Semakin menarik hadiah maka akan semakin sengit persaingannya.

6. Futsal Daster Helm

Lomba ini cocok dilakukan untuk kalangan remaja. Tidak seperti futsal biasanya, peserta harus menggunakan daster dan helm agar pertandingan lebih seru.

7. Memindahkan Belut

Belut adalah hewan yang licin sehingga sulit ditangkap. Lomba ini dilakukan dengan menyiapkan sejumlah belut ke dalam satu ember.

Kemudian peserta harus mengambil belut sebanyak-banyaknya untuk dimasukkan ke ember yang lai 

8. Lomba Mengambil Koin

Lomba mengambil koin ini dilakukan dengan menggunakan mulut dan tangan dalam kondisi terikat.

Koin ini ditaruh di permukaan semangka atau pepaya yang sudah dilumuri oli. Sehingga peserta akan bersusah payah untuk mengambil koin yang telah tertancap.

9. Memindahkan Karet dengan Sedotan

Lomba memindahkan karet dengan sedotan bisa dilakukan dengan cara estafet. Ini membutuhkan kerja sama tim yang baik. Pemenangnya bisa ditentukan dari kecepatan atau bisa juga yang paling banyak mengumpulkan.

10. Merias dengan Mata Tertutup

Jika merias biasanya dilakukan ibu-ibu, seru rasanya bila dilakukan bapak-bapak. Tim akan terdiri dari dua orang dimana perias harus ditutup matanya.

Lomba ini bisa juga dilakukan suami-istri. Pemenangnya adalah yang riasannya paling tepat.

11. Lomba Tarik Tambang

Lomba tarik tambang termasuk dalam lomba wajib saat 17 Agustus. Lomba ini memerlukan kerja sama tim yang hebat dan kompak ya

12. Estafet Tuang Air

Lomba estafet tuang air juga harus dilakukan tim. Semakin banyak anggota tim akan semakin sulit.

Karena air ini harus dipindah ke wadah yang dibawa peserta lain yang ada di belakangnya. Sementara saat memberikan air, peserta tidak bisa melihat ke belakang.

Air ini pasti akan semakin berkurang sampai ke belakang. Siap-siap buat basah-basahan kalau ikut lomba ini, ya.

13. Estafet Pindah Tepung

Seperti halnya estafet air, estafet tepung juga memiliki konsep yang sama. Bedanya adalah yang dipindahkan merupakan tepung.

14. Lomba Gebuk Bantal

Lomba gebuk bantal bisa dilakukan di atas kayu selebar satu kaki. Dua peserta harus saling beradu kuat menggebuk bantal sampai lawannya jatuh.

Lebih seru jika di bawah mereka adalah tempat becek atau sungai dangkal agar peserta yang kalah basah atau kotor.

15. Estafet Sarung

Lomba ini memerlukan beberapa tim yang terdiri dari banyak orang. Setiap orang dalam tim akan bergadengan dan memindahkan sarung tanpa tangan menyentuh.

16. Estafet Kardus

Dilomba ini setiap tiap harus berlomba kecepatan untuk sampai digaris finis dengan memindahkan kardus sebagai alas kakinya.

Namun ingat, tidak boleh ada peserta yang keluar dari kardus ya.

17. Memindahkan Gelas Plastik

Memindahkan gelas plastik merupakan hal yang mudah. Namun bila memindahkannya dengan cara meniup balon tentu akan menjadi sangat seru bukan. 

Lomba ini juga dilakukan oleh beberapa peserta yang akan bekerja sama memindahkan gelas sejauh jarak yang ditentukan.

18. Voli Sarung

Jika biasanya voli menggunakan tangan. Maka, kali ini menggunakan sarung yang dipegang sisi nya oleh 2 orang. Yang dipindahkan juga bukan bola, melainkan plastik yang sudah diisi air.

 

Bagaimana unik dan menarik sekali bukan?

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: