Cara Memperbaiki Putaran Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Dol

Cara Memperbaiki Putaran Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Dol

Cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki putaran merek mesin cuci terbaik yang dol-Wavebreak Media-freepik.com

diswayjogja.com - Jika usia pakai merek mesin cuci terbaik kamu sudah cukup lama, biasanya akan mulai timbul beberapa masalah. Salah satu masalah yang dapat terjadi yaitu tombol atau putaran mesin cuci dol.

Hal itu tentu akan berpengaruh pada proses pencucian, bahkan merek mesin cuci terbaik kamu bisa sampai rusak. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk tahu cara memperbaiki putaran mesin cuci yang dol.

Kamu juga perlu mengetahui tentang penyebab putaran merek mesin cuci terbaik dol. Ada 2 penyebab yang lumayan sering ditemukan seperti beban cucian terlalu berlebihan dan motor penggerak mesin cuci mengalami terbakar.

Hal itu mengakibatkan dinamo merek mesin cuci terbaik menjadi cepat panas. Kapasitor memiliki fungsi untuk melepaskan daya listrik saat mesin cuci dinyalakan pertama kali untuk memberikan tambahan tenaga putaran pada tabung.

BACA JUGA : Cara Mencuci Bantal di Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Benar

BACA JUGA : Tips Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik

Berikut beberapa cara memperbaiki putaran mesin cuci yang dol :

1. Mengecek kondisi kenop

Jika mesin cuci milik kamu masih memakai kenop yang diputar, maka masalah ini biasanya disebabkan karena kenop atau putaran pada mesin cuci yang sudah dol. Kamu dapat memerikssanya sendiri kondisi kenop dengan cara membuka baut yang ada di bagian belakang di atas mesin.

Dari sini seharusnya sudah dapat terlihat sumber dari masalahnya. Jika ternyata kondisi kenop sudah patah, maka kamu hanya perlu menggantinya dengan kenop yang baru. Kenop yang baru dapat dibeli di toko material.

2. Mengganti timer

Penyebab lainnya yaitu timer mesin cuci sudah tidak bisa berfungsi lagi dengan normal. Jika hal itu terjadi, maka harus kamu lakukan adalah mengganti timer mesin cuci yang rusak tersebut. Pastikan kamu beli timer baru yang memiliki  jenis yang sama dengan timer yang ada pada mesin cuci kamu.

Perhatikan juga berapa banyak jumlah kabelnya dan apa saja warna dari kabelnya. Timer yang baru wajib sama persis jenis dan ukurannya agar dapat kompatibel dan bekerja dengan baik.

BACA JUGA : Cara Mengecek Kapasitor Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Mudah

BACA JUGA : Tips Memilih Merek Mesin Cuci Terbaik Untuk Laundry Pemula

3. Lihat tutorial di YouTube

Salah satu solusi di zaman sekarang ini jika ada alat elektronik di dalam rumah yang sudah tidak dapat berfungsi lagi yaitu dnegan melihat tutorial di YouTube.

Hal ini juga dapat kamu lakukan untuk cari tahu bagaimana cara memperbaiki putaran pada mesin cuci yang sudah dol. Tersedia banyak video tutorial di YouTube yang dapat kamu pelajari.

4. Manfaatkan kartu garansi

Jika merek mesin cuci terbaik kamu masih termasuk baru karena penggunaannya belum mencapai 1 tahun dari waktu saat pembelian, seharusnya kartu garansi mesin cuci tersebut masih berlaku. Kamu dapat memanfaatkan layanan garansi tersebut.

Kamu bisa menghubungi nomor customer service merek mesin cuci kamu, kemudian kamu sampaikan permasalahan yang sedang kamu alami. Ada merek mesin cuci yang kemudian akan mengirimkan teknisi ahli untuk memeriksa mesin cuci di rumah kamu.

Tetapi, ada juga merek mesin cuci yang memberikan saran kepada kamu untuk membawa mesin cuci kamu ke tempat servis milik mereka. Kamu cukup mengikuti saja rekomendasi dari mereka sebab selama mesin cuci masih dalam masa garansi, kamu tidak akan dikenai biaya.

BACA JUGA : Tips Memilih Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Terbaik, Hemat Dan Awet

BACA JUGA : Merek Mesin Cuci Terbaikmu Cepat Rusak, Mungkin Hal Berikut Jadi Penyebabnya

5. Hubungi tukang servis

Apabila semua cara di atas sudah tidak dapat kamu lakukan, maka langkah yang terakhir yaitu dengan menghubungi tukang servis mesin cuci profesional. Serahkan saja mesin cuci kamu kepada ahlinya untuk mengecek dan memperbaiki mesin cuci kamu yang bermasalah tersebut.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki putaran merek mesin cuci terbaikmu yang dol. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: aqua elektronik indonesia