8 Penyebab Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Berputar, Begini Cara Mengatasinya

8 Penyebab Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Berputar, Begini Cara Mengatasinya

Penyebab Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Berputar Dan Cara Mengatasinya-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Pengering merek mesin cuci terbaik yang tidak bisa  berputar memang menjadi salah satu tanda dari mesin cuci yang sedang mengalami kerusakan.

Tetapi apabila kamu mengalami masalah pada pengering merek emsin cuci terbaik, kamu tidak perlu khawatir karena masalah itu masih dapat diperbaiki oleh seorang teknisi ahli yang tepat.

Sehingga penting bagi kamu untuk mengetahui berbagai hal penyebabnya supaya dapat menentukan cara yang tepat untuk mengatasi pengering merek mesin cuci terbaik tidak berputar atau sebagai langkah dalam pencegahannya.

Sebenarnya, kerusakan pada pengering merek mesin cuci terbaik merupakan masalah yang umum terjadi pada mesin cuci 2 tabung. Sebelum kamu memahami cara memperbaikinya, cari tahu dahulu penyebabnya berikut ini.

BACA JUGA : 7 Tips Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung dan 2 Tabung Agar Awet

Penyebab pengering mesin cuci tidak berputar :

1. Dinamo mesin rusak

Cara mengatasinya yaitu dengan perbaiki atau ganti dinamo atau komponen pendukung yang rusak. Sambungkan komponen kabel yang ada di sekitar dinamo yang putus atau terpisah.

2. Kabel putus

Biasanya hal ini sering terjadi dikarenakan gigitan tikus atau kebiasaan kamu menarik kabel secara kuat-kuat ketika kabel menempel pada stop kontak.

3. Tali rem putus

Komponen rem memiliki fungsi untuk membuat dinamo berputar atau berhenti dengan konstan saat pintunya dibuka. Jika tali rem terputus, maka dinamo akan membuat putaran pengering mesin cuci berhenti, akibatnya tidak dapat bekerja sama sekali.

4. Komponen pegas timer rusak

Kerusakan yang terjadi pada pegas biasanya akibat dari kondisinya yang sudah aus dikarenakan sudah lama dipakai atau ada gangguan serangga seperti kecoa dan semut.

BACA JUGA : Ciri-Ciri Dinamo Merek Mesin Cuci Terbaik Rusak, Ini Penyebabnya

5. Beban pakaian berlebihan

Sebaiknya kamu cari tahu kapasitas maksimal dari mesin cuci agar kamu dapat menggunakannya dengan optimal.

6. Tenaga kapasitor melemah

Tenaga kapasitor bisa lemah karena seiring bertambahnya usia penggunaan merek mesin cuci terbaik yang bisa berimbas secara menyeluruh, termasuk juga pada rotasi pengeringnya.

7. Door switch (saklar pintu)

Saklar pintu atau door switch merupakan komponen yang paling rentan mengalami kerusakan saat terkena air.  Jika sensor door switch terkena air, maka akan membuatnya rusak dan membuat pengering jadi gagal untuk berputar.

8. Kapasitor terbakar

Cek kapasitor mesin cuci, apabila pengeringnya tidak mau berputar bisa berimbas pada kinerjanya dan bahkan bisa membuatnya tidak berfungsi. Biasanya kapasitor akan mengalami penurunan fungsinya seiring bertambahnya usia mesin cuci yang disertai juga dengan pemakaian pengering terus menerus.

BACA JUGA : Cara Mencuci Baju Dalam Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Benar

Cara perbaiki pengering merek mesin cuci terbaik tidak berputar :

1. Matikan mesin cuci kemudian cabut kabel listriknya dari stop kontak.

2. taruh kain yang bertekstur lembut dan tebal di samping mesin cuci sebagai alas saat mesin tersebut direbahkan. Cek tiap komponen mesin cuci dengan cermat, seperti tali rem, kapasitor, dinamo, door switch, dan timer.

3. Apabila penyebab kerusakan sudah ditemukan, kamu bisa segera ganti komponen pengering yang rusak dengan yang baru.

4. Sebelum menyelesaikan proses perbaikan, bersihkan saluran pembuangan air dulu. Lepas pengunci di saluran pembuangan lalu tarik selang karet pengering yang warnanya hitam. Keluarkan seluruh kotoran yang menyumbat pada saluran tersebut. Apabila kondisi saluran pembuangan telah bersih, kamu sudah dapat memasangnya kembali.

BACA JUGA : Jangan Asal-Asalan, Begini Cara Membawa Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Aman

Itulah beberapa penyebab dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi pengering merek mesin cuci terbaik tidak bisa berputar. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: aqua elektronik indonesia