Mengenal Cara Kerja Merek AC Terbaik Menghasilkan Udara Dingin Dalam Ruangan

Mengenal Cara Kerja Merek AC Terbaik Menghasilkan Udara Dingin Dalam Ruangan

Cara Kerja Merek AC Terbaik Menghasilkan Udara Dingin Dalam Ruangan--iStockphoto

Bagaimana caranya? Di luar ruangan terdapat satu box AC atau outdoor merek AC terbaik yang akan membuang panas dari freon.

Sehingga freon dapat disirkulasikan untuk mendinginkan udara secara terus menerus. Jadi, dari sini kamu tahu jika sistem pendingin udara itu terdiri dari dua kelompok komponen.

Yakni unit indoor AC untuk menurunkan suhu udara ruangan dan unit outdoor untuk mengkondisikan freon seperti awal. Antara kedua unit tersebut terhubung melalui dua buah selang untuk keluar masuk freon. 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, setelah menyerap panas suhu freon akan naik dan wujudnya berubah menjadi gas.

Itu artinya pada saluran keluar evaporator freon sudah berada dalam kondisi berwujud gas dan tidak dingin.

Freon ini dialirkan ke unit outdoor dan masuk ke bagian yang namanya kompresor. Nah, freon akan dinaikkan tekanannya di dalam kompresor ini.

BACA JUGA : 9 Tanda Merek AC Terbaik Milikmu Harus segera Dicuci, Nomor 3 Paling Penting

BACA JUGA : 5 Faktor Penyebab Freon Merek AC Terbaik Turun Performa, Lengkap Cara Mencegahnya

Jadi, setelah melewati kompresor tekanan freon naik, tetapi suhunya masih panas dan wujudnya juga masih gas.

Lalu, dari kompresor freon dialirkan ke kondensor. Di sini freon akan dikondensasikan. Caranya dengan menurunkan suhunya. Untuk menurunkan suhunya, freon akan dibagi ke tiap selang-selang kondensor.

Kemudian kipas kondensor AC menyala dan akan menghisap udara dari bagian belakang melalui kondensor ke bagian depan.

Hembusan udara bisa menurunkan suhu freon, karena tekanan freon yang tinggi. Sehingga mengakibatkan suhu pada freon akan turun dan wujudnya kembali menjadi cair.

Jadi, di saluran keluar kondensor kondisi freon sudah dingin dan wujudnya sudah menjadi cair. Setelah dari kondensor, freon disalurkan lagi ke komponen indoor.

Di sini freon akan masuk ke expansion valve. Expansion valve adalah komponen untuk membuat efek penurunan tekanan secara drastis. Ini diperlukan untuk menurunkan lagi suhunya.

Jadi, dalam posisi tekanan tinggi suhu freon memang sudah didinginkan, namun ketika tekanannya diturunkan secara teknis melalui teknis penyemprotan, suhunya akan turun secara drastis juga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube.com/@autoexpose