Liburan Sambil Menambah Wawasan, Simak Wisata Terbaru 2024 Yogyakarta

Minggu 04-08-2024,09:19 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

3. Museum Gunungapi Merapi

Destinasi wisata sejarah lainnya yang ada di Yogyakarta yaitu Museum Gunungapi Merapi (MGM). Museum ini merupakan salah satu museum bersejarah di Yogyakarta yang didirikan sejak 2005 dan resmi diresmikan pada 1 Oktober 2009.

Museum ini dilengkapi dengan ruangan-ruangan dengan tema Volcano World, On The Merapi Volcano Trail, Manusia dan Gunungapi, Bencana Gempabumi dan Tsunami, Bencana Gerakan Tanah, Diorama, Peralatan Survey, Extra-terrestrial Volcano, film show, dan fasilitas lainnya.

4. Museum Dewantara Kirti Griya

Jika ingin melihat barang peninggalan Ki Hajar Dewantara semasa hidupnya, datanglah ke Museum Dewantara Kirti Griya. Disini pengunjung bisa melihat berbagai koleksi pribadi dari Bapak Pendidikan Indonesia.

BACA JUGA : Heha Ocean View Gunung Kidul : Destinasi Wisata Terbaru 2024 Seputar Jogja dengan View Mempesona

Beberapa koleksi tersebut diantaranya ada naskah, pakaian, perlengkapan kerja, lukisan, foto-foto, majalah, buku, film documenter dan lainnya. Jumlah koleksi yang tersimpan disini ada 1.207 koleksi historika dan koleksi filologica 2.050 buku.

5. Keraton Kotagede

Destinasi wisata terbaru 2024 sejarah dan edukasi yang ada di Yogyakarta selanjutnya adalah Keraton Kotagede. Bangunan Keraton Kotagede ini memadukan konsep agama Islam dan zaman pra-Islam.

Kawasan wisata sejarah ini terdiri dari masjid, keraton, pasar, dan alun-alun. Keempat bangunan tersebut dikelilingi oleh benteng pertahanan cepuri (benteng dalam) dan baluwarti (benteng luar).

Sayangnya, saat ini hanya tersisa peninggalan fisik bangunan Kotagede seperti Masjid Gede, pemakaman raja, dan beberapa bagian dinding yang tersisa. Meskipun, tempat wisata sejarah ini tetap ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

BACA JUGA : Mau Liburan ke Jogja, Berikut Destinasi Wisata Terbaru 2024 Aestetik Beserta HTM-nya

6. Taman Sari Yogyakarta

Rekomendasi wisata sejarah terakhir yaitu Taman Sari Yogyakarta yang memiliki suasana magis. Mengapa? Karen bangunan ini sudah ada sejak abad ke-17 atau sekitar tahun 1758.

Banguna bersejarah ini dibangun selama 9 tahun pada masa kesultanan Hamengkubuwonan I. Disini terdapat beberapa area yang bisa dikunjungi oleh wisatawan, diantaranya kolam pemandian, danau buatan, jembatan gantung, kanal air, lorong bawah tanah.

Area lainnya yang popular dikunjungi oleh wisatawan adalah masjid bawah tanah. Saat berkunjung kesini, jangan lupa untuk abadikan momen dengan berfoto di Sumur Gumuling yang terletak di bawah tanah.

Kategori :