Hippindo Inisiasi Gerakan ‘Belanja di Indonesia Aja’ untuk Memperkuat Perdagangan Dalam Negeri

Hippindo Inisiasi Gerakan ‘Belanja di Indonesia Aja’ untuk Memperkuat Perdagangan Dalam Negeri

Asdep kawasan rantai pasok Kemkop UKM kompak foto bersama Ketua dan pengurus HIPPINDO saat Harmoni Awards--ISTIMEWA

“Penurunan ini memprihatinkan, terutama mengingat ketergantungan Indonesia pada produk impor yang seharusnya dapat disuplai oleh UMKM lokal, seperti mesin dan peralatan listrik, plastik, dan bahan kimia organik. Gerakan ini mendorong intervensi pasar untuk membuka akses seluas-luasnya bagi produk. UMKM agar dapat mendominasi pasar domestik, sekaligus mengurangi ketergantungan pada produk impor. Data BPS 2022 mencatat bahwa sektor industri mikro dan kecil di Indonesia mencapai 4,33 juta usaha, dengan lima besar di antaranya bergerak di bidang makanan, kayu, pakaian jadi, tekstil, dan industri pengolahan lainnya. Dukungan terhadap sektor ini tidak hanya akan menciptakan lapangan pekerjaan tetapi juga memperkuat rantai pasok domestik, sejalan dengan tujuan gerakan “Belanja di Indonesia Aja”, tambah Ali.

Acara Indonesia Retail Summit 2024 resmi dibuka oleh Presiden R.I yang diwakili oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartato didampingi oleh Menteri Perdagangan yang diwakili oleh Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Moga Simatupang, Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah, dan Ketua Indonesia Retail Summit, Haryanto Pratantara pada tanggal 28 Agustus 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: