Bikin Geleng-geleng Kepala, Ini 6 Cabai Terpedas di Dunia!

Minggu 23-07-2023,12:45 WIB
Reporter : Nisa’a Nurusysyifa
Editor : Nisa’a Nurusysyifa

 

DISWAYJOGJA - Gemar menyantap makanan pedas? Kalau iya, cabai tentu sudah akrab dengan lidahmu. Indonesia memiliki berbagai jenis cabai pedas yang nikmat

Mulai dari cabai rawit, gendot, domba, hingga andaliman. Meskipun pedas, ternyata cabai-cabai itu masih kalah panas jika dibandingkan dengan cabai terpedas di dunia.

Cabai paling pedas memiliki level kepedasan lebih dari 1.000.000 SHU. Ini berarti 10 kalo lipat pedasnya dari rawit yang biasa dikontrol orang Indonesia.

SHU atau Scoville Heat Unit sendiri adalah ukuran tingkat kepedasan cabai yang diperkenalkan oleh Wilbur Scoville. Skala SHU menunjukkan jumlah capsaicin, zat penghasil rasa pedas yang terkandung pada sebuah cabai.

Seperti apa pedasnya cabai-cabai ini? Berikut cabai terpedas didunia

1. Naga Viper (1.250.000 SHU)

Cabai ini memiliki tampilan dengan warna merah terang dan kulit berkerut. Menurut keterangan di Pepper Scale, tingkat kepedasannya mencapai dua belas hingga tiga belas kali lebih pedas daripada rawit yang biasa dijual di pasar.

Naga viper merupakan hasil persilangan tiga varietas cabai terpedas, yaitu ghost pepper, naga morich, dan trinidad scorpion. 

2. 7 Pot Douglah (1.853.986 SHU)

Cabai ini dikenal dengan nama 7 pot douglah atau chocolate 7 pot. Mudah dikenali karena kulitnya yang berwarna cokelat. Namun, jangan dikira rasanya bakal manis seperti cokelat susu ya

Chocolate 7 pot sendiri membutuhkan waktu 90 hari untuk matang sempurna. Bila matang akan menghasilkan minyak capsaicin dengan tingkat kepedasan mencapai delapan belas kali lebih pedas daripada cabai rawit Indonesia.

3. Trinidad Moruga Scorpion (2.001.000 SHU)

Trinidad moruga scorpion adalah cabai terpedas ketiga di dunia. Asalnya dari Moruga yang berada di Trinidad dan Tobago. Cabai gendut ini sekilas tampak seperti stroberi. Namun tingkat kepedasannya mencapaidua puluh kali lebih pedas dari rawit loh.

Rasanya sedikit manis, tapi berangsur pedas bila semakin dikunyah. Setelah mengunyah trinidad moruga scorpion selama beberapa saat, rasa pedasnya bakal makin tak tertahankan.

4. Carolina Reaper (1.600.000—2.200.000 SHU)

Kategori :