3 Fakta Desa Cawitali Kecamatan Bumijawa Tegal yang Menjadi Tempat Persinggahan Syekh Siti Jenar

Jumat 28-07-2023,10:46 WIB
Reporter : Roozika Pratama
Editor : Roozika Pratama

Terdapat sebuah legenda yang berkembang di masyarakat sekitar bahwa di Curug Pengantin penguasanya adalah Nyai Rantamsari.

Menarik untuk ditelisik lebih lanjut karena Nyai Rantamsari dikenal oleh masyarakat Tegal itu merupakan penguasa Pantai Utara Tegal di mana ia masih memiliki hubungan dengan Nyai Roro Kidul di Pantai Selatan.

Hal tersebut tentu membuat sebagian orang-orang yang tahunya Nyai Rantamsari merupakan penguasa Pantai Utara Tegal bertanya-tanya.

Apakah benar demikian bahwa ia merupakan penguasa Curug Pengantin.

Tetapi, jika menggunakan cerita berkembang di masyarakat bercerita tersebut sedikit yang tahu bahwa Nyai Rantamsari merupakan penguasa aliran sungai yang mengalir dari Gunung Slamet.

Maka, cerita bahwa Nyai Rantamsari merupakan penguasa Curug Pengantin dapat diterima.

Ditambah lagi aliran-aliran sungai yang berasal dari kaki Gunung Slamet memiliki keterikatan saling terhubung satu sama lain, jika dilihat dari kacamata batin.

2. Tempat pertempuran Raden Arjuna dan Adipati Karna

Selain mitos berkaitan dengan hantu air atau dikenal dengan Wiyangga.

Curug Pengantin juga digunakan untuk pertapaan orang dulu guna mencari kesaktian.

Bukan hanya itu saja tempat tersebut juga digunakan untuk melarung benda-benda pusaka.

Menurut penuturan orang dulu, sungai di Curug Pengantin tersebut menjadi salah satu sungai yang digunakan oleh orang-orang dulu untuk melarung benda pusaka.

Mitos lainnya yang berkembang di masyarakat sekitar karena Curug Pengantin merupakan tempat pertempuran antara Raden Arjuna dengan Adipati Karna.

Terlepas itu merupakan mitos yang harus kita hargai.

Tetapi cerita pertempuran antara Raden Arjuna dengan Adipati Karna merupakan cerita pewayangan yang digunakan oleh Sunan Kalijaga untuk berdakwah menyebarkan agama Islam.

Mungkin saja Desa Cawitali masih memiliki kaitannya dengan Sunan Kalijaga.

Kategori :