Sosok Ini Ungkap Siapa Sebenarnya Urip Saputra, Rohaniawan Konghucu yang Pura-pura Mati Karena Terbelit Utang

Sosok Ini Ungkap Siapa Sebenarnya Urip Saputra, Rohaniawan Konghucu yang Pura-pura Mati Karena Terbelit Utang

Sosok Urip Saputra, rohaniawan Konghucu di Bogor yang buta video pura-pura mati. Foto/Facebook --

BOGOR, DISWAYJOGJA.ID – Terbongkar siapa sebenarnya sosok Urip Saputra, rohaniawan di Bogor yang videonya viral karena pura-pura mati.

Sebelumnya, biografi dan profil Urip Saputra jadi sorotan publik setelah video drama pura-pura mati itu beredar di seluruh jagad maya.

Dalam video tersebut, Urip Saputra yang dinyatakan meninggal, lalu hidup lagi saat masih di dalam peti jenazah.

Urip Saputra merupakan warga yang ber KTP di Kampung Gang Nangka, RT01/RW04, Desa Rancabungur, Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor.

Urip tinggal di Perumahan Ambar Desa Mekarsari Rancabungur, di sana memiliki dua rumah Ambar I dan Ambar II.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sumantri, sang kepala desa di mana Urip Saputra tinggal.

“WS Urip Saputra merupakan warga RT 01 RW 04 Desa Rancabungur dan saat ini mereka tinggal di Perum Ambar II Desa Rancabungur. Sebenarnya rumah dia ada dua, satu di Ambar I dan Ambar II,” kata Sumantri kepada wartawan usai mengunjungi kediaman Urip Saputra bersama Camat di Ambar II.

Sumantri mengatakan, Urip Saputra merupakan pemuka agama Khonghucu dan sering dipanggil keluar daerah untuk mengisi kegiatan keagamaan.

“Sebelum jadi Rohaniawan, Urip Saputra itu berprofesi sebagai tukang servis komputer,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, keluarga dari Urip Saputra di Bogor tidak mampu menujukan surat keterangan kematian rohaniawan Konghucu itu. Namun tidak lama, Urip yang sempat diklaim meninggal dunia, dikabarkan hidup lagi.

“Kami sudah minta keluarga menunjukkan surat kematian, tapi yang bersangkutan (keluarga) belum bisa menunjukkan,” kata Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin terkait mayat hidup kembali di Bogor, Selasa 15 November 2022.

Iman mengakui, pihaknya menemukan sejumlah fakta lain mayat hidup kembali di Bogor.

Iman mengatakan, klaim keluarga yang menyatakan bahwa US dinyatakan meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Jakarta, sebelum diantar ke Bogor dengan mobil ambulans di dalam peti jenazah.

“Tidak ada (rumah sakit). Supir ambulans juga sudah kira periksa. Informasi awal dari istri, informasikan ke keluarga, lalu yang bawa dan jemput itu istrinya. Tapi kami temukan fakta lain dari keterangan saksi yang ada. Saat ini sedang pendalaman antara satu keterangan dengan keterangan lainnya,” tegas Iman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pojoksatu.id