ATENSI Fasilitasi 82 Lansia Terima Alat Bantu Kesehatan, Wujud Program Kolaboratif Lintas Sektoral

Jumat 02-08-2024,09:51 WIB
Reporter : Syamsul Falaq
Editor : Syamsul Falaq

BREBES, DISWAY JOGJA - Sebanyak 82 lanjut usia dari empat desa dan dua kelurahan di Kecamatan Brebes, menerima alat bantu kesehatan beragam. Hal itu, terungkap saat penyuluhan sosial bagi lansia di wilayah kerja Puskesmas Kaligangsa.

Sekaligus, penyerahan program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI-red) dari Kementerian Sosial di Aula Kelurahan Limbangan Wetan, Rabu (31/7).

Penyerahan alat bantu kesehatan bagi 82 Lansia, merupakan program ATENSI yang merupakan hasil kolaborasi Kemensos melalui Sentra Satria Baturaden dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes. Termasuk, sinergi dengan Dinas Sosial, DP3KB Dinpermasdes yang memiliki program peningkatan kesejahteraan dan kesehatan lansia.

Kegiatan tersebut, dihadiri sejumlah pejabat meliputi Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Supriyadi. Perwakilan Kemensos Sentra Satria Baturaden, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Ineke Tri Sulistyowaty, Kepala Dinas Sosial Brebes, Kepala DP3KB Brebes, Kepala Dipermades. Termasuk, Camat, Kapolsek, Koramil, Kepala Kelurahan dan Kepala Desa, serta para penerima bantuan lansia.

BACA JUGA : 36 Kasus Kematian Ibu selama 7 Bulan, Dinkes Brebes Gelar FGD

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Ineke Tri Sulistyowaty saat dikonfirmasi mengungkapkan, realisasi program ATENSI menjadi wujud kepedulian pemerintah daerah untuk memberikan kesejahteraan dan kesehatan bagi para lansia. Sebab, semua lansia berhak mendapatkan perlindungan sosial agar hidup lebih baik.

"Alat bantu kesehatan yang diberikan kepada 82 Lansia, semuanya berbeda sesuai kebutuhan. Mulai dari alat bantu dengar, Walker bagi lansia stroke, kacamata, hingga kursi roda," terangnya kepada Radar Tegal, Kamis (1/8) sore.

Realisasi ATENSI yang menjadi program kolaboratif, lanjut Ineke, akan terus berlanjut dan berkesinambungan. Bahkan, edukasi kesehatan dan penyuluhan sosial bagi lansia akan berlanjut di Kecamatan Larangan. Harapannya, kegiatan ini bisa meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan lansia sesuai kebutuhannya.

Sementara itu, Pj Bupati Brebes melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Supriyadi saat membacakan sambutan, menekankan peran penting pemerintah daerah dalam mendukung program-program kesejahteraan sosial bagi masyarakat, khususnya bagi para lansia.

BACA JUGA : Cegah Kasus AKI-AKB, Dinkes Brebes Genjot Pembentukan Satgasus Lintas Sektoral

"Terwujudnya Penyaluran bantuan ATENSI, menjadi langkah Pemkab Brebes dalam memperhatikan terhadap lansia. Termasuk, hak lansia mendapat penyuluhan sosial dan edukasi serta pendampingan dalam menjalani hidup lebih baik dan sehat," paparnya.

Supriyadi menambahkan, melalui kegiatan ini harapannya lansia di Kabupaten Brebes merasakan manfaat nyata. Khususnya, setelah menerima bantuan dan penyuluhan yang diberikan. Serta terus mendapat dukungan dari berbagai pihak dalam upaya meningkatkan kesejahteraan mereka. (*)

Kategori :