Penyebab Suhu Freezer Merek Kulkas Terbaik Tidak Stabil, Begini Cara Mengatasinya

Penyebab Suhu Freezer Merek Kulkas Terbaik Tidak Stabil, Begini Cara Mengatasinya

Penyebab Suhu Freezer Merek Kulkas Terbaik Tidak Stabil-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Salah satu fungsi utama dari merek kulkas terbaik yaitu untuk mendinginkan bahan makanan dan minuman agar bahan makanan tersebut tidak mudah basi

Tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa kadang-kadang suhu di dalam merek kulkas terbaik khususnya pada bagian freezer tidak stabil.

Sehingga, hal ini bisa menyebabkan bahan makanan atau minuman yang tersimpan di dalam freezer merek kulkas terbaik  jadi tidak bisa dingin dengan maksimal.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui penyebabnya suhu pada freezer merek kulkas terbaik yang tidak stabil, hal ini agar terhindari dari terjadinya pendinginan yang tidak maksimal.

BACA JUGA : Cara Menyimpan ASI Dalam Freezer Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu Agar Lebih Awet

Berikut penyebab suhu freezer kulkas tidak stabil :

1. Freezer terlalu penuh

Sisakan sedikit jarak antar makanan agar udara dingin di dalam freezer dapat bersirkulasi dengan baik. Karena jika freezer terlalu penuh dan udara tidak dapat bersirkulasi dengan baik, maka suhu di dalam freezer akan meningkat.

2. Freezer burn

Freezer burn merupakan sebuah kondisi dimana terdapat bunga es di dalam freezer yang sudah terlalu tebal, sehingga lubang udara akan tertutup oleh bunga es.

Padahal lubang udara tersebut penting untuk menyebarkan udara dingin ke seluruh mesin agar suhu bisa tetap dingin.

Jika lubang udara tersebut tersumbat, maka akan mengakibatkan suhu di dalam kulkas meningkat.

Cara mengatasinya yaitu bersihkan freezer atau kulkas secara berkala. Matikan terlebih dahulu dan buka pintunya di depan kipas angin.

Angin yang berasal dari kipas angin dan suhu di dalam ruangan rumah kamu lama kelamaan akan membuat bunga es tersebut mencair, sehingga bunga es yang ada di dalam freezer akan menghilang.

BACA JUGA : Pahami Penyebab dan Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Bocor Air Bagian Bawah

Tetapi, jangan sampai lupa untuk menaruh wadah di bawah kulkas, agar air yang menetes dari dalam kulkas tidak membuat rumah kamu jadi basah.

3. Kerusakan kunci freezer

Kerusakan yang terjadi pada pintu ataupun kunci pintu merek kulkas terbaik dan freezer juga bisa menyebabkan suhu di dalam kulkas naik turun.

Hal ini karena pintu merek kulkas terbaik berfungsi untuk menjaga agar udara dingin tetap ada di dalam kulkas, dan udara panas dari luar tidak akan bisa masuk ke dalam kulkas.

Oleh sebab itu, apabila pintu kulkas kamu rusak atau terlalu sering membuka, maka udara panas dari luar akan lebih sering untuk masuk ke dalam freezer dan membuat suhu frezer jadi hangat.

Pastikan juga bahwa kunci pintu kulkas kamu tidak kotor atau mengalami kerusakan. Kunci freezer pada umumnya berbahan plastik dan ada di sudut atas dan di bawah kulkas.

Semakin lama kamu menggunakan kulkas, maka akan semakin membuat kunci kulkas jadi kotor dan rusak. Bersihkan dengan teratur memakai lap dan jika rusak, hubungi segera teknisi kulkas yang terdekat.

BACA JUGA : Ciri-Ciri Merek Kulkas Terbaikmu Boros Listrik, Berikut Cara Mengatasinya

4. Masalah pada ventilasi udara freezer

Merek Kulkas Terbaik memerlukan sirkulasi udara yang lancar. Selain melalui pintu kulkas, sirkulasi udara juga bisa melalui air ventilator yang pada umumnya berada di belakang kulkas atau di samping kulkas.

Sirkulasi udara pada air ventilator tidak akan bisa bekerja dengan maksimal jika terdapat barang yang berada di samping atau di belakang freezer kulkas atau terlalu mepet pada tembok.

Oleh karena itu, Letakkan kulkas atau freezer kulkas di lokasi yang tepat. Jangan terlalu mepet tembok dan sedikit jauh dari alat dapur lain yang bisa menimbulkan panas seperti microwave ataupun oven.

5. Masalah pada thermostat

Thermostat berfungsi menjaga suhu di dalam freezer supaya stabil dan sesuai dengan tingkat yang pengguna inginkan. Biasanya ada di belakang tombol pengaturan suhu kulkas.

Masalah yang terjadi pada thermostat sama dengan masalah pada suhu freezer kulkas yang tidak bisa menyesuaikan dengan pengaturan yang sudah diatur oleh pengguna atau keadaan di dalam kulkas itu sendiri.

Oleh sebab itu, apabila suhu kulkas di rumah kamu tidak stabil karena masalah ini, sebaiknya kamu segera beli dan pasang thermostat baru.

BACA JUGA : 5 Tanda Merek Kulkas Terbaik Milikmu Harus Segera Diganti, Pahami agar Terhindar Masalah Serius

6. Condenser coil kotor

Condenser coil merupakan alat yang bertugas menyebarkan udara panas dari dalam freezer atau kulkas ke area sekitarnya.

Sehingga jika condenser coil tersebut kotor, maka udara panas akan terjebak di dalam kulkas yang mengakibatkan kulkas ataupun freezer jadi tidak dingin atau suhunya jadi tidak stabil.

Pada umumnya condenser coil terletak di belakang kulkas pada bagian bawah. Bersihkan 6 bulan sekali memakai sikat gigi yang tidak terpakai atau alat yang khusus untuk membersihkan condenser coil.

Itulah beberapa penyebab suhu freezer merek kulkas terbaik tidak stabil. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: