10 Rekomendasi Pantai Terindah di Gunung Kidul yang Wajib dikunjungi!

10 Rekomendasi Pantai Terindah di Gunung Kidul yang Wajib dikunjungi!

Pantai Slili-Disway-Pinterest

DISWAYJOGJA.ID - Siapa yang tidak kenal Gunung Kidul? Ya, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta terkenal dengan wisata alam yang melimpah ruah. Letaknya yang berada di pesisir laut selatan itu menjadikan gunung kidul memiliki sejumlah pantai yang menarik untuk di kunjungi.

Saat akhir pekan atau liburan tiba, ribuan wisatawan dari berbagai daerah datang untuk menikmati hamparan pasir putih, gulungan ombak, panorama batu karang besar, atau angin sepoi-sepoi di sana.

Untuk kamu yang berencena berkunjung ke Yogyakarta, berikut rekomendasi pantai dengan pemandangan indah di Gunung Kidul.

Bisa dipastikan lokasi-lokasi pantai berikut ini akan menjadikan liburanmu sangat berkesan dan berkenang. Simak satu persatu ya.

Destinasi Wisata Pantai di Gunungkidul

1. Pantai Ngobaran

Rekomendasi yang pertama adalah Pantai Ngobaran, yang dijuluki Bali of Java serta Uluwatunya Yogyakarta.

Pantai ini berlokasi cukup dekat dengan pantai-pantai populer lain di Gunung Kidul, seperti Pantai Gesing.

Disini kamu dapat menemukan beberapa pura di tebing-tebing pantai yang indah. Selain pura, di sini juga ada masjid. Keduanya menjadikan pantai Ngobaran seolah menjadi simbol kerukunan umat beragama di Indonesia.

Jangan ragu untuk berkunjung ke tempat ini. Sebab, pemandangan yang disuguhkan sangat eksotis, natural, dengan banyak biota laut di sepanjang pantainya. Pantai ini terletak di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul.

BACA JUGA:Berkunjung ke Wisata Air Terseru di Klaten, Cuma bayar 15ribu!

2. Pantai Sedahan

Dibanding dengan pantai-pantai lain, Pantai Sedahan di Desa Jepitu ini tergolong sepi pengunjung karena memang masih tergolong baru dan belum diketahui banyak orang. 

Terdapat dua pulau karang besar mengapit perairan biru di tengahnya, yang disempurnakan dengan hamparan pasir lembut. Pantai ini cocok untuk kamu yang butuh ketenangan untuk melepas penat.

Lokasinya cukup terpencil, jadi pengunjung hanya bisa ke sini menggunakan kendaraan pribadi. Aksesnya juga lumayan sulit. Tapi semua tantangan itu akan terbayar lunas oleh pemandangan alamnya yang belum tersentuh banyak orang.

3. Pantai Baron

Pantai Baron menjadi tempat pertemuan air sungai dengan air laut. Ciri khas utama pantai ini adalah adanya mercusuar tinggi bernama mercusuar Tanjung Baron yang berada di puncak bukit karang, gagah tegap berdiri mengawasi sekitarnya.

Pantai ini memiliki fasilitas yang cukup memadai, seperti tempat parkir, tempat makan, sentra oleh-oleh, tempat bermain anak, dan lain-lain. Cocok untuk kamu yang ingin berwisata pantai dengan akses yang mudah.

BACA JUGA:Bukan Bakpia, Ini 10 Oleh-oleh Unik Khas Yogyakarta

4. Pantai Jungwok

Kedengarannya seperti nama artis korea memang, tapi sebenarnya pantai di Gunung Kidul ini berasal dari bahasa Jawa, yaitu Manjung dan Krowok. Sehingga disingkat Jungwok. Manjung adalah gunung purba di area itu yang meledak sampai krowok (berlubang).

Pantai Jungwok berlokasi di Desa Jepitu dan buka selama 24 jam. Tiket masuknya 5 ribuan saja. Selain hamparan pasir pantai, di sini juga terdapat area perbukitan untuk trekking santai sambil berfoto-foto. Tidak perlu khawatir , ombak pantai ini tidak terlalu tinggi karena dihempas karang.

5. Pantai Gesing

Salah satu yang sangat terkenal di Gunung Kidul dan menjadi jujukan wisata dari berbagai daerah adalah Pantai Gesing. 

Pantai ini memiliki ombak yang tenang karena areanya diapit oleh dua perbukitan besar yang memecah ombak selatan. Karenanya Pantai Gesing dijadikan tempat bersandar perahu-perahu nelayan pencari ikan.

Kamu bisa menemukan banyak olahan ikan yang dijual di warung-warung maupun toko dekat pantai. Lokasinya berada di Dusun Panjolo Mulyo, Desa Girikerto, Kecamatan Panggang. Nikmati suasana pantai sambil bawa pulang ikan segar yang lezat!

6. Pantai Wediombo

Dalam bahasa Jawa, wedi artinya pasir, sedangkan ombo adalah luas. Konon, pantai ini terbentuk lewat letusan gunung berapi, yang mungkin menyemburkan pasir pada area luas.

BACA JUGA:8 Ide Bekal Piknik Anti Ribet, No 3 Favorit Banyak Orang!

Terlepas dari itu, Pantai Wediombo begitu cantik dan sayang untuk dilewatkan. Area parkirnya luas dan ada banyak warung untuk membeli makanan dan minuman.

7. Pantai Sepanjang

Dinamakan sepanjang karena pantai ini memiliki garis pantai terpanjang di Gunungkidul.

Kebersihan Pantai Sepanjang juga cukup terjaga, dengan ombak yang pas untuk melakukan surfing. 

Jika beruntung, kamu bisa melihat ikan-ikan yang bersembunyi di terumbu karang dengan air yang sangat jernih. Menarik dan sangat memanjakan mata.

8. Pantai Sadeng

 Pantai Sadeng merupakan pusat perikanan di Yogyakarta yang paling maju dan penduduk sekitar memang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan. 

Karena, tempat ini menjadi favorit para nelayan ikan untuk menyandarkan perahunya seperti halnya di Pantai Gesing. Kamu bisa menikmati pemandangan laut dengan nuansa yang berbeda.

9. Pantai Kukup

Pantai Kukup sangat ramai dengan pengunjung, terutama saat musim liburan atau akhir pekan. Di sana ada sebuah pulau karang kecil yang diberi nama Pulau Jumino, yang bisa diakses melalui jembatan.

Seperti banyak pantai selatan lainnya, fasilitas di Pantai Kukup juga sudah lumayan memadai. Ada area parkir, area warung, musola, area cinderamata, dan sebagainya. Pilihan destinasi akhir pekan yang asyik ini ada di Ngepung, Kemadang, Tanjungsari.

BACA JUGA:Menyelami Jejak Peninggalan Puro Mangkunegaran, Wisata Sejarah yang Teduh dan Mengesankan!

10. Pantai Slili

Salah satu pantai indah yang wajib dikunjungi saat ke Gunung Kidul adalah pantai Slili. Pantai ini sering dijadikan spot foto untuk pasangan muda yang melakukan foto prewedding.

Terdapat batu-batu karang cantik dengan fasilitas yang sangat lengkap sehingga kamu tak perlu khawatir jika datang ke tempat ini.

 

Demikian 10 rekomendasi pantai di Gunung Kidul. Pantai-pantai tersebut bisa dijadikan destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi. Yuk, tunggu apa lagi?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: