Imbas Penanganan KA Purwojaya, Perjalanan Kereta dari Yogyakarta dan Solo Terlambat

Imbas Penanganan KA Purwojaya, Perjalanan Kereta dari Yogyakarta dan Solo Terlambat

KAI Daop 6 Yogyakarta memastikan keberangkatan Kereta Api (KA) dari stasiun Yogyakarta dan Solo pada Minggu (3/8/2025) pagi tepat waktu sesuai jadwal.--Foto: Anam AK/diswayjogja.id

YOGYAKARTA, diswayjogja.id - Sejumlah perjalanan kereta api (KA) dari wilayah Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta mengalami keterlambatan pada Minggu (26/10/2025) akibat imbas penanganan operasional KA Purwojaya di wilayah Kedunggedeh, Daop 1 Jakarta.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan atas ketidaknyamanan yang terjadi. 

Saat ini jalur hulu dan hilir di lokasi kejadian telah kembali dapat dilalui, dan proses normalisasi perjalanan terus dioptimalkan agar layanan kereta kembali berjalan lancar.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Feni Novida Saragih, menjelaskan bahwa pihaknya juga telah melakukan berbagai langkah penanganan bagi penumpang yang terdampak, termasuk pemberian layanan pengembalian bea atau refund.

BACA JUGA : Imbas Anjloknya KA Purwojaya di Bekasi, Perjalanan Kereta ke Yogyakarta Tertunda Hingga 1 Jam

BACA JUGA : Ini 5 Ketentuan Refund Tiket Kereta yang Dibatalkan KAI Daop 6 Yogyakarta, Dampak Argo Bromo Anggrek Anjlok

“KAI Daop 6 telah memberikan service recovery kepada penumpang KA yang terdampak dan kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Para penumpang KA terdampak akan mendapatkan layanan sesuai aturan yang berlaku, termasuk pengembalian bea 100% di luar bea pesan bagi penumpang yang memilih tidak melanjutkan perjalanan,” ujar Feni melalui keterangan tertulis, Minggu (26/10/2025).

Ia menambahkan, informasi terkait keterlambatan perjalanan juga telah disampaikan kepada para penumpang melalui pesan singkat (SMS) dan WhatsApp blast agar mereka mendapatkan update secara cepat.

Empat kereta dengan keberangkatan awal dari Daop 6 Yogyakarta yang mengalami keterlambatan keberangkatan pada Minggu (26/10), diantaranya KA 103 Bogowonto relasi Lempuyangan–Pasarsenen, KA 109 Fajar Utama YK relasi Yogyakarta–Pasarsenen, KA 13 Argo Lawu relasi Solobalapan–Gambir, KA 75 Mataram relasi Solobalapan–Pasarsenen.

Sebagai bentuk komitmen pelayanan, KAI telah membuka layanan refund di seluruh loket stasiun serta melalui Contact Center KAI 121. 

BACA JUGA : Imbas Kereta Anjlok di Subang, KA Argo Lawu Gambir-Solo Balapan Jadi Kereta Pertama yang Melintas

BACA JUGA : Keberangkatan 7 KA Jalur Selatan Yogyakarta Dibatalkan, Imbas KA Argo Bromo Anggrek Anjlok

Petugas layanan pelanggan juga disiagakan di berbagai stasiun untuk membantu dan memberikan solusi terbaik bagi penumpang terdampak.

“KAI Daop 6 tetap berkomitmen untuk mengedepankan keselamatan, kenyamanan, dan pelayanan prima bagi seluruh pengguna jasa kereta api. Kami juga terus berkoordinasi dengan unit kerja serta daerah operasi terkait guna mempercepat pemulihan operasional,” tutup Feni.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait