Wisata Terbaru 2024 Hutan Mangrove Kulon Progo, Sarana Rekreasi Sekaligus Edukasi

Wisata Terbaru 2024 Hutan Mangrove Kulon Progo, Sarana Rekreasi Sekaligus Edukasi

Senja di objek wisata terrbaru 2024 Hutan Mangrove Kulon Progo-jogjatourwisata.id-

diswayjogja.com – Selain menyuguhkan pantai yang indah, Jogja menyimpan destinasi wisata terbaru 2024 berupa alam yang memukau dan wajib unutk dijelajahi.

Salah satu objek wisata terbaru 2024 yang menawaran keindahan alamnya yaitu Hutan Mangrove Kulon Progo. Tempat ini merupakan kawasan konservasi sekaligus mencegah terjadinya abrasi.

Penasaran dengan tempat wisata terbaru 2024 Hutan Mangrove Kulon Progo yang satu ini? Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Tentang Hutan Mangrove Kulon Progo

Destinasi wisata terbaru 2024 Hutan Magrove Kulon Progo ini berdiri di atas lahan seluas 3 hektare. Tempat wisata ini dipehuni dengan hutan bakau yang rimbun sehingga pengunjung yang datang akan merasakan suasana adem dan sejuk saat berada di sini.

BACA JUGA : Bukit Ngisis: Destinasi Wisata Terbaru 2024 Kulon Progo, Simak HTM dan Tips Berkunjungnya

BACA JUGA : Air Terjun Sidoharjo, Salah Satu Wisata Terbaru 2024 Hidden Gems Kulon Progo

Berawal dari ide masyakat sekitar untuk menciptakan kawasan pencegah abrasi, wilayah konservasi mangrove yang ada di Kulon Progo berubah menjadi  destinasi wisata mengagumkan.

Objek wisata Hutan Mangrove ini dikelola secara langsung oleh warga Pasir Mendit yang terbagi ke dalam 3 area berbeda, diantaranya sebagai berikut:

Mangrove Jembatan Api-Api

Area yang pertama yaitu Mangrove Jembatan Api-Api yang berada di bagian tengah hutan. Di dalam area ini terdapat beberapa spot foto menarik untuk para pengunjung yang datang.

Spot foto yang paling popular yaitu jembatan gantung yang terbentang di atas Sungai Bogowonto dan menghubungkan hutan mangrove satu dengan yang lainnya.

Selain jembatan, area kawasan wisata terbaru 2024 Mangrove Jembatan Api-Api juga ada spot foto lainnya, misalnya seperti miniatur menara eifel setinggi 10 meter, spot foto kupu kupu, ayunan bambu dan lainnya

BACA JUGA : Destinasi Wisata Terbaru 2024 Kuliner Hidden Gems Kulon Progo, Sajikan Menu Tradisional Otentik

BACA JUGA : Puncak Suroloyo: Wisata Terbaru 2024 Menawarkan Keindahan Alam dan Budaya Kulon Progo

Mangrove Pantai Kadilangu

Di bagian timur kawasan wisata ini, ada area kedua yaitu Mangrove Pantai Kadilangu. Di tempat ini, pengunjung akan diajak berkeliling di hutan bakau menuju Pantai Kadilangu dengan menggunakan perahu.

Selama perjalanan ke Pantai Kadilangu ini, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan hutan bakau yang rimbun dan Goa Mangrove di dalamnya. 

Mangrove Wana Tirta

Area mangrove yang ketiga yaitu Mangrove Wana Tirta yang terletak di paling barat kawasan hutan ini. Tepatnya ada di muara Sungai Bogowonto dan merupakan wilayah konservasi serta tempat tinggal burung kuntul dan hewan kecil lainnya.

Di dalam area mangrove ini terdapat jogging track sepanjang 152 meter yang sering digunakan oleh wisatawan untuk menjelajahi hutan bakau. 

Lokasi Hutan Mangrove Kulon Progo

Sesuai dengan namanya, destinasi wisata terbaru 2024 ini berada di Kulon Progo, tepatnya di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulon Progo, Yogyakarta.

Lokasi objek wisata ini berada sangat dekat dengan Pantai Congot dan Sungai Bogowonto. Untuk mencapai ke kawasan wisata ini, pengunjung yang datang dari pusat Kota Jogja, harus menempuh jarak sekitar 46 km.

Selain itu, akses menuju lokasi wisata ini jalannya sudah halus dan aman untuk dilalui oleh kendaraan, baik roda dua maupaun roda empat.

BACA JUGA : Pantai Glagah: Wisata Terbaru 2024 Spot Eksotis Kulon Progo Dengan Laguna Indah

BACA JUGA : Glamping Jadi Tren, Simak Sederet Tempat Wisata Terbaru 2024 Kulon Progo

Jam Operasional dan HTM Hutan Mangrove Kulon Progo

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Hutan Mangrove ini, pihak pengelola kawasan wisata ini dibuka setiap hari mulai dari pukul 08.00-18.00 WIB.

Sementara harga tiket masuk ke objek wisata ini sangat murah, yaitu berkisar Rp 3.000-Rp 5.000 saja. Selain tiket, pengunjung juga akan dikenakan biaya parkir Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Demikian informasi seputar destinasi wisata terbaru 2024 Hutan Mangrove Kulon Progo. Jika berkunjung ke sini, jangan lupa simpan sampahmu untuk menjaga kelestatian kawasan wisata ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: