Sambut Puncak Hari Jadi ke-75 DPRD Purworejo, Ribuan Orang Antusias Ikuti Heritage Walking Tour

Selasa 07-11-2023,04:00 WIB
Reporter : itdisway
Editor : M. Fatkhurohman

PURWOREJO, DISWAYJOGJA – Puncak peringatan Hari Jadi ke-75 DPRD Kabupaten Purworejo diadakan dengan jaan sehat. Kegiatan yang diadakan Minggu (5/11/2023), bertajuk Heritage Walking Tour.

BACA JUGA:Bupati Purworejo Agus Bastian Sebut Anggota Dewan Susah Diatur

Dalam kesempatan itu, ribuan peserta diajak berolahraga sekaligus menelusuri rute heritage. Di antaranya Gereja Santa Perawan Maria, SMP Negeri 2, Gereja GPIB, Gedung CPM Kodim, dan Titik 0 km Puworejo. Jalan sehat dimulai dari ruas jalan depan Pendapa Kabupaten Purworejo dengan finish di kawasan Gedung DPRD yang menjadi lokasi Pasar Apresiasi.

Tampak hadir Ketua DPRD Purworejo Dion Agasi Setiabudi bersama para wakil ketua dan sejumlah anggota DPRD, jajaran Forkopimda, dan kepala OPD terkait.

BACA JUGA:Wow Keren, Purworejo Youth Fest 2023 Wadahi Kreativitas Generasi Muda

Jalan sehat berlangsung meriah diawali dengan penampilan grup marching band sejumlah sekolah, SD Maria dan SMP Negeri 1 Purworejo. Sesampainya di panggung gotong royong area Pasar Apresiasi, seluruh peserta juga disuguhi bergam hiburan sembari menantikan pengundian kupon dengan hadiah utama 1 unit sepeda motor.

BACA JUGA:Ariyanto, Peternak dari Purworejo Andalkan Kotoran Sapi untuk Cukupi Gas di Dapur Rumah

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Purworejo Wasit Diono menjelaskan, sekitar 5.000 kupon habis dibagikan kepada peserta secara gratis. “Seluruh kupon undian kita bagikan gratis kepada peserta,” kata Wasit Diono.

Wasit Diono menjelaskan, Heritage Walking Tour digelar oleh Dindikbud bersama DPRD untuk menyemarakkan Hari Jadi ke-75 DPRD Kabupaten Purworejo. Jalan sehat kali ini sekaligus menjadi upaya pemerintah untuk mengenalkan keberadaan heritage yang ada di kawasan perkotaan Kabupaten Purworejo. “Antusias peserta luar biasa karena ini juga dirangkai dengan Pasar Apresiasi yang sudah kita gelar dua hari lalu,” sebutnya.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Kipas Angin yang Bagus dan Awet, Harganya Juga Murah!

Lebih lanjut disampaikan bahwa rangkaian event Pasar Apresiasi dihelat dengan menjabarkan semangat jiwa Pancasila, aktualisasi diri, merawat tradisi, dan menyerukan gaya hidup berkelanjutan kepada masyarakat. Pasar Apresiasi ini merupakan suatu titik pertemuan antara berbagai macam potensi yang ada, baik dari sisi seni budaya, tradisi dan produk UMKM serta kuliner khas kecamatan yang ada di Kabupaten Purworejo.

”Pada hari pertama ada lomba mewarnai dan menggambar yang diikuti ratusan pelajar PAUD dan SD, Parade Budaya diikuti oleh grup kesenian 16 kecamatan, lomba makanan/jajanan khas “Gastronomi Fest”, Lomba Fashion Show dengan tema “Pakaian Adat Nusantara” untuk siswa tingkat TK/ PAUD, SD dan SMP, serta festival band pelajar,” ungkapnya.

BACA JUGA:Dukung UMKM, Inkubator Bisnis Purworejo Mulyo Diluncurkan

Jalan sehat sekaligus rangkaian Pasar Apresiasi ditutup dengan penyerahan penghargaan bagi para pemenang lomba oleh Ketua bersama sejumlah anggota DPRD di Panggung Gotong Royong.

Pada kesempatan itu, Dion Agasi Setiabudi menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Dindikbud dan seluruh masyarakat Kabupaten Purworejo yang telah berpartisipasi meramaikan Pasar Apresiasi sekaligus menyemarakkan Hari Jadi ke-75 DPRD Purworejo.

“Semoga rangkaian event yang kita gelar ini tidak hanya menjadi media hiburan. Lebih dari menjadi ruang edukasi kepada generasi muda untuk menguatkan kecintaan terhadap produk UMKM dan potensi seni budaya lokal Purworejo," tandasnya. (top)

 

Artikel ini sudah pernah terbit di Magelangekspres.disway.id dengan judul

https://magelangekspres.disway.id/read/656916/hari-jadi-ke-75-dprd-kabupaten-purworejo-ribuan-peserta-antusias-ikuti-heritage-walking-tour

Kategori :