Akhirnya Sleman Miliki Klinik Kesehatan Tanaman Pertanian, Begini Kata Wabup

Akhirnya Sleman Miliki Klinik Kesehatan Tanaman Pertanian, Begini Kata Wabup

Danang Maharsa mengemprotkan cairan anti hama di sela-sela peresmian Klinik Kesehatan Tanaman Pertanian. (Istimewa)--

SLEMAN (Disway Jogja) - Kabupaten SLEMAN akhirnya memiliki Klinik Kesehatan Tanaman Pertanian, berlokasi di Kapanewon Seyegan SLEMAN barat. 

 

Keberadaan Klinik Kesehatan Tanaman Pertanian yang pertama di Sleman ini diresmikan oleh Wabup Danang Maharsa, Rabu (8/6/2022). 

 

Danang mengatakan,  Klinik Kesehatan Tanaman Pertanian ini digagas UPTD BP4 Wilayah III Seyegan bersama Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kabupaten Sleman. Klinik ini disiapkan dalam rangka pengendalian hama dan penyakit tanaman pertanian.  

 

Dalam sambutannya, Danang menyampaikan apresiasi dan menyambut baik pembukaan klinik kesehatan tanaman di UPTD BP4 wilayah III Seyegan ini. Program ini juga menjadi salah satu komitmen pemkab untuk mendampingi petani dalam pengendalian hama dan penyakit tanaman pertanian. 

 

Menurut Danang, penurunan produksi akibat hama dapat mempengaruhi rata-rata 20 persen dari hasil tanam.

 

“Setelah diresmikannya Klinik Kesehatan Tanaman ini diharapkan masyarakat bisa proaktif jika menemui masalah dalam pengendalian hama dan penyakit tanaman pertanian. Apabila nanti manfaatnya besar serta efektif akan kami buka di wilayah UPTD lain," jelas Danang.

 

Ia menyampaikan bahwa di DIY, Sleman merupakan penghasil pangan terbesar, utamanya di wilayah Sleman Barat termasuk Seyegan. Wilayah ini kemudian menjadi sampling dalam pengendalian hama dan penyakit tanaman yang  nantinya apabila efektif dapat diaplikasikan di wilayah lain.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: