100 Personil Satpol PP Tertibkan 500 Lebih APK yang Melanggar Aturan

100 Personil Satpol PP Tertibkan 500 Lebih APK yang Melanggar Aturan

Penertiban APK yang melanggar aturan di Jogja melibatkan ratusan anggita anggota dari berbagai instansi-detik.com-

diswayjogja.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Yogyakarta menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang melanggar peraturan. Operasi penertiban dilakukan selama tiga hari.

Octo Noor Arafat, selaku Kepala Satpol PP Kota Yogyakarta, menjelaskan, penertiban APK mengacu pada Peraturan Wali (Perwal) Kota Yogyakarta Nomor 75 Tahun 2023 tentang APK dan Bahan Kampanye Pemilu dan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Selain itu, penertiban APK ini juga mengacu pada Perwal Kota Yogyakarta Nomor 65 Tahun 2024 tentang Perubahan atas Perwal Kota Yogyakarta nomor 75 tahun 2023.

“Penertiban APK khususnya di masa kampanye Pilkada 2024 ini merupakan tindak lanjut atas permintaan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang berdasarkan rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Yogyakarta," kata Octo.

BACA JUGA : Laga Kandang Terakhir Putaran Pertama, Jadwal PSIM Jogja vs Persekat Tegal Mundur Sehari

BACA JUGA : Gurih dengan Sensasi Kenyal dan Empuk, 5 Rekomendasi Tempat yang Sajikan Sate Kronyos di Jogja

Octo membeberkan, pada operasi penertiban APK kali ini melibatkan, ada 100 personil Satpol PP Kota Yogyakarta yabg diterjunkan.

Tidak hanya menerjunkan anggota Satpol PP, opersai penertiban APK yang digelar selama 3 hari ini juga melibatkan Polri, Satlinmas, serta Bawah Kendali Operasi (BKO) Satpol PP di 14 Kemantren.

Octo menyatakan, pada operasi penertiban APK ini dibagi ke dalam dua sisi, yaitu Kota Yogyakarta area utara dan area selatan.

Selama penertiban APK ini digelar, anggota yang terlibat akan menyasar jalan protokol. Untuk area di sisi selatan mulai dari Jalan Kusumanegara ke arah barat dan timur.

BACA JUGA : Proses Beautifikasi Rampung, Begini Tampilan Wajah Baru Stasiun Tugu Yogyakarta

BACA JUGA : Keterlibatan Masyarakat Lokal Memperkuat Ekonomi Kreatif Di Yogyakarta

Sementara untuk area sisi utara, penertiban APK dilakukan dengan dimulai dari Jalan Solo yang menyisir dari arah barat timur.

Untuk mendukung operasi penertiban APK, dua tim yabg diterjunkan didukung dengan empat armada truk dan mobil bak yang akan mengangkut sejumlah APK yang melanggar aturan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: tirto.id