Kacang Bogares, Camilan Kacang Nomor 1 di Tegal yang Terkenal Enak dan Renyah

Kacang Bogares, Camilan Kacang  Nomor 1 di Tegal yang Terkenal Enak dan Renyah

Kacang Bogares Khas Tegal--

DISWAY JOGJA - Kacang Bogares merupakan  olahan kacang tanah yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa yang khas. Kacang Bogares menjadi salah satu kuliner khas Tegal yang banyak digemari masyarakat karena rasanya yang khas, gurih dan renyah. Kacang Bogares ini sudah dikenal sampai ke luar daerah. Bahkan, kacang Bogares sering dijadikan oleh-oleh dan camilan keluarga di Rumah.

Kacang Bogares diproduksi di Desa Bogares Kidul, Kecamatan Pangkah. Nama Bogares diambil dari tempat produksi kacang tersebut. Kacang Bogares memiliki keunikan  sendiri daripada kacang-kacang lainnya. Keunikannya terlihat pada cara pengolahannya. Proses pengolahan kacang tidak digoreng, melainkan disangrai dan membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Melansir dari laman Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal, pengolahan kacang bogares melalui beberapa tahap;

  1. Pilihlah kacang tanah yang memiliki kualitas baik. Kacang tanah minimal punya isi dan bentuk yang lebih besar dan keras. Kriteria ini memberikan gambaran bahwa kacang tersebut bagus untuk digunakan.
  2. Kacang yang sudah kering dimasukkan ke dalam mesin pengupas kacang, kemudian kacang diayak agar terpisah dari kotorannya.
  3. Setelah bersih selanjutkan kacang direndam di dalam air tawar selama sekitar 3 jam, kemudian diangkat dan masukkan kacang ke dalam air garam berbumbu (penduduk setempat menyebutnya dibacem) selama semalaman.
  4. Kemudian kacang dijemur hingga kering, setelah itu kacang digoreng menggunakan pasir sambil diaduk-aduk agar matangnya bisa merata.
  5. Proses penggorengan ini berlangsung selama 20-30 menit dan bahan bakarnya masih menggunakan kayu bakar.
  6. Setelah matang , kacang dipisahkan dari pasir menggunakan ayakan khusus.
  7. Siapkan wadah khusus dan kacang dianginkan agar pasirnya hilang.  Lalu tiriskan
  8. Untuk menambah rasa yang gurih dan sedikit manis dengan aroma khas dan harum, beberapa perajin memberi rasa bawang pada produk kacang.
  9. Kacang Bogares siap untuk dikemas dan dipasarkan.

 

Kacang Bogares menjadi salah satu andalan kuliner di Tegal, Jawa Tengah. Kacang bogares ini memiliki cita rasa yang khas, rasanya lebih gurih, dan bumbunya sangat terasa. Tak mengherankan jika camilan ini banyak disukai orang-orang. Kacang Bogares bisa dibeli di tempatnya langsung ataupun membelinya secara online dengan biaya yang cukup murah. Rasanya yang khas membuat Camilan ini menjadi kuliner khas Tegal yang banyak diburu orang-orang. Gimana nih mau mencicipi camilan yg satu ini? (*).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: