7 Manfaat Menakjubkan Tomat Ampuh Memutihkan Kulit Secara Alami? Jarang Diketahui, Buktikan Langsung!

Sabtu 24-02-2024,08:45 WIB
Reporter : Aulia Azizul Hakim
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA-Tomat memiliki beragam khasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Salah satunya adalah untuk memutihkan kulit secara alami.

Sayangnya, tidak banyak yang menyadari manfaat hebat buah berwarna merah menggoda ini.

Padahal, tomat sangat kaya akan antioksidan dan vitamin yang mampu mencerahkan kulit. Berikut ini 7 manfaat tomat untuk kulit putih alami yang jarang diketahui, dilengkapi cara pemanfaatannya:

1. Kaya Antioksidan Tinggi

 

 

BACA JUGA : Kulit Putih? Gampang, Yuk Simak Buah dan Sayur yang Membantu Memutihkan Kulit, Buruan Cek!

Tomat mengandung antioksidan tinggi seperti likopen, lutein, zeaxanthin, dan vitamin C. Kandungan ini sangat penting untuk mencerahkan kulit secara alami.

Likopen bersifat sebagai antioksidan kuat yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kulit gelap dan kusam.

Di samping itu Likopen juga merupakan senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Ketika jumlah radikal bebas dalam tubuh melebihi jumlah antioksidan, risiko seseorang terkena penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit lain menjadi lebih tinggi.

Oleh karena itu, asupan Likopen yang cukup dapat membantu menjaga keseimbangan antioksidan dalam tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit kronis.

Sementara vitamin C berfungsi merangsang produksi kolagen alami di kulit sehingga teksturnya menjadi halus dan cerah.

Kamu disarankan mengonsumsi tomat segar sebanyak 1-2 buah per hari. Selain itu bisa juga mengoleskan jus tomat langsung ke wajah dan leher lalu bilas setelah 15 menit.

BACA JUGA : 10+ Buah Berkhasiat? Tips Memutihkan Kulit Secara Alami, Buktikan Sendiri!

2. Mengecilkan Pori-pori di Wajah

Zat adstringen alami dalam tomat bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori wajah yang membuat penampilan kulit terlihat kusam.

Caranya cukup oleskan jus tomat pada wajah, diamkan hingga kering lalu bilas bersih. Lakukan 2-3 kali seminggu agar pori-pori mengecil sempurna.

3. Menghilangkan Flek Hitam di Kulit

Kandungan asam alami dalam tomat berfungsi sebagai pemutih alami. Tomat terbukti sangat efektif menghilangkan noda hitam dan flek di wajah akibat jerawat atau sinar matahari.

Oleskan jus tomat di bagian berflek, tunggu hingga kering dan bilas bersih. Ulangi 2-3 kali sehari.

4. Mencerahkan Kulit yang Kusam

Tomat amat sangat ampuh untuk mencerahkan kulit yang terlihat kusam dan redup. Caranya dengan rajin mengoleskan jus tomat atau masker tomat pada wajah.

Lakukan setiap hari sebelum tidur untuk hasil maksimal. Tomat mampu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih cerah.

5. Menghilangkan Minyak Berlebih di Wajah

Wajah berminyak dan berjerawat? Tomat bisa menyeimbangkan kadar minyak berlebih di wajah. Zat asam alami tomat berfungsi mengeringkan minyak di wajah yang berlebihan.

Oleskan jus tomat di wajah lalu bilas setelah 15 menit. Rutin lakukan 2 kali sehari. Lakukan dengan rutin supaya mendapatkan hasil maksimal.

6. Melembabkan Kulit yang Kering

Selain memutihkan, tomat juga bisa membuat kulit terhidrasi lembab. Kandungan vitamin C, kalium, dan magnesium dalam tomat berfungsi melembabkan kulit kering.

BACA JUGA : Beneran?? Alpukat Bisa Jadi Cara Menghilangkan Jerawat, Simak Ulasan Buah Favorit untuk Jus Ini!!

Campurkan 1 sendok jus tomat dengan 1 sendok madu, oleskan ke wajah dan leher lalu diamkan 15 menit sebelum bilas bersih. 

7. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Berkat kandungan antioksidan tingginya, tomat mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sengatan sinar UV.

Ini mencegah kulit menjadi gelap karena terbakar sinar matahari. Konsumsi tomat segar setiap hari dan gunakan jus tomat sebagai pelembab wajah sebelum keluar rumah.

Itulah 7 manfaat tomat yang jarang diketahui untuk memutihkan kulit secara alami. Selain memberikan rasa lezat, ternyata tomat juga sangat berkhasiat dalam merawat kesehatan dan kecantikan kulit.(*)

Kategori :