Kaesang-Erina Efek: Jogja Bakal Jadi Destinasi Wisata Pernikahan Unggulan 2023

Kaesang-Erina Efek: Jogja Bakal Jadi Destinasi Wisata Pernikahan Unggulan 2023

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono diprosesi Akad Nikah di Pendopo Agung Ambarukmo, Sabtu (10/12). Foto: Kris --

YOGYAKARTA, DISWAYJOGJA.ID - Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) berencana menjadikan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai destinasi wisata pernikahan unggulan pada 2023.

Rencana tersebut menyusul suksesnya gelaran akad nikah putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Yogyakarta, Sabtu, 10 Desember 2022 lalu.

Ketua DPD GIPI DIY Bobby Ardiyanto mengatakan, pernikahan Kaesang dan Erina telah menunjukkan bahwa Yogyakarta layak menjadi next wedding destination setelah Bali dan beberapa daerah lainnya.

BACA JUGA:Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Sah Menjadi Suami-Istri, Jokowi Pesan Hal Ini

“Yogyakarta memang memiliki potensi besar sebagai acuan penyelenggaraan pernikahan adat,” kata Bobby, dikutip dari jogja.jpnn.com, Selasa, 13 Desember 2022.

DIY, lanjut Bobby, memiliki banyaknya obyek wisata atau lokasi menarik dengan pemandangan alam yang indah dan dapat dijadikan sebagai lokasi dilangsungkannya acara pernikahan.

Di Yogyakarta juga terdapat Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sebagai sumber sekaligus kiblat standar pelaksanaan upacara pernikahan adat Jawa bergaya Yogyakarta.

BACA JUGA:Ibu-Ibu Banga Ikut Semaan Alquran Acara Pernikahan Kaesang dan Erina

"Sumber budaya yang masih hidup inilah yang harus kita uri-uri (lestarikan) dan benar-benar jadi satu standar atau pakem. Harapannya setiap orang yang ingin menggelar pernikahan dengan adat Jawa dia akan melihat Yogyakarta sebagai satu standar yang bisa jadi acuan," ujar dia.

Terlebih, Yogyakarta memiliki banyak SDM serta jasa layanan acara pernikahan (wedding organizer) berpengalaman dan terkemuka. Hal itu juga akan menjadi nilai tambah bahwa DIY sebagai destinasi pernikahan unggulan.

Ia meyakini mempromosikan DIY sebagai destinasi pernikahan unggulan akan mampu meningkatkan Length of Stay (LoS) atau lama tinggal wisatawan di DIY.

BACA JUGA:Pernikahan Kaesang-Erina Membawa Berkah bagi Hotel-Hotel di Jogja, Okupansi Sudah Mencapai 80 Persen

"Lama tinggal wisatawan bisa lebih lama. Dengan acara pernikahan (lama tinggal) bisa sampai seminggu," ujar dia.

Namun demikian, lanjut Bobby, untuk mewujudkan DIY sebagai destinasi pernikahan unggulan pada 2023, dibutuhkan kolaborasi pemerintah kabupaten/kota serta pelaku industri pariwisata di provinsi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn