4 Wisata Religi di Tegal. Cocok kamu Kunjungi Menjelang Tahun Baru Islam!

4 Wisata Religi di Tegal. Cocok kamu Kunjungi Menjelang Tahun Baru Islam!

Makam amangkurat--Disway.jateng

 

Karna sebagai Tokoh yang populer di Kota Tegal mbah Panggung sering kali di ziarahi oleh masyarakat tegal bahkan diluar kota. 

 

2. Makam Amangkurat

Berkunjung ke pemakaman ini tidak seperti sedang berkunjung ke pemakaman. Karena pemakaman ini terlihat rapih dan bersih, bahkan terlihat seperti kraton. Dari luar, bangunan ini dikelilingi oleh tembok bata dengan luas sekitar 1,1 Ha.

Cungkup makam dari Sunan Amangkurat I berbentuk Rumah Tajug dan bahan bangunan menggunakan kayu jati yang dicat dengan warna kuning. Selain Makam Sunan Amangkurat I, di komplek pemakaman ini juga terdapat makam kerabat dan guru dari Sunan Amangkurat I.

Di dekat makam Amangkurat juga ada Makam RA Kardinah loh, Tepatnya di sebelah kiri sebelum masuk kedalam Makam Amangkurat. Di pemakaman tertinggi ada raden massayidin anak dari sultan agung hanyokrokusumo kerajaan mataram. Di bawah pemakaman amangkurat, di sebelah kiri itu istri beliau, Sebelah kanan anak putri yang bernama gusti ayu klenting kuning dan pangeran Mondoroko. Untuk menuju makam amangkurat melewati 7 pintu. Amangkurat sekitar abad 16-17 masehi dan sudah menjadi bagian dari pagar situs budaya.

 

3. Makam Al Hadad

Makam Al Hadad atau Muhammad bin Thohir al-Haddad lahir di kota Geidun, Hadramaut, Yaman pada tahun 1838 M yang kemudian hijrah ke Indonesia. Abdullah bin Hasan bin Husein al-Haddad, cicit atau generasi ke 3 dari Habib Muhammad bin Thohir menceritakan bahwa buyutnya yakni Habib Thohir merupakan ulama tersohor dari Yaman yang kerap melakukan Syiar Islam di India, Pakistan dan negara-negara Arab.

Makam Al Hadad di kenal dengan shohibul khaul atau yang mengawali adanya khaul di seluruh indonesia. Habib muhammad al idrus gurunya habib husain bin muhammad al hadad adalah orang yang pertama kali memperingati khaul. Peringatan Khaul jatuh pada hari ke 15 bulan Sya’ban dimulai pada malam hari. Di setiap peringatan Khaulnya, selalu ramai dikunjungi oleh peziarah baik dari Tegal, luar kota bahkan dari luar negeri yang jumlahnya hingga ratusan peserta khaul yang berpakaian serba putih. Pada acara tersebut selalu dibacakan do’a bersama dan sejarah beliau. Bahkan ada hidangan khusus bagi warga yang menghadiri khaul, yaitu Nasi Kebuli.

Tak heran jika makam Al Hadad menjadi wisata religi yang harus kamu kunjungi.

 

4. Makam Ki Gede Sebayu

Ki Gede Sebayu merupakan sosok yang sangat berjasa bagi warga Tegal. Dia adalah sosok yang babad alas dan membangun Tegal. Disini kamu  akan dimanjakan oleh pemandangan yang alami dan suasana sejuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kabartegal.com