Ini 5 Ketentuan Refund Tiket Kereta yang Dibatalkan KAI Daop 6 Yogyakarta, Dampak Argo Bromo Anggrek Anjlok
Sejumlah penumpang yang batal berangkat melakukan refund di Stasiun Yogyakarta, Sabtu (2/8/2025), imbas anjloknya KA Argo Bromo Anggrek di kawasan Subang.--Foto: Anam AK/diswayjogja.id
YOGYAKARTA, diswayjogja.id - PT KAI Daop 6 Yogyakarta masih membuka pengembalian tiket kereta bagi penumpang yang terdampak anjloknya Kereta Api (KA) Argo Bromo Anggrek.
Perjalanan KA di jalur kawasan Daop 6 Yogyakarta sempat mengalami keterlambatan beberapa hari lalu imbas dari penanganan operasional Kereta Api Argo Bromo Anggrek di Stasiun Pegadenbaru, wilayah Daop 3 Cirebon, pada Jumat (1/8/2025).
Hal ini mengakibatkan sejumlah perjalanan kereta api terganggu, termasuk KA keberangkatan yang berasal dari wilayah Daop 6 Yogyakarta.
Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Feni Novida Saragih, mengatakan pihaknya melakukan pengembalian bea tiket sebesar 100 persen di luar bea pemesanan bagi pelanggan yang terdampak dan batal berangkat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
BACA JUGA : KAI Daop 6 Pastikan Keberangkatan Kereta Tepat Sesuai Jadwal dari Yogyakarta dan Solo
BACA JUGA : KAI Daop 6 Yogyakarta Buka Layanan Refund 100 Persen, 10 Kereta Batal Berangkat
"Kami memohon maaf karena kondisi tersebut tentu mengganggu rencana perjalanan para pelanggan yang telah mempersiapkan perjalanan dengan baik. Untuk itu, sebagai bentuk tanggung jawab KAI terhadap kenyamanan para penumpangnya, dengan mengembalikan semua biaya pembelian tiket secara utuh di luar bea pemesanan," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (4/8/2025).
Feni mengimbau kepada seluruh pelanggan yang terdampak untuk segera mengajukan proses refund sesuai ketentuan yang berlaku, sebelum waktu yang telah ditentukan habis.
"Untuk pengajuan refund di wilayah Daop 6 Yogyakarta, loket yang melayani refund yaitu di Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, dan Solo Balapan,” ujar Feni.
Bagi penumpang yang melakukan refund melalui call center 121, dapat menghubungi melalui telfon, ponsel maupun menu bantuan pada aplikasi Access by KAI, dengan menyiapkan data seperti kode booking kereta api, nama penumpang, NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor rekening, nomor telfon dan alamat e-mail penumpang.
BACA JUGA : Imbas Kereta Anjlok di Subang, KA Argo Lawu Gambir-Solo Balapan Jadi Kereta Pertama yang Melintas
BACA JUGA : Keberangkatan 7 KA Jalur Selatan Yogyakarta Dibatalkan, Imbas KA Argo Bromo Anggrek Anjlok
“KAI terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dan memastikan keselamatan serta kenyamanan perjalanan pelanggan. Sekali lagi, kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan ini dan berterima kasih atas pengertian serta kesabaran seluruh pelanggan,” imbuhnya.
Adapun ketentuan refund ini berlaku untuk:
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber: