Rambutmu Seringkali Rontok? 7 Bahan Alami ini Bisa Jadi Solusinya!

Rambutmu Seringkali Rontok? 7 Bahan Alami ini Bisa Jadi Solusinya!

Ilustrasi Rambut Rontok-Disway -Google

DISWAYJOGJA.ID - Rambut rontok kerap kali menjadi masalah bagi seseorang yang mengalaminya. Perlahan, rambut rontok bisa berakibat pada penipisan rambut hingga kebotakan.

Rambut rontok atau alopecia dapat disebabkan karena faktor keturunan, perubahan hormon, kondisi medis, atau bagian normal dari penuaan.Beberapa rambut rontok sifatnya sementara dan adapula yang permanen.

Bila bukan disebabkan karena penyakit, rambut rontok dapat diatasi menggunakan bahan alami seperti, santan, yoghurt, lidah buaya, bawang, madu, minyak zaitun, dan masih banyak yang lain.

Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Rambut rontok dapat terjadi secara tiba-tiba atau bertahap dan bertambah parah seiring waktu. Tidak usah khawatir, bahan alami berikut dapat dipakai sebagai cara mengatasi rambut rontok:

1. Lidah buaya

Lidah buaya terkenal akan khasiatnya untuk menyuburkan dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Manfaat itu didukung oleh kandungan vitamin A, D, serta zat besi dan protein di dalamnya.

Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya secara merata pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat sampai bersih. Lakukan cara ini setiap hari secara teratur untuk hasil yang maksimal.

BACA JUGA:Lakukan Hal ini Jika Kamu Sulit Tidur!

2. Minyak zaitun

Mengatasi rambut rontok juga bisa dengan memanfaatkan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung vitamin A, C, D, E, dan K serta zat besi dan kalsium yang dapat mengurangi rambut rontok. 

Caranya, oleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut secara merata dan pijat dengan lembut. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

3. Telur

Telur juga merupakan sumber vitamin alami yang dapat mengurangi kerontokan rambut. Telur memiliki kandungan sulfur, zinc, zat besi, selenium, fosfor, dan iodine membuatnya dapat dijadikan sebagai obat pertumbuhan rambut yang alami, dan juga membuat rambutmu kuat di saat yang bersamaan.

Nah, cara mengurangi kerontokan rambut dengan telur adalah mengolahnya menjadi masker untuk diaplikasikan ke kulit kepalamu. Kamu bisa memisahkan satu putih telur ke dalam mangkuk, dan tambahkan satu sendok teh minyak zaitun (kamu bisa juga gunakan minyak lavender ataupun minyak biji anggur) serta satu sendok teh madu. Lalu, aduk perlahan hingga teksturnya mengental, dan aplikasikan di kulit kepala serta rambut selama 20 menit. Setelah itu, kamu tinggal membilasnya dengan air dingin, lalu shampoo rambutmu seperti biasa.

BACA JUGA:Makan ini Bila Moodmu Berantakan! Dijamin Auto Langsung Happy

4. Jahe dan Madu

Tahukah kamu kalau jahe dan madu adalah bahan alami mengatasi rontok? Ya! Kedua bahan alami tersebut punya khasiat dalam merawat rambut agar sehat dan tidak rontok. Jahe mengandung zat keratin dan keratriplex yang ampuh mengurangi kerusakan rambut, membuatnya lebih berkilau dan juga mencegah kerontokan. Sedangkan madu memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk menjaga kesehatan rambut, terutama untuk memperkuat batang rambut.

5. Bawang dan madu

Bawang mengandung tinggi sulfur yang efektif mengurangi kerontokan rambut. Kamu bisa mencampurkan air perasan bawang dan satu sendok makan madu. Oleskan di kulit kepala dan diamkan selama 2 jam. Lalu dibilas dengan air bersih. Lakukan cara ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

6. Alpukat

Alpukat adalah makanan sehat yang mengandung protein alami. Nutrisi tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala. Caranya, hancurkan satu buah alpukat dan aplikasikan pada rambut serta kulit kepala. Pijat secara perlahan dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

7. Pisang

Pisang mengandung asam folat yang dapat mengatasi rambut rontok. Caranya, hancurkan satu buah pisang dan campurkan dengan minyak zaitun, madu, serta susu atau santan. Aplikasikan pada kulit kepala dan rambut, diamkan 15 sampai 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

 

Menggunakan bahan alami di atas kamu juga perlu untuk selalu memelihara kesehatan rambutmu ya. Pastikan untuk rajin menggunakan shampo dan menyisir rambut dengan rutin. Jangan pula mengikat rambutmu terlalu kencang. Perhatikan makanan yang kamu konsumsi karena itu juga mempengaruhi kesehatan rambut.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: