5 Daya Tarik Pulau Onrust, Lokasi Film Kutukan Peti Mati

5 Daya Tarik Pulau Onrust, Lokasi Film Kutukan Peti Mati

--

DISWAY JOGJA - Jakarta tidak hanya dikenal dengan kotanya yang ramai dan padat. Ternyata kota ini juga memiliki wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya yakni Pulau Onrust. Pulau ini merupakan bagian dari Kepulauan Seribu. Pemerintah Belanda pada saat itu VOC menamai pulau ini dengan nama Pulau Onrust.

Kisah Pulau Onrust diangkat menjadi sebuah film horor berjudul Kutukan Peti Mati. Film yang diadaptasi dari novel Sarcophagus Onrust, karya penulis Astryd Diana Savitri.

Unsur sejarah yang pernah terjadi di pulau itu menjadi salah satu alasan utama Balai Pustaka untuk menggarap film tersebut. Perseroan ingin menyajikan film yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mengedukasi masyarakat.

Nama Onrust berasal dari bahasa Belanda yang memiliki arti ‘Tidak Pernah Istirahat’ atau dalam bahasa inggris ‘unrest’. Di era kolonial pulau ini dijadikan tempat lalu lalang kapal angkatan laut Belanda. Selain itu, oleh VOC pulau ini dijadikan sebagai galangan kapal dan pergudangan dilengkapi benteng sebagai pertahanan awal Batavia.

Di pulau ini, wisatawan akan menemukan warisan dan bangunan arkeologi dari era kolonial. Pulau ini menawarkan sensasi wisata yang berbeda, wisatawan yang datang bagai dibawa kembali ke masa era kolonial. Sangat direkomendasikan untuk berkunjung ke Pulau Onrust untuk berwisata sembari mengenal rekam jejak sejarah pulau ini.

 

Daya Tarik Pulau Onrust

Pulau bersejarah ini merupakan salah satu ojek wisata sejarah yang eksotis. Pada tahun 1972 Pulau ini telah disahkan sebagai bangunan cagar budaya oleh Ali Sadikin selaku Gubernur DKI Jakarta. Pulau ini memiliki area seluas 7,5 hektar. Sebelumnya pulau ini memiliki area seluas 12 hektar namun, karena abrasi luas area pulau ini semakin kecil.

Lokasi pulau Onrust berdekatan dengan pulau lain seperti Pulau Bidadari, Pulau Kelor, dan Pulau Cipir. Di pulau ini, wisatawan dapat menemukan banyak peninggalan arkeologi dari era kolonial Belanda, dan terdapat sebuah rumah yang masih utuh dijadikan sebagai Museum Taman Arkeologi Onrust.

Berikut 5 daya tarik dari Pulau Onrust :

1. Warisan dan Bangunan Sejarah Era Kolonial

Di pulau ini wisatawan akan disuguhkan banyak warisan dan Bangunan Sejarah dari era kolonial seperti pelabuhan kuno dan benteng. Wisatawan dapat menyaksikan secara langsung di pulau ini terdapat sumur bekas penduduk, kerangka bangunan tua, banyak bata, cor-coran semen, dan bebatuan yang bertebaran.

Pulau yang pernah digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga kesultanan Banten pada abad ke-16 menyimpan banyak sejarah. Pulau ini merangkum bagian warisan sejarah yang berkaitan dengan rumah sakit karantina haji di Pulau Cipir dan benteng Martello.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: