Pastikan Hak Konsumen Terpenuhi, BPKN RI Tinjau Kesiapan Mudik Lebaran 2025 di Stasiun Yogyakarta

Pastikan Hak Konsumen Terpenuhi, BPKN RI Tinjau Kesiapan Mudik Lebaran 2025 di Stasiun Yogyakarta

Wakil Ketua Komisi Advokasi BPKN-RI, Intan Nur Rahmawanti (kanan), meninjau kesiapan mudik lebaran 2025 di Stasiun Yogyakarta, Jumat (21/3/2025), untuk memastikan hak-hak konsumen terpenuhi. --Dok. KAI Daop 6 Yogyakarta

YOGYAKARTA, diswayjogja.id - Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN-RI) meninjau kesiapan mudik lebaran 2025 di Stasiun Yogyakarta, Jumat (21/3/2025), untuk memastikan hak-hak konsumen terutama fasilitas pelayanan terpenuhi.

Wakil Ketua Komisi Advokasi BPKN-RI, Intan Nur Rahmawanti, mengatakan bahwa peninjauan ini merupakan upaya BPKN-RI untuk memastikan hak-hak konsumen, terutama terkait fasilitas pelayanan penumpang meliputi keselamatan, kenyamanan, keamanan, dan kelancaran perjalanan dapat terpenuhi dengan baik.

"Kami mengapresiasi upaya KAI Daop 6 dalam menyiapkan layanan transportasi publik yang prima. Kami melihat, KAI Daop 6 sudah berusaha untuk bisa memberikan kenyamanan kepada konsumen terutama untuk menghadapi musim libur Lebaran yang dijadwalkan berlangsung selama 22 hari," kata Intan.

Intan menyampaikan bahwa BPKN-RI akan terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan berbagai pihak guna memastikan layanan transportasi publik beroperasi secara optimal dan sesuai dengan ekspektasi konsumen.

BACA JUGA : Layani Lempuyangan - Kampungbandan, Daop 6 Yogyakarta Buka Pendaftaran Mudik Motor Gratis 2025

BACA JUGA :  KAI Daop 6 Yogyakarta Prediksi Puncak Angkutan Mudik Lebaran pada 28 Maret 2025

"Kami mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan saluran pengaduan yang tersedia apabila mengalami kendala dalam menggunakan layanan transportasi publik," ujarnya.

Sementara itu, Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Feni Novida Saragih, mengatakan bahwa tim BPKN-RI mengunjungi Stasiun Yogyakarta untuk meninjau kesiapan layanan transportasi publik dalam menghadapi arus mudik Lebaran 1446 H di Stasiun Yogyakarta.

"Tim BPKN-RI melakukan pengecekan terhadap berbagai fasilitas dan layanan yang disediakan oleh KAI, termasuk sistem pembelian tiket, kenyamanan ruang tunggu, kebersihan toilet, protokol kesehatan, serta strategi mengantisipasi lonjakan penumpang selama periode mudik," jelas Feni.

Feni menambahkan bahwa KAI Daop 6 telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk melayani para pelanggan dengan baik. 

BACA JUGA :  Optimalkan Angkutan Lebaran, KAI Daop 6 Yogyakarta Gelar Rampcheck di 16 Stasiun

BACA JUGA : Direksi KAI Lakukan Inspeksi Kesiapan Angkutan Lebaran 2025 di Daop 6 Yogyakarta

"Kami mengoperasikan 36 KA selama Angkutan Lebaran 2025, meningkat dari hari biasanya sejumlah 25 KA. Dari aspek pengamanan kita juga mengerahkan 730 personil pengamanan kolaborasi KAI dengan TNI dan Polri. Kemudian kami juga menyiagakan 177 petugas kebersihan, petugas Customer Services Mobile (CSM) sebanyak 28 personil yang siap membantu pelanggan, serta posko kesehatan kita tersebar 6 pos kesehatan bekerjasama dengan 43 rumah sakit mitra. Jadi jika ada penumpang yang butuh penanganan lanjut tim kita akan mengantarkan ke RS mitra KAI," katamya.

Ia juga mengapresiasi kunjungan BPKN-RI ke Stasiun Yogyakarta. Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan hak-hak konsumen semakin terlindungi sesuai regulasi yang berlaku.

KAI Daop 6 Sosialisasikan Penanganan Situasi Darurat kepada Para Pegawai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: