Sambut Lonjakan Wisatawan di Libur Nataru, Pemkot Yogyakarta akan Siapkan Tourist Information Service

Rabu 18-12-2024,17:54 WIB
Reporter : Penta Daniel Pratama
Editor : Syamsul Falaq

Selain itu, Dinas Pariwisata juga memastikan komunikasi intensif dengan perangkat daerah lainnya serta komunitas terkait agar momen libur tidak dimanfaatkan untuk tindakan merugikan wisatawan seperti nuthuk atau menaikkan harga secara tidak wajar. 

BACA JUGA : Diskominfo Bantul Borong Empat Penghargaan Sepanjang Tahun 2024

BACA JUGA : Sasaran Program Makan Bergizi Gratis di Gunungkidul Lebih Dari 120 Ribu, Termasuk Ibu Hamil

“Pariwisata tidak bisa berjalan sendiri. Kita melibatkan stakeholder dari unsur pentahelix juga masyarakat melalui kampung wisata, generasi muda seperti Mas dan Mbak, serta media. Dengan kerja sama ini, kita optimis pariwisata Yogyakarta akan semakin maju,” tutupnya.

Ke depan, Kota Yogyakarta berkomitmen untuk mendorong quality tourism, menarik wisatawan berkualitas yang tidak hanya berkunjung, tetapi juga memberi dampak positif bagi ekonomi dan keberlanjutan pariwisata di kota budaya ini.

Sementara itu, Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata Kota Yogyakarta, Husni Eko Prabowo, menjelaskan bahwa Dinas Pariwisata melibatkan Mas dan Mbak Kampung Wisata 2024 sebagai bagian dari strategi pengembangan pariwisata berbasis wilayah. 

Pemilihan ini menjadi wadah bagi generasi muda untuk peduli dan berperan aktif dalam pengembangan kampung wisata.

“Mas dan Mbak Kampung Wisata ini berbeda dengan Dimas Diajeng. Fokusnya, generasi muda yang bisa mengembangkan potensi kampung wisata. Mereka sudah tergabung dalam paguyuban 2024 dan siap bertugas menyambut wisatawan pada libur Nataru,” ujar Husni.

Peran Aktif Generasi Muda

Generasi muda ini akan berperan aktif dalam layanan TIS dengan memberikan informasi kepada wisatawan.

Mereka akan mempromosikan destinasi wisata alternatif di Kota Yogyakarta, termasuk kampung wisata yang tidak kalah menarik dengan Malioboro dan Keraton.

Menurut Husni, keberadaan kampung wisata juga memiliki peran strategis dalam meningkatkan LOS wisatawan. 

Setiap kampung wisata menyediakan homestay sebagai alternatif penginapan, terutama saat hotel-hotel penuh di musim liburan.

BACA JUGA : Jalin Kemitraan Pertukaran Teknologi Medis, Rumah Sakit Kawasaki Saiwai Jepang Sambangi RSUD Brebes

BACA JUGA : Pastikan Nataru Aman, Dishub Yogyakarta Periksa Kelaikan Armada Bus Antar Kota Antar Provinsi

“Kami telah menyiapkan homestay dengan standar pelayanan yang tidak kalah dari hotel, baik dari sisi kebersihan, keramahan, maupun kenyamanan. Ini menjadi solusi bagi wisatawan yang kesulitan mendapatkan hotel di musim libur panjang,” jelas Husni.

Pihaknya berharap ke depannya homestay dapat menjadi pilihan utama penginapan bagi wisatawan di Kota Yogyakarta. “Kami percaya teman-teman kampung wisata sudah siap memberikan pelayanan prima untuk wisatawan. Inilah langkah menuju quality tourism, dimana wisatawan mendapatkan pengalaman yang berkesan,” pungkas Husni.

Kategori :