Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Bocor Banyak Mengeluarkan Air, Periksa Bagian Ini

Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Bocor Banyak Mengeluarkan Air, Periksa Bagian Ini

Cara Mengatasi Kulkas Bocor yang Banyak Mengeluarkan Air-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik menjadi salah satu peralatan elektronik yang saat ini tidak sedikit orang yang memilikinya. Kulkas ini difungsikan sebagai tempat untuk penyimpanan bahan makanan agar bisa bertahan lebih lama karena sifat pendinginannya.

Maka dari itu, dengan fungsi merek kulkas terbaik tersebut, penting bagi kita untuk merawat kulkas supaya nyaman untuk digunakan. Karena jika terdapat satu masalah yang terjadi, maka kulkas tidak akan bekerja sebagaimana seharusnya.

Misal terdapat kebocoran atau air yang keluar dari bodi merek kulkas terbaik. Itu tidak hanya akan mempengaruhi fungsinya, tetapi kulkas yang bocor juga dapat merusak lantai dan memicu tumbuhannya jamur.

Kebocoran yang terjadi pada merek kulkas terbaik disebabkan oleh banyak hal, seperti masalah kerusakan pada elemen kulkas atau kulkas sudah terlalu usang.

BACA JUGA : Suhu Sempurna Dalam Freezer Merek Kulkas Terbaik Untuk Menjaga Makanan Tetap Segar

Berikut ini penyebab kulkas bocor dan cara mengatasinya :

1. Selang pembuangan es mencair tersumbat

Jika kulkas mengeluarkan air, maka penyebab salah satunya yaitu selang pembuangan yang tersumbat. Selang ini ada di bawah kompartemen freezer, di bagian bawah laci produk, atau di bagian belakang kulkas.

Penyebabnya sumbatan tersebut bisa karena makanan ataupun kotoran yang lain yang masuk ke dalam selang. Apabila hal iitu terjadi, maka kondensasi tidak bisa mengalir melalui saluran pembuangan dan mengakibatkan air akan kembali ke atas lalu mengalir ke lantai.

Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat memaksa air keluar lewat lubang pembuangan dengan memakai kain untuk menghilangkan kotorannya.

Kamu juga bisa gunakan pembersih pipa untuk menghilangkan sumbatannya. Kemudian, Selang pembuangan tersebut dan katup pembuangan yang dipasang dibersihkan menggunakan air dan sabun.

2. Panci pembuangan retak

Panci yang letaknya di bawah kulkas berguna mengumpulkan kondensasi yang menetes dari sirip evaporator. Biasanya, air di bak pembuangan akan menguap, jadi tidak perlu dikosongkan.

Tetapi apabila saluran pembuangannya sudah retak atau pecah, maka akan membuat air merembes ke lantai dapur. Cara mengatasinya kamu bisa ganti panci pembuangan tersebut dengan yang baru.

3. Saluran air bocor

Tidak semua merek kulkas terbaik memiliki saluran air. Apabila kulkas yang kamu tidak memiliki air atau pembuat es internal, maka saluran air yang bocor bukanlah sebuah masalah. Tetapi jika kamu yang punya kulkas ada saluran airnya, kebocoran jadi masalah.

Saluran air yang bocor penyebabnya karena retak atau sambungan katup sudah kendor. Periksa saluran air dan katup masuk pada bagian belakang kulkas. Apabila katup bocor, kencangkan sambungannya. Apabila cara ini tidak dapat berhasil, maka kamu harus ganti katupnya.

Saluran air yang mengalir pada kulkas dapat terjepit atau retak, sehingga mengakibatkan air merembes ke lantai. Cara untuk mengatasi masalah ini potong selang yang telah rusak dan sambungkan lagi ke katip atau bisa juga ganti selang secara keseluruhan.

BACA JUGA : Langkah Mudah Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Dan Menghilangkan Baunya

4. Sambungan filter air longgar atau usang

Apabila filter sudah kendor, maka air akan bocor ke arah keluar dari filter dan mengalir menuju ke lantai. Sehingga mengakibatkan adanya genangan di bawah kulkas.

Apabila kamu menduga filter sedang bermasalah, maka lepas filter lalu pasang kembali. Keadaan ini dapat mengatasi masalah jika filter kendor atau tidak terpasang secara tepat.

Tetapi apabila ada masalah lebih lanjut, filter tersebut harus diganti yang baru dan pasang sesuai dengan petunjuk pemasangan.

5. Peningkatan akumulasi kondensasi

Panci tetesan dibuat untuk mengumpulkan seluruh kondensasi yang terbentuk pada sirip evaporator. Panci tetes biasanya tidak dikosongkan sebab airnya akan menguap.

Tetapi jika kulkas pintunya dibiarkan terbuka atau kelembapan di rumah sedang sangat tinggi, maka jumlah kondensasi bisa meningkat yang berakibat wadah tetesan meluap ke lantai.

Kebocoran kulkas bisa diatasi dengan cara menutup pintu kulkas agar tekanan lat bisa berkurang dan jumlah kondensasi yang terjadi pada sirip evaporator juga berkurang.

Kemudian sediakan dehumidifier di dapur atau kosongkan wadah pembuangan dengan manual ketika kelembapan ruangan sedang tinggi.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi merek kulkas terbaik yang bocor mengeluarkan air dalam jumlah banyak. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: