Cara Mudah Memperbaiki Remote Merek AC Terbaik Tidak Berfungsi

Cara Mudah Memperbaiki Remote Merek AC Terbaik Tidak Berfungsi

Cara Mudah Memperbaiki Remote Merek AC Terbaik Tidak Berfungsi -www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Pada saat kamu melakukan pembelian merek AC terbaik tentunya akan dilengkapi dengan remote untuk mengoperasikan AC tersebut. Jadi semua control yang terdapat di AC dapat dikontrol dengan memakai remote AC.

Namun terkadang untuk remote merek AC terbaik mengalami sebuah kendala atau permasalahan pada remote AC yang tidak dapat berfungsi. Meskipun semua tombol yang terdapat di bagian remote AC sudah ditekan-tekan juga tetapi tetap sama saja tidak ada sebuah perubahan, alias remote AC sudah tidak berfungsi lagi.

BACA JUGA : Mitos atau Fakta, Merek AC Terbaik Rusak Jika Tidak Dipakai, Simak Ulasannya

Untuk keadaan kerusakan pada remote AC yang tidak berfungsi ini biasanya disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya yaitu akibat dari remote merek AC terbaik sering terjatuh di lantai, remote AC kotor, remote AC tidak pernah diganti baterai, sehingga baterai habis dan membuat remote AC jadi tidak berfungsi.

Kerusakan yang terjadi di remote AC dapat diperbaiki dengan beberapa cara. Penjelasan lengkapnya ada  di bawah ini penyebab kerusakan remote merek AC terbaik yang tidak berfungsi beserta cara mengatasinya.

Penyebab kerusakan remote AC yang tidak berfungsi :

- Baterai remote dalam keadaan sudah habis

- Remote AC keadannya sudah kotor

- Konektor baterai telah berkarat

- Jalur pcb pada remote AC ada yang sudah putus

- Remote AC sering terbentur atau jatuh

BACA JUGA : Jangan Dibuang, Berikut Manfaat Air Merek AC Terbaik

Berikut cara memperbaiki remote merek AC terbaik yang tidak berfungsi :

1. Cek kondisi baterai remote AC

Langkah pertama ketika remote AC tidak berfungsi ketika tombolnya ditekan-tekan, kemungkinan kerusakan tersebut asalnya dari baterai remote AC yang sudah habis. Jadi dapat mengganti baterai remote AC dengan baterai yang baru.

Hal ini karena untuk remote AC atau juga pada remote alat yang lainnya kemungkinan besar jarang diganti baterainya. Kalau memang penggunaan remote AC yang sudah sangat lama, maka kamu langsung saja mengganti baterai remote AC tersebut.

2. Cek konektor penghubung baterai

Selain mengecek di bagian baterai remote AC, periksa juga keadaan penghubung baterai yang biasanya bentuknya seperti per untuk menghubungkan antara kutub positif dengan kutub negatif baterai.

Bisa juga konektor penghubung pada baterai remote AC kondisinya semua sudah berkarat, kemungkinan besar hpenyebab dari hal ini yaitu karena remote AC yang masa pakainya sudah terlalu lama atau remote AC pada tempat meletakkan baterai kondisinya lembab sehingga mengakibatkan konektor baterai tersebut karatan.

Solusi untuk masalah ini dengan cara ganti konektor baterai yang berbentuk seperti per tersebut dengan yang baru.

BACA JUGA : Mitos atau Fakta, Merek AC Terbaik Rusak Jika Tidak Dipakai, Simak Ulasannya

3. Cek jalur PCB remote AC

Untuk memastikan apakah ada kerusakan pada bagian alur PCB, kamu bisa membongkarnya bongkar terlebih dahulu kasing dari remote merek AC terbaikmu. Setelah sudah dibongkar kasing remotenya, langsung bersihkan jalur PCB yang ada debu ataupun kotoran terutama pada seluruh jalur tombol pada remote AC.

Setelah sudah membersihkan jalur PCB dari remote AC, coba tes remote AC tersebut. Jika memang sudah dapat berfungsi kembali remote ACnya. Dapat dipastikan jika kerusakan asalnya memang dari jalur PCB remote AC yang sudah kotor.

Apabila remote ACnya memang belum dapat berfungsi, cek seluruh alur PCB tersebut, bisa jadi kerusakan itu asalnya di salah satu dari jalur PCB remote AC yang telah putus. Telusuri jalur PC pada remote AC yang putus tersebut, kemudian segera kamu sambung mdengan memakai solder supaya remote dapat digunakan lagi.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki remote merek AC terbaik yang tidak bisa berfungsi dengan seharusnya. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: alfian teknik