Cara Mengatasi Selang Merek Mesin Cuci Terbaik Bocor, Tanpa Perlu Panggil Teknisi

Cara Mengatasi Selang Merek Mesin Cuci Terbaik Bocor, Tanpa Perlu Panggil Teknisi

Mengatasi selang merek mesin cuci terbaik yang bocor-New Africa-www.freepik.com

diswayjogja.com - Saat ini semakin banyak masyarakat yang memakai merek mesin cuci terbaik untuk membantu pekerjaan dalam rumah tangga yaitu mencuci pakaian kotor.

Penting bagi kita untuk merawat merek mesin cuci terbaik dengan baik supaya mesin cuci bisa awet. Selain itu, penting bagi kamu untuk dapat segera mendeteksi adanya kerusakan pada mesin cuci.

Agar merek mesin cuci terbaik tidak rusak parah. Jika tabung dari mesin cuci mengalami kebocoran, kamu tidak perlu terburu-buru untuk memanggil teknisi.

Pada bagian selang pembuangan merek mesin cuci terbaik bisa mengalami bocor. Kebocoran di mesin cuci bisa jadi sebab adanya kerusakan pada selang pembuangannya.

Tandanya adalah adanya air yang membasahi semua bgian lantai bawah mesin cuci. Setelah siperiksa, bisa dikatakan selang mengalami retak, lecet, ataupun kerusakan yang lainnya.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Tiba-Tiba Tidak Bisa Membuang Air

BACA JUGA : Cara Mengatasi Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bergeser

Berikut penyebab selang mesin cuci mengalami bocor :

1. Selang sudah aus

Kamu tentu tahu kalau selang pembuangan mesin cuci kemungkinan tidak akan dapat bertahan selamanya. Usia dari selang mesin cuci umumnya kisaran 5 tahun dan perlu untuk diganti dengan segera.

Bila selang pada mesin cuci dalam keadaan yang masih tampak prima, mungkin saja pada selang tersebut terdapat sebuah retakan berukuran kecil.

2. Sambungan mesin cuci yang bocor

Kebocoran air bisa terjadi apabila sambungan selang air di antara mesin cuci dengan dinding sudah terputus. Selang bisa mengendur sebab adanya getaran yang konstan dari siklus mesin cuci.

3. Mesin cuci sudah rusak

Bisa saja kerusakan ini memang disebabkan karena mesin cuci ataupun segelnya yang sudah mengalami aus.

Setelah kamu sudah mengetahui berbagai penyebab selang mesin cuci rusak, sekarang kamu bisa mulai pertimbangkan untuk mengganti dengan selang yang baru.

BACA JUGA : Cara Mencegah Pakaian Kusut Saat Dikeringkan Di Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Tips Agar Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Mudah Rusak

Sebelum kamu mengganti selangnya, pastikan kamu sudah mengetahui bagian mana yang sudah mengalami kebocoran. Apakah yang mengalami kebocoran ada di bagian selang internal atau di bagian selang eksternal.

Berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk mengganti selang mesin cuci yang bocor :

1. Langkah pertama

Sambungan merek mesin cuci terbaik kamu diputuskan terlebih dahulu dari sumber listrik dan kamu buka kabinetnya atau lepaskan panel aksesnya dari belakang mesin cuc kamui. Matikan katup air panas dan dingin.

2. Langkah kedua

Sediakan beberapa peralatan yang diperlukan seperti tang selip, ember dan selang pengganti. Seluruh selang eksternal dicabut dari mesin cuci, termasuk juga cabut selang penyedia air. Kemudian untuk menampung air yang tumpah, kamu bisa pakai ember.

3. Langkah ketiga

Pasang selang yang baru ke mesin cuci. Sambungan air dingin dicocokan dengan selang air dingin. Dan cocokkan selang air yang panas dengan sambungan untuk air yang panas.

BACA JUGA : Tips Agar Pakaian Yang Dicuci Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Bau Apek

BACA JUGA : Tips Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik Dan Cara Menghilangkan Karat Yang Membandel

4. Langkah keempat

Kencangkan ujung selang yang lainnya pada suplai air, pasangkan selang air dingin kembali pada sambungan air dingin dan selang air panas pada sambungan air panas.

Pastikan selang tersebut sudah tersambung dengan baik. Nyalakan kembali katup air dan kamu uji kebocoran.

Itulah beberapa cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi selang merek mesin cuci terbaik yang mengalami kebocoran serta penyebabnya.

Apabila setelah selang mesin cuci sudah diperbaiki tapi masih terdapat kebocoran, maka kamu bisa panggil teknisi yang sudah profesional.

Jangan sampai kamu menunda-nunda untuk memperbaiki kerusakan ini. Karena semakin ditunda maka akan membuat kerusakannya bisa makin parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.nakita.grid.id