Dikenal Sebagai "Orang Laut", Simak 5 Fakta Unik Suku Bajo Yang Membuat Banyak Orang Heran

Kamis 17-08-2023,19:34 WIB
Reporter : Bayu Trijaya Poetra Pratama
Editor : Bayu Trijaya Poetra Pratama

 

DISWAY JOGJA -Suku Bajo adalah salah satu etnik di Indonesia yang memiliki keunikan yang cukup menarik perhatian banyak orang. Suku bajo tinggal di daerah pesisir Indonesia. Bnyak orang menjuluki Suku ini dengan " Orang Laut" yang tentunya memiliki fakta yang menarik dan wajib anda ketahui. 

BACA JUGA: Anda sedang Penat Dalam Berfikir? Simak! 5 Cara Sederhana Yang Dapat Menenangkan Hati dan Pikiran

Bebagai keunikan ini pasti akan membuat anda heran yaitu hampir semua masyarakatnya memiliki pengetahuan yang luas tentang kapal pesiar, Penangkapan ikan, berburu dan mengumpulkan berbagai hasil lautnya. 

Beda fakta unik lainya yang membuat anda heran adalah rumah mereka kebanyakan berbentuk rakit mengapung di atas air atau biasanya mereka di tepi pantai. Suku Bajo memiliki adat yang kental dan kearifan lokalnya yang tentunya memilikir akar dasar yang kuat dengan lingkungan laut yang mereka diami. 

Meskipun menghadapi perkembangan zaman yang cukup pesat dengan segala sarana teknologinya sebagai pendukung, mereka tetap melestarikan warisan budayanya dengan melakukan tradisi kehidupan laut mereka. 

Berikut adalah fakta unik tentang suku bajo yang wajib anda ketahui 

BACA JUGA: Menilik Taman Wisata Bougenville, Tempat Wisata Asri dengan Nuansa Menyejukkan

1. Suku Bajo Tidak memiliki Kewarganegaraan yang pasti 

Dari dulu, suku bajo adalah kelompok yang suka dengan hal berkembara sehingga mereka tidak memiliki kewarganegaraan resmi. akan tetapi, yang pasti mereka berasal dari filipina selatan. walaupun suku bajo adalah salah satu suku Indonesia tidak semua dari mereka memiliki keeturunan asli dari Indonesia.

Beberapa suku merupakan masyarakat pendatang dari ribuan tahun lalu yang kemudian menetap dan membangun generasi penerus. Sekarang, orang Bajo telah menjadi warga negara Indonesia dan berkontribusi dalam membangun peradaban Indonesia. itulah mengapa suku bajo ini menjadi unik dan berbeda dari suku yang lain hal ini wajib anda ketahui! 

2. Tumbuh Besar Di Laut 

Fakta ubik lain yang berkaitan dengan suku bajo adalah orang bajo  memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menyelam untuk mencari ikan di laut. dari sejak kecil mereka diajari untuk belajar dan menambah pengetahuan sebagai adasar untuk ilmu menyelam. Anak-anak bajo memiliki kemampuan sejak kecil menyelam dengan pandai. Bajo adaalah suku yang luar biasa dan mereka menyebut dirinya sebagai "Penyelam sejati"  karena kemampua istimewanya ini masyarakat bajo disebut dengan manusia air. Kehidupan yang sehari-harinya di laut membentuk sebuah karakter mereka mendjadi sangat mudah untuk beradaptasi sehingga memiliki jiwa petualang yang sangat kuat. 

3. Suku Bajo Terlahir Sebagai Penyelam. 

Keunikan yang sangat menarik dari suku bajo ini mereka terlahir sebagai penyelam. Nereka menyebut "Penyelam sejati" karena memiliki keunikan yang membuat semua orang heran dengan suku ini. 

Kategori :