Merek Kulkas Terbaikmu Bergetar Dan Bunyi Tek-Tek, Simak Solusi Mengatasinya

Merek Kulkas Terbaikmu Bergetar Dan Bunyi Tek-Tek, Simak Solusi Mengatasinya

Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Yang Bergetar Dan Bunyi Tek-Tek-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Ketika merek kulkas terbaik di rumah kamu tiba-tiba mengeluarkan suara tek tek atau suara brisik lainnya, kamu perlu mencermatinya secara lebih lanjut.

Karena suara berisik yang terjadi pada merek kulkas terbaik bisa menjadi pertanda bahwa mesin kulkas mengalami masalah. Kamu perlu mencari tahu cara untuk mengatasi kulkas yang bunyi tek tek tersebut.

Merek kulkas terbaik yang mengalami masalah, tentu tidak dapat bekerja dengan semestinya. Proses pendinginannya juga akan menjadi tidak optimal sehingga makanan yang tersimpan di dalam kulkas jadi berkurang kesegarannya dan tentu akan merugikan kamu.

Mungkin kamu berpikir suara bising dari merek kulkas terbaik hanya terjadi pada kulkas yang usianya sudah tua. Kulkas yang usianya masih muda juga bisa mengalami hal tersebut.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui penyebab merek kulkas terbaik bergetar beserta cara untuk mengatasi kulkas yang mengeluarkan bunyi tek tek.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu Bagian Bawah Tidak Dingin, Ini Penyebabnya

Berikut penyebab merek kulkas terbaik bergetar dengan keras :

1. Kompresor kulkas rusak

Jika kompresor kulkas mengalami masalah, maka kinerja kulkas akan terganggu. Karena kompresor merupakan komponen penting dari kulkas yang bertugas untuk membuat kulkas dapat menghasilkan suhu yang dingin.

Jadi, jika kulkas sdirasa sudah tidak dingin lagi, mungkin penyebabnya adalah masalah pada kompresor kulkas.

Tanda lain dari kompresor kulkas yang usak yaitu timbul suara berdengung atau suara tek tek dari kulkas. Penyebab kompresor yang rusak bisa karena terdapat salah satu komponen dari kulkas yang mengalami aus.

Cara mengatasinya yaitu mengganti komponen yang sudah usang dengan komponen yang baru.

2. Kumparan kondensor kotor

Fungsi dari kumparan kondesor yaitu untuk mengangkut cairan pendingin ke freezer dan ke kulkas. Jika kulkas sudah lama digunakan, maka kumparan bisa berdebu. Hal ini dapat mengurangi efektivitas dari proses transfer cairan pendingin. Cara mengatasinya dengan membersihkan koil kondensor minimal 1 tahun sekali.

3. Bagian freezer rusak

Freezer yang rusak bisa kamu tandai dengan adanya penumpukan bunga es di dalamnya. Freezer yang mengalami kerusakan bisa juga karena tadanya komponen atau kabel yang mengalami kerusakan atau karena adanya pemutusan.

Cara mengatasinya yaitu dengan memanggil teknisi ahli untuk memeriksa kondisi freezer secara keseluruhan sekaligus memperbaiki freezer yang rusak supaya kulkas tidak lagi mengeluarkan bunyi dengung.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Kaca Merek Kulkas Terbaik Jenis Showcase Dengan Mudah Dan Aman

4. Tegangan listrik tidak stabil

Kondisi tegangan listrik yang sering byar-pet, sebaiknya kamu atasi terlebih dahulu. Karena keadaan tegangan listrik ikut serta dalam menentukan kesehatan pada peralatan elektronik di dalam rumah kamu, termasuk juga pada kulkas. Dalam jangkawaktu yang cukup panjang, peralatan elektronik di rumah bisa cepat mengalami kerusakan.

Jika tegangan listrik di rumah kamu tidak stabil, maka kompresor kulkas akan mengeluarkan suara brisik secara terus menerus.

Cara mengatasi masalah ini kamu bisa gunakan stabilizer untuk menstabilkan tegangan listrik dan arus.

Apabila masalah ini sudah bisa teratasi, maka suara bising dari kulkas kamu juga akan berhenti.

5. Ada baut yang longgar

Terkadang penyebab alat elektronik yang mengalami masalah cukup sederhana, misal seperti terdapat salah satu atau beberapa komponen dari alat elektronik tersebut yang longgar.

Begitu juga yang terjadi pada kulkas, bisa jadi gangguan tersebut penyebabnya karena salah satu baut dari kulkas ada yang longgar. Jadi, pastikan bahwa kamu juga memeriksa hal ini ketika kulkas kamu bergetar atau mengeluarkan suara yang berisik.

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu Di Bawah Rp2 Juta; Tanpa Bunga Es

Suara brisik dari kulkas kamu asalnya bisa dari kulkas bagian belakang. Hal ini kemungkinan penyebabnya yaitu baut kompresor yang longgar.

Cara mengatasi masalah tersebut yaitu cukup kamu kencangkan baut yang longgar tersebut. Kulkas  juga tidak akan mengeluarkan suara yang berisik lagi.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi merek kulkas terbaik yang bergetar dan mengeluarkan bunyi tek-tek. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: