Anda Sedang Mencari Ampli Gitar Yang Bagus? Sebelumnya, Simak Dulu Panduan Membeli Ampli Gitar Bagi Pemula

Kamis 21-09-2023,02:00 WIB
Reporter : Mohamad Ziaul Bilad
Editor : Mohamad Ziaul Bilad

DISWAYJOGJA.ID- Amplifilter adalah perangkat elektronik yang memperkuat sinyal audio untuk meningkatkan kekuatannya. Namun, Amplifilter juga biasanya memiliki kontrol nada khusus yang membantu Anda mendapatkan suara terbaik.

Tentu saja, untuk memainkan gitar elektrik dengan sempurna, Anda memerlukan Amplifilter gitar yang sesuai. Memang benar Amplifilter lebih dari sekedar loudspeaker atau pengeras suara.

Apa itu ampli gitar?

Jangan menganggap ampli gitar Anda hanya sebagai speaker biasa. Sebaliknya, ini adalah perangkat yang meneruskan sinyal listrik dari pickup gitar Anda melalui sirkuit elektronik untuk “membentuk” suara. Input yang dimodifikasi ini diperkuat sebelum dikeluarkan dari speaker. Umumnya penguat terdiri dari dua bagian tertentu. Terutama preamp dan power amp. Gabungkan ini untuk melakukan semua tugas yang tercantum di atas.

BACA JUGA:9 Tips Untuk Menghindari Kesalahan Dan Penyesalan Saat membeli Gitar Bass. Yuk! Simak

PreAmplifilter memiliki dua peran. Pertama, menaikkan sinyal gitar yang lemah ke "line level". Jika sinyal ditentukan cukup besar, maka dikirim ke bagian lain. Ini adalah power Amplifilter, mixer atau simulator. Tugas kedua adalah membentuk sebuah nada. Sebagian besar memiliki setidaknya EQ 3-band (bass, mid, dan treble) dan beberapa bahkan menerapkan efek distorsi.

Power Amplifilter mengikuti struktur preAmplifilter. Pada titik ini, sinyal tidak memiliki daya yang cukup untuk menggerakkan speaker. Penguat daya memperkuat sinyal. Meski tidak seburuk preamp, namun juga dapat mendistorsi dan mewarnai suara.

Dasar-dasar dan Format Ampli Gitar

Sebelum mempertimbangkan jenis dan kualitas, Anda perlu memahami konfigurasi Amplifilter. Dua konfigurasi utama yang paling umum digunakan adalah combo amp dan amp head. Apa bedanya? Jadi, ingat proses peningkatan yang kita bicarakan di atas? Dalam penguat kombo, semua operasi ini dilakukan dalam satu unit. Ringkas, ringkas, dan sangat efisien. Tidak ada biaya tambahan.

Penguat utama hanya bertanggung jawab untuk membentuk dan memperkuat suara. Speaker terpisah diperlukan untuk mendengar suaranya. Meski terkesan rumit dan mahal, opsi ini ideal bagi pemain yang ingin mencobanya. Hal ini memungkinkan Anda dengan bebas memadupadankan kepala dan kabinet untuk menciptakan lanskap suara yang sesuai untuk Anda.

BACA JUGA:Mari! Simak 8 Rekomendasi Merek Gitar Bass Yang Sering Digunakan Oleh Musisi-Musisi Terkenal

Pengaturan virtual menjadi semakin populer akhir-akhir ini. Simulasi Amplifilter menggunakan perangkat lunak daripada perangkat fisik untuk melakukan proses amplifikasi. Semakin banyak multiefek dan aplikasi modern yang memiliki fitur ini. Ini sangat mudah beradaptasi dan dapat dikombinasikan dengan gaya amp sebanyak yang Anda suka. Dan seperti yang diharapkan, ini hanya memakan sedikit ruang. Kumpulkan sebanyak mungkin. Apa kerugiannya? Satu kelemahannya adalah pemain taktil mungkin menganggapnya kurang menarik dibandingkan amp asli.

Tipe Amplifilter Gitar

1. Tube (valve)

Sekarang setelah kita memahami peran ampli gitar, mari kita lihat jenis-jenisnya. Amplifilter tabung vakum adalah nenek moyang Amplifilter yang sudah ada sejak lebih dari satu abad. Seperti banyak perangkat elektronik di masa lalu, Amplifilter ini ditenagai oleh tabung vakum. Bahkan ketika teknologi semakin maju dan transistor menjadi populer, banyak musisi yang terpikat oleh suara dan kualitas uniknya. Namun, sebagian besar produsen Amplifilter masih menawarkan Amplifilter tabung rekondisi atau vintage. Nuansanya sangat steampunk.

Kategori :