Berkunjung ke Yogyakarta? Jangan Lupa Mampir ke 5 Sentra Kuliner Paling Legendaris ini

Berkunjung ke Yogyakarta? Jangan Lupa Mampir ke 5 Sentra Kuliner Paling Legendaris ini

Tugu Yogyakarta--

DISWAY JOGJA - Daerah Istimewa Yogyakarta atau biasa disingkat dengan DIY adalah salah satu daerah otonom setingkat provinsi yang ada di Indonesia. Propinsi ini beribukota di Yogyakarta. Status sebagai Daerah Istimewa berkenaan dengan runutan sejarah berdirinya propinsi ini, baik sebelum maupun sesudah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Yogyakarta dikenal sebagai Kota Pelajar. Julukan ini diduga berasal dari banyaknya pusat-pusat pendidikan yang berdiri di Yogyakarta. Pusat-pusat pendidikan itu secara otomatis menarik minat para pelajar dari daerah lain untuk menuntut ilmu di sana.

Selain terkenal sebagai kota pelajar dengan banyaknya institusi pendidikan ternama, Yogyakarta juga punya segudang kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berkunjung kesini.

Berikut 5 sentra kuliner paling legendaris di Yogyakarta:

1. Sate Klathak Pak Bari

Sate Klatak Pak Bari adalah satu dari sekian sentra kuliner di Jogja yang terkenal dan populer. Bagi yang pernah menonton film Ada Apa Dengan Cinta 2 tentunya tidak asing dengan warung sate yang satu ini. Pasalnya, Sate Klatak Pak Bari adalah salah satu lokasi syuting film tersebut.

Sate Klathak sendiri adalah sate kambing yang disajikan dengan tusuk jeruji besi, bukan kayu. Tusuk yang terbuat dari jeruji ini membuat tingkat kematangan sate menjadi lebih merata. Warung Sate Klatak Pak Bari terletak di Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta. Sate Klatak Pak Bari buka dari pukul 18:30 hingga 01:00 dini hari. Cocok untuk kamu nikmati sembari menyaksikan suasana malam hari kota Jogja.

2. The House of Raminten

The House of Raminten adalah salah satu restoran legendaris dan cukup unik di Jogja dengan nuansa Jawa-nya yang kental. Mulai dari bangunan, dekorasi hingga seragam para pelayan dengan desain khas Jawa yang menarik pengunjung.

The House of Raminten menyajikan beragam sajian mulai dari olahan ayam, ikan, tempe, tahu dan juga daging yang tidak hanya nikmat tetapi juga terjangkau harganya. Restoran ini terletak di Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta.

3. Gudeg Pawon

Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke Jogja namun tidak menyantap kuliner satu ini. Gudeg adalah hidangan khas Jogja yang paling terkenal. Kalau kamu ingin menikmati kelezatan sajian Gudeg dengan pengalaman yang cukup unik, kamu bisa berkunjung ke Gudeg Pawon.

Gudeg Pawon ini akan memberikan pengalaman ke pengunjung untuk menikmati Gudeg langsung di pawon atau dapur. Pengalaman unik ini membuat Gudeg Pawon menjadi salah satu tempat wisata malam Jogja yang populer dan fenomenal. Gudeg Pawon berada tepat di Jalan Janturan Nomor 36, Warungboto, Umbulharjo. Gudeg Pawon kini buka mulai dari pukul 6 sore hingga 9 malam.

4. Angkringan Lik Man

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: