Wisata Terbaru 2024: Sensasi Belajar Sambil Piknik dan Edukasi tentang Sejarah Kota Bandung di Gedung Sate

Senin 01-04-2024,10:05 WIB
Reporter : Marcelia Diva Yuli A
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Kota Bandung merupakan salah satu kota yang memiliki banyak wisata terbaru 2024 dan bangunan bersejarah, salah satu bangunan yang paling ikonik yakni Gedung Sate.

Wisata terbaru 2024 Gedung ini dibangun pada 27 Juli 1920 ini terletak di tengah pusat Kota Bandung tepatnya di Jalan Diponegoro Nomor 22, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung.

Gedung Sate adalah salah satu wisata terbaru 2024 gedung paling ikonik di Kota Bandung, Jawa Barat. Bangunan ini menjadi landmark penting dan menjadi tujuan wisata bagi banyak orang.

Wisata terbaru 2024 Gedung Sate dibangun pada tahun 1920-an oleh Pemerintah Hindia Belanda sebagai kantor gubernur jenderal. Namun, setelah Indonesia merdeka, gedung ini menjadi kantor Gubernur Jawa Barat. Gedung ini dibangun dengan arsitektur Art Deco yang populer pada masa itu.

Banyak yang bertanya-tanya, mengapa gedung ini dinamakan Gedung Sate? Nama ini berasal dari ornamen atap yang terbuat dari bahan besi yang menyerupai tusuk sate.

BACA JUGA : Rekomendasi 8 Wisata Terbaru 2024 Taman Budaya di Solo Spot Bersantai Untuk Rileks dan Healing

Ornamen ini menjadi ciri khas Gedung Sate dan menjadi alasan mengapa gedung ini dinamakan seperti itu.

Gedung Sate dirancang oleh dua arsitek Belanda, yaitu J. Gerber dan F.P.J. Stemvers.

Arsitektur gedung ini unik karena menggabungkan beberapa gaya arsitektur yang berbeda, seperti gaya Indonesia, Eropa, dan Timur Tengah. Gedung Sate juga memiliki tiga menara yang tingginya mencapai 30 meter.

Sejak awal didirikan, Gedung Sate telah memiliki banyak fungsi. Selain sebagai kantor gubernur, gedung ini juga pernah menjadi pusat intelijen, sekolah, hingga tempat penyimpanan senjata.

Saat ini, Gedung Sate berfungsi sebagai kantor Gubernur Jawa Barat dan juga sebagai pusat kegiatan budaya dan seni.

Di gedung ini juga terdapat museum yang bisa menjadi sarana edukasi untuk anda yang berkunjung ke wisata terbaru ini.

Museum Gedung Sate berada di bagian timur Gedung Sate dan berada di lantai dasar gedung. Ada beberapa fasilitas yang dapat dinikmati di dalam gedung ini di antaranya.

1. Timeline Kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat

Hal pertama yang dilihat pengunjung ketika memasuki ruang museum adalah timeline sejarah kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat sejak tahun 1810 hingga 1924. Di sudut ini dijelaskan secara singkat dan jelas terkait perkembangan Kota Bandung dari tahun ke tahun.

BACA JUGA : Menjelajahi Keindahan Tersembunyi Wisata Terbaru 2024 yang Wajib Dikunjungi di Bali

2. Auditorium Film

Museum Gedung Sate memiliki auditorium pemutaran film yang menampilkan film pendek sejarah kota Bandung dari tahun ke tahun. Pemutaran film ini dilakukan di dalam auditorium yang persis seperti di bioskop.

3. Interactive Glass

Interactive Glass berfungsi menampilkan informasi sejarah Gedung Sate melalui layar grafis yang interaktif.

4. Virtual Reality 3D Gedung Sate

Pengunjung akan diajak mengelilingi Gedung Sate secara virtual dengan menaiki balon udara dummy. Sehingga pengunjung dapat melihat Gedung Sate secara keseluruhan melalui fasilitas ini.

5. Augmented Reality (AR) dan Interactive Floor

Selanjutnya terdapat fasilitas Augmented Reality (AR) dimana pengunjung memakai kacamata AR untuk menonton sejarah pembangunan Gedung Sate dalam bentuk tiga dimensi. Sehingga pengunjung seolah-olah ikut dalam pembangunan gedung. Selain itu, setiap lorong di museum ini dilengkapi dengan Interactive Floor yang berwarna- warni.

6. Edukator Profesional

Salah satu fasilitas unggulan museum ini yakni memiliki edukator profesional yang bersedia menemani pengunjung berkeliling museum sambil menjelaskan benda-benda bersejarah yang terdapat di museum ini.

BACA JUGA : 7 Wisata Terbaru 2024 Hidden Gem di Indonesia, Pesonanya Luar Biasa dan Wajib Dikunjungi

Untuk berkunjung ke wisata terbaru ini ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Seperti hari buka sampai harga tiket masuk.

Museum ini buka setiap hari selasa hingga minggu dari pukul 09.30 hingga pukul 16.00.

Anda juga harus melakukan reservasi sebelum berkunjung ke wisata terbaru ini. Setidaknya 1 hari sebelum datang.

Harga tiket masuk terbilang ramah di kantong yakni Rp 5 ribu per orang. Setelah melakukan pembayaran, petugas akan memberikan gelang sebagai akses masuk ke dalam museum. Selanjutnya, pengunjung dapat mengunjungi museum dengan didampingi oleh edukator.

Itulah beberapa informasi mengenai wisata terbaru 2024 gedung sate Bandung. Jadi apa anda tertarik untuk berkunjung ke sini? (*)

Kategori :