Anda Sedang Mencari Ampli Gitar Yang Bagus? Sebelumnya, Simak Dulu Panduan Membeli Ampli Gitar Bagi Pemula

Kamis 21-09-2023,02:00 WIB
Reporter : Mohamad Ziaul Bilad
Editor : Mohamad Ziaul Bilad

Bagi para penggemarnya, suara tube amp tidak bisa dipungkiri. Biasanya digambarkan sebagai hangat, penuh, atau "tebal". Dibandingkan dengan tabung vakum solid-state, tabung vakum lebih keras dan lebih beresonansi, bahkan pada watt yang sama. Ada juga banyak tekstur alami. Amplifilter tabung sering kali memiliki dua saluran berbeda sehingga pemutar dapat beralih di antara keduanya. Biasanya satu untuk suara bersih dan satu lagi untuk distorsi.

Ampli gitar tabung vakum memiliki beberapa kelemahan. Pertama, harganya bisa lebih tinggi. Selain itu, mereka lebih rapuh dan rapuh dibandingkan spesies lainnya. Meskipun bukan masalah besar jika disimpan dengan aman di studio, musisi tur pasti akan mengalami masalah. Hal ini terutama berlaku karena ampli tabung lebih berat daripada ampli yang lebih kecil.

BACA JUGA:11 Gitar Listrik Terbaik Berkualitas Bagus Yang Sangat Rekomendasi Untuk Penggemar Alat Musik Petik

2. Solid-state

Saingan terkenal lainnya dalam daftar kami adalah transistor atau penguat semikonduktor. Meskipun kadang-kadang disebut sebagai Amplifilter analog, preAmplifilter dan modul daya bergantung pada papan sirkuit elektronik. Kita dapat menyimpulkan bahwa keandalan tabung vakum jauh lebih tinggi, karena tidak ada tabung vakum yang sangat rapuh. Tambahkan sesuatu yang terjangkau ke daftar fasilitas Anda. Ini akan menjadi tambahan yang bagus untuk persenjataan gitaris performa mana pun. Di sisi lain, penggemar tube amp sering mengeluh tentang suara solid-state. Mereka merasa bahwa Amplifilter tersebut tidak memiliki suara yang cerah dan respons dinamis dari ampli tabung. Ini murni opini subjektif, karena dengan kemajuan teknologi saat ini, perangkat solid-state dapat memberikan nada yang sangat mengesankan. Faktanya, banyak orang menganggap ini sebagai pilihan terbaik bagi calon musisi.

3. Hybrid

Tidak dapat memutuskan antara speaker tabung dan speaker solid state? Hal yang sama juga berlaku bagi kita. Mungkin inilah sebabnya Amplifilter gitar hybrid dikembangkan. Ini dirancang untuk mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia. Kebanyakan Amplifilter modern memiliki bagian preamp tabung dengan penguat daya solid-state. Menariknya, beberapa hibrida vintage sangat berbeda karena menggunakan komponen listrik tabung dan preamp solid-state.

Bagaimana pengaturan amp modern ini memengaruhi suara Anda? Banyak. Dengan menggabungkan bagian preamp tabung dengan rangkaian transistor, saya ingin menciptakan suara seperti tabung yang sulit dipahami. Bagi kebanyakan dari kita, perbedaannya hampir tidak terlihat. Tentu saja, ada orang cerdas yang mengaku bisa membedakannya. Saya akan menyerahkan diskusi itu kepada Anda semua.

BACA JUGA:8 Macam Efek Gitar Yang Wajib Diketahui Kalian Pecinta Musik

4. Modelling

Anda mungkin pernah mendengarnya disebut sebagai penguat digital atau profiler. Ini adalah entri terbaru dalam pengembangan Amplifilter. Seperti namanya, ini adalah alat berbasis perangkat lunak yang "memodelkan" atau meniru suara tabung vakum kuno. Beberapa bahkan dilengkapi dengan efek bawaannya sendiri, sehingga tidak perlu membeli pedal terpisah. Dari semua jenis Amplifilter, ini adalah yang paling ringan dan portabel. Ini juga yang paling tahan lama.

Banyak Amplifilter digital meniru Amplifilter mahal dan langka di masa lalu. Ini mungkin satu-satunya kesempatan Anda untuk mencoba nada yang tidak bisa Anda dapatkan di tempat lain. Perlu juga disebutkan bahwa ini memberi Anda pilihan suara terluas untuk dicoba. Tentu saja ini menjadi masalah besar jika Anda masih belum mengetahui gaya musik mana yang paling Anda sukai. Memang benar, pemodelan amp mungkin sedikit sulit untuk dipahami jika Anda tidak paham teknologi. Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah tingkat kemajuan teknologi. Terakhir, jika Anda tampil live menggunakan emulasi perangkat lunak, Anda mungkin perlu memasang power Amplifilter khusus untuk mengeluarkan suara.

Saat kami membahas topik ini di bagian Jenis dimensi amplifilter, Anda dapat menentukan pilihan  Anda. Mereka yang tinggal di apartemen mungkin lebih menyukai ukuran yang lebih kecil seperti model atau solid state. Tentu saja lebih masuk akal untuk menggunakan amp yang lebih ringan jika Anda akan membawa ampli saat bepergian. Perhatikan juga desain Amplifilternya. Terbuat dari apa dan tahan berapa lama? Selamat mencoba semoga bermanfaat.(*)

Kategori :