Kulit Lehermu Belang? Cara Efektif Memutihkan Kulit Leher, Nomor 4 Sering di Sepelekan Banyak Orang! Yuk Simak

Senin 26-02-2024,08:05 WIB
Reporter : Yuni Khaerunisa
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Leher hitam merupakan salah satu masalah kulit yang bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang. Terkandang banyak dari kita sering merasa stress bagaimana cara untuk memutihkan leher agar tidak belang dengan wajah.

Leher yang menghitam terjadi karena beberapa faktor, seperti kebersihan kulit leher yang kurang baik, iritasi gesekan leher, faktor genetik, dampak paparan sinar matahari, obesitas, efek samping obat, atau kulit kering.

Selain leher, area tubuh lainnya yang juga sering mengalami kondisi ini adalah ketiak, selangkangan, siku dan lutut.

Ada beberapa cara efektif untuk memutihkan kulit leher, mulai dari membersihkan leher, melakukan eksfoliasi, hingga menggunakan berbagai bahan alami yang aman untuk digunakan sehari-hari, dan lainnya.

BACA JUGA : Atasi Masalah Wajah dengan Bahan Alami? Solusi Aman dan Ramah Lingkungan, Terbukti Ampuh Memutihkan Kulitmu!

Ketika kulit leher menghitam, ini tentunya dapat mengganggu penampilan. Lalu, bagaimana cara memutihkan kulit leher yang hitam? Simak caranya dibawah ini.

Menurunkan Berat Badan

Cara memutihkan kulit leher yang pertama adalah menurunkan berat badan. Jika penyebab leher kamu hitam adalah obesitas atau kadar gula yang tinggi, maka kamu harus memulai untuk olahraga secara teratur dan turunkan berat badan guna untuk mengatasinya.

Olahraga dengan disertai diet yang seimbang tidak hanya akan membantu kamu menurunkan berat badan, tetapi juga juga menyeimbangkan hormon dan mengurangi kehitaman di area leher.

Eksfoliasi Kulit

Ketika kamu sedang mencari cara untuk memutihkan kulit leher yang hitam, kamu bisa lakukan dengan eksfoliasi kulit. Perawatan kulit ini guna untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih cerah.

Asal kamu tahu, dengan eksfoliasi kulit ini secara tidak langsung bisa merangsang pertumbuhan kulit baru yang lebih sehat. Beberapa kandungan skincare yang bisa dipilih untuk eksfoliasi, yaitu salicylic acid, glycolic, dan latic acid.

Oleskan Aloe Vera

Cara memutihkan kulit leher selanjutnya adalah dengan aloe vera. Seperti yang kita tahu, aloe vera atau lidah buaya terkenal dengan manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan atau kecantikan kulit.

Aloe vera mengandung aloin yang tinggi, dimana aloin merupakan senyawa depigmentasi alami yang mampu bekerja dengan sangat baik untuk meringankan kegelapan disekitar leher, sehingga leher akan terlihat lebih merata.

BACA JUGA : Mau Tampil Cantik Bersinar Dengan Wajah Cerah Berseri? Inilah Resep Masker Alami, Simak Cara Pakainya!

Mengendalikan Kadar Gula Darah

Banyak dari kita sering mengonsumsi makanan atau minuman sembarangan tanpa memikirkan kadar gula darah yang ada dalam tubuh, padahal sebenarnya tingginya kadar insulin akibat atau diabetes atau obesitas juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi, terutama di daerah lipatan kulit seperti leher.

Nah, cara untuk mengatasi dan memutihkan kulit leher dengan mengendalikan kadar gula darah dan harus diimbangi dengan menjalani gaya hidup sehat seperti mengatur pola makan yang baik dan rutin berolahraga.

Gosok dengan Kentang

Kentang yang ada di dapur ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satunya bisa menjadi cara untuk memutihkan kulit leher. Kentang memiliki kandungan vitamin C yang bisa mengurangi pigmentasi berlebihan pada kulit. Terutama bagi kamu yang sering terkena paparan sinar matahari ketika beraktivitas.

BACA JUGA : Rahasia Kulit Cantik dan Putih: 7 Cara Memutihkan Kulit Belang dengan Mudah, Langsung Cobain!

Caranya, kamu cukup menghancurkan kentang dan campur dengan air lemon, gunakan sebagai masker leher sembari di gosok-gosok dan biarkan sampai kering, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Nah, itu tdi beberapa hal penting yang harus kamu ketahui mengenai leher hitam dan cara memutihkan kulit leher. Jika kamu memiliki masalah dengan leher hitam yang sudah berlangsung dalam waktu yang bisa dibilang lama, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter agar bisa mendapatkan perawatan yang khusus dan tentunya aman. Selamat mencoba, semoga berhasil ya!(*)

Kategori :