HIPPINDO Sukses Gelar Harmony Award Tahun 2024, 11 Entitas Sabet Peritel Terbaik Indonesia

HIPPINDO Sukses Gelar Harmony Award Tahun 2024, 11 Entitas Sabet Peritel Terbaik Indonesia

Penerima Harmony Award yang diselenggarakan oleh HIPPINDO--

diswayjogja.com - Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) melaksanakan Harmony Award 2024 untuk mengapresiasi dedikasi dan kontribusi para pelaku industri ritel di Indonesia.

Penghargaan yang berlangsung di hari kedua Indonesia Retail Summit (IRS) 2024 ini, digelar HIPPINDO untuk menjadi momentum apresiasi atas inovasi, kepemimpinan dan capaian terbaik pelaku dari berbagai sektor ritel tanah air.

Dalam sambutannya, Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rizki Handayani Mustafa, mengapresiasi dan mendukung acara ini yang mampu mendorong peningkatan inovasi dan kolaborasi.

Ia berharap Harmony Award dapat berkelanjutan dan menjadi sumber inspirasi bagi kalangan peritel yang diharapkan terus berinovasi dan berkolaborasi.

“Pemerintah mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk terus berkontribusi dalam membangun Indonesia yang lebih baik. Mari kita lanjutkan semangat Harmony ini untuk melanjutkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Termasuk industri bidang lainnya, agar dapat terus maju, makin tangguh, dan berdaya saing tinggi," jelas Rizki.

Di masa depan ia berharap lebih banyak brand indonesia yang mampu berkarya dan tampil di luar negeri. “Hal ini selaras dengan program pemerintah untuk mendukung banyaknya brand lokal bisa go international dalam sektor perdagangan. Tentunya menjadi partner untuk kita menuju Indonesia yang lebih baik,” lanjutnya.

BACA JUGA : Ketua KONI Marciano Norman: PON XXI Aceh-Sumut 2024 Diharapkan Lahirkan Atlet Berprestasi

BACA JUGA :  Pembangunan Infrastruktur Dasar Batch I IKN Selesai Tahun Ini, Tahap II Dilanjut Tahun Depan

Beberapa tahun terakhir, data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa sektor perdagangan besar dan eceran tumbuh sebesar 5,05% secara year-on-year (YoY) pada kuartal kedua tahun 2024.

Hal ini didorong karena adanya peningkatan daya beli masyarakat dan berbagai inovasi yang dilakukan oleh para pelaku ritel, termasuk adopsi teknologi digital dan strategi omnichannel.

Senada dengan Rizki, Wakil Ketua Umum HIPPINDO sekaligus Ketua Panitia Harmony Award, Fetty Kwartati, menekankan pentingnya semangat harmoni dan kolaborasi, sesuai dengan tema acara penghargaan kali ini.

"Pada acara ini sesuai dengan judulnya Harmony, karena memang kita semua ada di sini. Karena kita merasa adanya harmoni. Harmony yang dimaksud di sini adalah Hari Ritel Modern, yang dikemas menjadi acara Harmony Award untuk mengapresiasi para anggota dan peritel. Termasuk pula untuk para non anggota, atas karya nyata yang sudah dilakukan oleh mereka,” ujar Fetty.

Fetty menambahkan, dengan adanya Harmony Award ini mampu dijadikan acuan dan motivasi bagi para peritel untuk terus berkembang. “Setiap program, acara dan juga inovasi terus dilakukan oleh HIPPINDO sebagai bentuk komitmen dalam menggerakan roda ekonomi dan menjadi mitra pemerintah serta membantu para anggota untuk bersama-sama, bermitra bersama, dalam memajukan ritel indonesia,” tambahnya.

BACA JUGA : Konjen RI Hamburg Sambut BPIP dan MPR, Kuatkan Pancasila di Hamburg

BACA JUGA : 22 Kelompok Relawan Gabungan Deklarasi Dukung Kemenangan Paslon Bupati Wakil Bupati Brebes Paramitha-Wurja

Pada kesempatan yang sama, Pengamat Komunikasi Pemasaran dan CEO Fortuna, Ratna Puspitasari, menyatakan “Penghargaan seperti Harmony Award ini menjadi bentuk apresiasi dan memberikan motivasi kepada seluruh pelaku industri ritel untuk berinovasi dan berkontribusi bagi kemajuan ekeomoni. Dengan begitu, saya optimis industri ritel Indonesia semakin maju dan mampu bersaing di pasar global,".

Penghargaan yang diberikan ditentukan dari berbagai kategoris nominiasi dan dipilih berdasarkan kontribusinya dalam memajukan industri ritel di Indonesia. Beberapa kategori dan peraih Harmony Awrad di tahun ini, meliputi:

1.Food and Beverages Retail of The Year 2024 Kafe: J.CO Donuts & Coffee (PT J.CO Donuts & Coffee, Johnny Andrean Group) diterima oleh Natasia Liu, International Franchise Director.

2. Food and Beverages Retail of The Year 2024 Restaurant: Sate Khas Senayan (CV. Sari Rasa Nusantara) diterima oleh Hady Gautama Gumulia, Business Development Director.

3. Convenience Store Retail of The Year 2024: Indomaret (PT Indomarco Prismatama) diterima oleh Feki Oktavianus, Executive Director.

4. Retail Big Store of The Year 2024: UNIQLO (PT Fast Retailing Indonesia) diterima oleh Irma Yunita, Corporate Affairs Director.

5. Electronic Retail of The Year 2024: Electronic City (PT Electronic City Indonesia Tbk) diterima oleh Lyvia Mariana, President Director.

6. Speciality Store Retail of The Year 2024: May May Salon (PT Mayindo Tritunggal) diterima oleh Lily Tanie, Founder.

7. UMKM Retail of The Year 2024: Batik Warisan (CV Anugrah Warisan Indonesia) diterima oleh Eli Djohan, Direktur.

8. Rookie Retail of The Year 2024: Janji Jiwa (PT Kurnia Boga Narayan) diterima oleh William Susanto, Direktur.

9. Fashion Retail of The Year 2024: Charles & Keith (PT. Kurnia Ciptamoda Gemilang) diterima oleh Haryanto Pratantara, Business & Operation Director.

10. Health and Beauty Retail of The Year 2024: Watsons Indonesia (PT Duta Intidaya Tbk) diterima oleh Lilis Mulyawati, President Director.

11. Lifetime Achievement "Lifetime Retail Achievement of The Year 2024
 - Brand Legend: Bakmi GM (PT. Griya Miesejati) diterima oleh Marsudi Singgih Lie, Komisaris Utama
 - Tokoh retail: Rachmat Sutiono (President Director Funworld) dan Marietta W. Narpati (Founder Madonna Accessories)

Pengumuman penghargaan Harmony Award ini juga menandai penutupan Indonesia Retail Summit (IRS) dan Harmony Award 2024 yang telah terselenggara dengan sukses. Fetty Kwartati menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah mendukung IRS 2024.

“Saya bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kelancaran pelaksanaan IRS 2024. Terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang mendukung acara ini, termasuk sponsor, pembina, pengurus, dan seluruh ekosistem HIPPINDO, terutama mitra strategis seperti BRI, Indosat, Coca-Cola, SKINTIFIC, ShopComm, ETP, PWC, dan lainnya," ujarnya.

Fetty juga menerangkan bahwa IRS pada tahun ini berlangsung selama dua hari yang terbagi menjadi 27 sesi, 30 ekxhibitor, 100 pembicara, 40 sponsor dan sekitar 400 pengunjung. Selain itu, ada peningkatan partisipasi pada tahun ini sebesar 30% dibandigkan tahun sebelumnya, dengan demikian HIPPINDO sangat berkontrisui dalam menggerakkan perekonomian, khususnya di sektor ritel.

“Kami berharap IRS berikutnya akan berkembang menjadi ajang nasional bahkan internasional, dengan kolaborasi bersama negara-negara tetangga seperti Thailand, Vietnam, dan Malaysia, membuka peluang baru bagi pelaku ritel Indonesia untuk berkembang di pasar internasional,” tambah Fetty.

BACA JUGA : Ekspansi ke Indonesia, Telcowin Berikan Solusi Customer Relationship Genjot Kinerja Bisnis dan Loyalitas

BACA JUGA : Gencarkan Edukasi Bahaya Narkoba, BNN Rutin Blusukan Sekolah Wilayah Tegal Brebes

Rizki Handayani Mustafa menekankan peran penting HIPPINDO bagi masyarakat Indonesia dan kepercayaannya terhadap institusi ini. “HIPPINDO adalah asosiasi yang memainkan peran vital dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, terutama dalam memenuhi kebutuhan pangan dan papan,” tambah Rizki.

Dengan hubungan yang erat dengan banyak kementerian dan lembaga, HIPPINDO menjadi tulang punggung berbagai sektor ekonomi, termasuk 17 sektor industri kreatif yang didorong oleh Kemenparekraf.

Rizki yakin bahwa HIPPINDO akan terus tumbuh dan berkembang, berinovasi serta berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memperkuat posisi produk-produk lokal dan menghadapi kompetisi global. 

“Saya mengapresiasi semangat inovasi dan kolaborasi yang ditunjukkan oleh HIPPINDO, serta energi positif yang tercermin dalam setiap acaranya. Pada acara hari ini, saya berharap semakin banyak anggota HIPPINDO yang turut serta, terutama dalam ajang penghargaan yang akan mengangkat brand-brand terbaik Indonesia,” terangnya.

Kiki juga berharap dengan populasi lebih dari 240 juta orang, Indonesia memiliki potensi pasar yang lebih besar dan HIPPINDO HIPPINDO berada di posisi strategis untuk memunculkan dan mendorong brand-brand lokal yang dapat bersaing di kancah nasional maupun internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: