3 Berita Hoaks Soal UAS di Bulan Mei, dari Rumah Kebakaran, Mencuri Listrik dan PDAM hingga Rajin Masuk Gereja

3 Berita Hoaks Soal UAS di Bulan Mei, dari Rumah Kebakaran, Mencuri Listrik dan PDAM hingga Rajin Masuk Gereja

Ustaz Abdul Somad alias UAS kembali diterpa hoaks. Foto: Instagram ustadzabdulsomad_official --

JAKARTA (Disway Jogja) - Sebuah video yang memperlihatkan Ustadz Abdul Somad atau UAS viral di media sosial. Video tersebut berasal dari akun @rajanabasa di Tiktok, di mana UAS terlihat sangat muda dari usianya sekarang duduk di bangku dan meja panjang sembari melihat ke kiri dan kanan.

Kemudian sayup-sayup terdengar seorang pria berbicara menggunakan pengeras suara di dalam ruangan.

"Rupanya waktu masih suci, sering masuk gereja. Teman-teman apa ada yang kenal pemuda ini," tulis akun @rajanabasa di video tersebut.

UAS melalui akun resminya di Instagram merespons soal video viral tersebut.

Disampaikan bahwa video tersebut adalah UAS saat menghadiri munaqasyah S3 Habib Hamid ibn Ali al-Mahdaly di Kampus Al-Azhar, Kairo, Mesir, pada 1998 lalu.

"Fitnah datang dari kebencian, lalu menyebar hoax," tulis UAS.

Bukan kali ini saja pendakwah kondang tersebut diterpa kabar bohong.

Pantauan JPNN.com, selama Mei setidaknya tiga kali UAS diterpa hoaks. Pertama pada 16 Mei, UAS membuat klarifikasi menanggapi hoaks yang menyebutkan rumahnya di Pekanbaru.

"Yang betul adalah rumah sahabat di Pekanbaru yang kebakaran," ujar UAS dalam video klarifikasi yang dibuatnya. Kemudian beberapa hari lalu, UAS juga kembali merespons video viral yang berisi potongan ceramahnya yang seolah dirinya memperbolehkan mencuri listrik dan air PDAM.

Faktanya dalam video yang berdurasi lebih panjang, UAS dengan tegas menyampaikan mencuri listrik dan air PDAM hukumnya haram. (mar1/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn