5 Tanaman ini Miliki Nama yang Unik! Salah satunya Ada Janda Bolong!

5 Tanaman ini Miliki Nama yang Unik! Salah satunya Ada Janda Bolong!

Janda Bolong - Salah satu tanaman dengan nama unik-Disway-Google

DISWAYJOGJA.ID - Berbeda dari tanaman biasanya, ada beberapa tanaman yang memiliki nama yang unik. Salah satu alasannya adalah karena nama latin tanaman tersebut sulit untuk diucapkan oleh orang awam. 

Itulah mengapa, para pecintanya kemudian memberi sebutan unik pada beberapa tanaman agar lebih mudah untuk diingat. Nama-nama itu tidak lain berasal dari melihat bentuk, warna maupun jenis tanaman itu sendiri. 

Contohnya saja Aloe Vera dengan nama populernya yakni, lidah buaya. Itu karena bentuknya yang seperti lidah dan gigi-gigi runcing seperti kulit buaya. Beberapa tanaman lain yang tidak kalah memiliki nama menarik antara lain:

1. Lidah Mertua

Tanaman yang memiliki nama latin Sansevieria trifasciata laurentii ini lebih dikenal dengan nama lidah mertua di Indonesia. Tanaman merupakan tanaman hias yang seringkali ada diberbagai tempat karena kemampuannya menetralisir udara. 

Lidah mertua karena memiliki bentuk seperti lidah dan ujungnya yang tajam layaknya lidah mertua. Wah, apa benar begitu teman-teman?

BACA JUGA:Yuk Simak Lokasi Wisata Baru di Yogyakarta, yang Jauh Lebih Menarik daripada Jalan-jalan di Malioboro

2. Rondo atau janda bolong

Tanaman yang memiliki nama latin monstera adansonii ini, lebih familiar dengan sebutan Rondo atau janda bolong di Indonesia.

Rondo dalam bahasa jawa berarti janda, namun ‘ron’ yang dimaksud disini adalah ‘daun’ dan ‘do’ yang berarti ’pada atau podo’. Kedua kata itu bila digabung memiliki arti daun yang berlubang sesuai dengan bentuk daun dari tanaman ini.

3. Ekor Kucing

Apa yang tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini? Ya, tanaman Ekor kucing atau Acalypha hispida dimanfaatkan sebagai obat luka, vitiligo dan penyakit lainnya. Sebutan ekor kucing berasal dari bentuk bunganya yang unik menyerupai bentuk ekor kucing.

4. Lidah buaya

Teman-teman itu sudah tidak asing lagi dengan tanaman ini bukan? Berbeda dengan lidah mertua yang berguna untuk penyaring udara, lidah buaya cenderung bermanfaat untuk rambut.

Daun panjang meruncing dan duri tajam inilah yang membuat tanaman ini dikenal dengan sebutan lidah buaya.

5. Bunga Bangkai

Eitss jangan salah, meskipun bernama bangkai, tanaman ini memiliki bentuk yang mempesona loh. Ukurannya pun besar, melebihi tanaman bunga pada umumnya.

Dinamakan bangkai karena bunganya menghasilkan bau yang tidak sedap seperti halnya bangkai. Teman-teman ada yang sudah pernah mencium baunya? Jangan coba-coba kalau tidak kuat ya!

 

Nah itu tadi beberapa tanaman dengan nama yang unik, kira-kira apa ada salah satunya yang kamu pelihara?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: