DISWAY JOGJA - Semua orang pasti ingin memilki motor yang bertenaga namun irit. Padahal jika ingin motor lebih bertenaga maka harus memperbesar konsumsi bensin. Tapi ada hal yang lebih menyebalkan, tenaga motor biasa saja tapi bensinnya boros. Kira-kira apa penyebabnya ?
Untuk menjawab pertanyaan ini, anda bisa menyimak penjelasan rinci dibawah
Apa Penyebab Motor Boros Bensin ?
Ada beberapa hal yang menyebabkan masalah ini, termasuk penyebab yang terbilang sepele juga bisa membuat pemakaian bensin membengkak.
1. Settingan karbu yang tidak tepat
Pada karburator motor, ada dua buah sekrup yakni sekrup pengatur angin dan pengatur idle RPM. Kita tahu bahwa didalam karburator ini udara dan bensin akan tercampur. Kuantitas angin yang melewati venturi karburator akan mempengaruhi jumlah bensin yang keluar dari pilot jet.
Tak banyak yang tahu akan hal ini, tapi karena anda telah mengetahui alasanya maka anda bisa mengatasi setelan karbu yang tidak pas ini.
Yang anda lakukan yakni memutar sekrup pengatur angin pada level maximal dan idle RPM pada level minimal. Perbandingan setelan ini akan membawa peforma mesin yang irit namun juga tidak mati/brebet.
2. Pilot jet jebol
Didalam karburator, bensin bisa keluar menuju venturi karena faktor perbedaan tekanan. Ketika ada aliran udara yang melewati venturi (saluran dengan diameter kecil) maka tekanannya akan menurun.
Ini akan menyebabkan bensin mengalir dari mangkuk karbu ke dalam venturi karena tekanan didalam mangkuk karbu lebih besar.
Dalam hal ini, kuantitas bensin yang keluar ke venturi dipengaruhi oleh dua hal yakni ;
1. Kecepatan udara melewati venturi 2. Lebar pilot jetDalam hal ini, diameter pilot jet sudah diatur oleh pabrikan agar bensin yang keluar menuju venturi bisa ideal. Tapi beda ceritanya jika pilot jet jebol. Bensin yang keluar akan semakin banyak.
Imbasnya, motor jadi terasa lebih bertenaga dan ada bau bensin pada gas buang dari knalpot motor.
Biasanya cara ini dipakai oleh para tunner untuk meningkatkan peforma mesin tanpa bore up. Tapi jika anda mengejar keiritan bahan bakar maka anda perlu mengganti komponen pilot jet yang terletak didalam karbu dengan standarnya.
3. Mangkuk karbu
Ada apa dengan mangkuk karbu ? perlu anda ketahui, sebelum bensin keluar melalui pilot jet bensin tersebut akan ditampung kedalam mangkuk karbu. Mangkuk ini terletak dibagian paling bawah karburator motor.
Biasanya ada O-seal sebagai perapat hubungan karbu body dengan mangkuk ini. Bensin terkadang bocor dari komponen ini, imbasnya performa mesin cenderung stabil namun pemakaian bahan bakar meningkat.
Untuk gejala ini, ada bekas berupa endapan debu basah disekitar mangkuk karbu. Endapan ini terbentuk saat debu menempel pada bensin yang membasahi area luar mangkuk karbu.
4. Ada selang yang mengalami kebocoran
Selang bensin pada motor terbilang pendek, karena hanya menghubungkan tanki yang posisinya lebih tinggi dari pada karburator. Tapi ini tidak menjamin tidak berpotensi kebocoran.
1. Beberapa hal yang bisa memicu kebocoran bensin antara lain 2. Selang retak dan getas 3. Selang salah jalur 4. Fitting/klem selang lemahCara mengatasi bocor bensin ini, gampang. Cari letak kebocorannya, bisa anda lihat secara visual. Bagian yang memgalami kebocoran pasti akan terlihat basah dan kotor (banyak endapan debu).
Bersihkan area tersebut kemudian inspeksi kondisi fisiknya, jika kondisinya tidak mungkin diperbaiki maka ganti komponen ini.
5.Overcooling atau suhu mesin kurang dari suhu kerja
Suhu mesin juga mempengaruhi penggunaan bahan bakar, alasanya begini.
Sifat bensin itu mudah menguap pada suhu kamar sekalipun. Saat suhu mesin tinggi (±80°C) bensin akan mudah bercampur dengan udara yang masuk tapi Jika kondisi suhu mesin rendah, maka bensin akan mengendap ke dinding intake manifolfd karena suhu diluar cenderung lebih besar.
Ini akan menimbulkan campuran yang lebih miskin, sehingga power yang dihasilkan juga rendah. Sebagai gantinya kita menarik gas lebih dalam tentunya dengan pemakaian bahan bakar yang lebih banyak.
Ini sering terjadi pada motor-motor tipe pendingin kipas seperti motor matic (mio atau beat). Pendingin pada motor otomatis bekerja ketika mesin hidup meski suhunya masih dingin. Oleh sebab itu dengan kapasitas sama, motor matic lebih boros dari pada motor-motor bebek.
Untuk masalah ini kita tidak bisa berbuat apa-apa karena sistem pendingin motor kebanyakan menggunakan tipe otomatis seperti ini. Tapi untuk meminimalkan pemakaian bensin, anda bisa memanaskan mesin motor sekitar 1 menit sebelum digunakan.
Demikian artikel lengkap dan super jelas mengenai penyebab motor boros bensin dan penyebabnya. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.