Lembah Oya Kedungjati: Wisata Sungai Berlatar Perbukitan di Bantul yang Cocok untuk Berakhir Pekan!

Lembah Oya Kedungjati: Wisata Sungai Berlatar Perbukitan di Bantul yang Cocok untuk Berakhir Pekan!

Lembah Oya Kedungjati -Disway-Instagram Lembah Oyo Kedungjati

DISWAYJOGJA.ID - Sebagai salah kawasan yang masih berada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kabupaten Bantul memiliki beragam destinasi wisata yang tak kalah menarik. Terdapat banyak sekali wisata yang menyuguhkan keindahan alam seperti gua, sungai, pantai dan masih banyak yang lain.

Salah satunya adalah Lembah Oya Kedungjati. Destinasi wisata sungai yang akan memberikan sensasi luar biasa bagi siapapun yang mengunjunginya.

BACA JUGA:Berkunjung ke Wisata Air Terseru di Klaten, Cuma bayar 15ribu!

Terletak di Kedungjati, Selopamioro, Imogiri, tepatnya di lembah Sungai Oya atau Oyo dan diapit oleh bukit-bukit karst menghijau. Wisata ini menawarkan pesona indah dari sungai Oya dengan air jernihnya yang sayang untuk dilewatkan. Terutama untuk penggemar alam.

Bagi kamu yang penasaran dengan keindahan alam di Lembah Sungai Oya, simak informasi selengkapnya ya!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket Lembah Oya Kedung Jati

Lokasi: Kedung Jati, Selopamioro, Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Jam operasional: Buka Sabtu-Minggu pukul 06.30-18.00 WIB.

Harga tiket: Tiket masuk gratis (saat tulisan ini dibuat). Kamu hanya perlu memarkirkan kendaraan dan membayar parkir.

2. Rute menuju tempat wisata

Rute perjalanan untuk sampai di tempat Wisata Lembah Oyo Kedung Jati cukup mudah, yaknu melalui Jogja menuju Imogiri. Dari Imogiri, jarak untuk ke lokasi hanya membutuhkan waktu selama 20 menit perjalanan dengan jarak tempuh kurang dari 10 Km. Wah, cukup dekat sekali ya teman!

Setelah di Imogiri, sebelum pertigaan menuju Gunungkidul, kamu bisa mengambil arah kiri menuju Selopamioro Adventure Park. Kemudian ikuti jalan kurang lebih 900 meter dan kamu akan sampai di Wisata Lembah Oyo Kedung Jati.

3. Fasilitas yang tersedia

Wisata Lembah Oyo Kedung Jati menyediakan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung, seperti tempat parkir luas, warung makan, kamar mandi, gubuk untuk beristirahat, dan berbagai spot foto yang keren.

BACA JUGA:Menyelami Jejak Peninggalan Puro Mangkunegaran, Wisata Sejarah yang Teduh dan Mengesankan!

Kamu bisa menikmati makanan atau sekedar bersantai ria di tempat duduk kayu yang mengalir langsung air sungai dibawahnya. Sungguh sangat menarik bukan

Selain itu, tempat wisata ini juga menyediakan paket kegiatan susur Sungai Oya dengan menggunakan perahu karet. Kamu tak perlu khawatir, saat menaiki perahu ini, pengunjung akan ditemani oleh pemandu wisata yang sudah terlatih.

4. Pesona dan daya tarik Lembah Oya Kedung Jati

Salah satu pesona dan daya tarik yang ditawarkan dari Wisata Lembah Oyo Kedung Jati adalah keindahan dari sungai Oya yang membentang dengan perpaduan pepohonan hijau yang rindang. Berlatar pemandangan bukit karst yang menghijau, membuatmu semakin betah berlama-lama bersama orang terdekat.

Di sini, kamu bisa dengan bebas menikmati suasana alam, berfoto sepuasnya, bermain air ditepian, bahkan sampai berenang. Tetap hati hati, karena Sungai Oya memiliki kedalaman air yang berbeda ya.

Selain itu, tersedia juga paket wisata susur sungai Oya yang menjadi salah satu daya tarik utama dari tempat wisata ini. Dengan menyusuri sungai ini pengunjung akan disuguhkan pemandangan keindahan batu-batuan tebing di perbukitan, bebatuan yang bentuknya mirip kubah masjid, dan pohon ingas yang umurnya lebih seabad.

Untuk kamu yang tertarik mengunjungi Lembah Oya Kedungjati, datanglah saat cuaca cerah dan hindari saat hujan. Di pagi ataupun sore hari untuk mendapatkan waktu yang nyaman dengan suasana yang tidak terlalu terik.

Bawalah beberapa makanan dan minuman ringan untuk berpiknik kecil-kecilan di sini. Namun jangan lupa untuk mengemas kembali sampah agar tidak berserakan.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Pantai Terindah di Gunung Kidul yang Wajib dikunjungi!

Itulah beberapa informasi terkait dengan Wisata Lembah Oyo Kedung Jati yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu yang rindu akan pemandangan alam yang syahdu nan menenangkan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: