Kompak! Alumni SMAN 1 Kota Tegal yang Tinggal di Dalam dan Luar Negeri Berkumpul Majukan UMKM

Kompak! Alumni SMAN 1 Kota Tegal yang Tinggal di Dalam dan Luar Negeri Berkumpul Majukan UMKM

Kepala SMA Negeri 1 Kota Tegal Rosa Herawati foto bersama Ketua Umum Ikasma Tegal Dr Tafakurrozak dan para sesepuh alumni saat acara halal bihalal di Sebayu Convention Hall, Bahari Inn Tegal. (Foto: Meiwan Dani Ristatnto/Radar Tegal) --

TEGAL (Disway Jogja) - Para alumni SMA Negeri 1 Kota Tegal yang bermukim di dalam dan luar negeri berkumpul untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dengan mengadakan pameran berbagai produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam kegiatan Halal Bihalal Keluarga Besar Ikatan Alumni SMAN 1 (Ikasma) Kota Tegal di Sebayu Convention Hall Bahari Inn Tegal.

"Kami mengangkat tema ‘Rakhatan Bareng, Guyub dan Silaturahmi yang Bermanfaat’. Acara ini dihadiri 500 alumni mulai angkatan 1963 hingga 2021 dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Mereka yang sebagian ada yang menetap di luar negeri," ungkap Ketua Panitia, Erwin Sabariman.

Erwin menjelaskan, kegiatan serupa sempat terhenti karena pandemi Covid-19. Terakhir dilaksanakan pada 2019 di Jakarta. "Kami ingin bertemu dengan banyak kawan dan rindu kampung halaman, tahun ini acaranya diadakan di Kota Tegal," ujarnya.

Menurutnya, meski setiap alumni dibatasi jumlah perwakilannya, namun antusias setiap angkatan sangat tinggi. Mereka sudah mengkonfirmasi kehadiran sejak jauh-jauh hari. Acara diisi stand-stand UMKM milik para alumni.

"Para alumni menawarkan berbagai macam produk, mulai fesyen, sarung, kuliner hingga produk jajanan atau makanan ringan," jelasnya.

Ketua Umum Ikasma Tegal Dr Tafakurrozak mengungkapkan, sesuai tema selain bersilaturahmi pihaknya juga ingin memberikan manfaat kepada para alumni, salah satunya mengupayakan peningkatan perekonomian UMKM para alumni. Karenanya, acara halal bihalal diisi stand UMKM seperti jajanan, kopi, fesyen, batik, sarung dan lainnya. Tidak dipungkiri pandemi Covid-19 berdampak ke berbagai lini, salah satunya UMKM. Untuk itu, dengan kondisi yang sudah longgar, diharapkan perekonomian UMKM bisa kembali bergairah.

 

"Kami akan mengawal UMKM milik para alumni. Sehingga adanya wadah alumni bisa bermanfaat kembali untuk para alumni. Mereka menyuguhkan menu-menu masakan dan jajanan khas Tegal, seperti tahu aci, glothak, sate kambing, soto tauco, lengko, es sagwan, rujak teplak dan masih banyak lagi," terangnya.

Kepala SMA Negeri 1 Kota Tegal Rosa Herawati dalam sambutanya menyampaikan terima kasih atas kegiatan halal bihalal alumni tahun ini karena bisa membuat semua kembali kumpul bersama.

"Kami akan selalu mendukung semua kegiatan yang dilakukan alumni," katanya.

Sementara, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono melalui Asisten Bidang Perekonomian Diyah Kemala Shinta mendukung program tersebut karena dapat meningkatkan seluruh produk-produk UMKM Kota Tegal sehingga dikenal masyarakat luas.

"Terutama para alumni SMA Negeri 1 Kota Tegal pada momentum halal bihalal saat ini," ujarnya. (mei/wan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar tegal