247 ASN Dilantik, Sekda DIY ; Pejabat Fungsional Ujung Tombak Tiap OPD

247 ASN Dilantik, Sekda DIY ; Pejabat Fungsional Ujung Tombak Tiap OPD

Sebnyak 247 ASN Pejabat Fungsional di lingkup Pemda DIY dilantik-DOK-

DISWAYJOGJA – Sekda DIY Beny Suharsono melantik dan mengambil sumpah 247 ASN Pejabat Fungsional di lingkup Pemda DIY. Dalam kegiatan yang ditempatkan di Bangsal Wiyatapraja, Kamis, 11 Juli 2024 lalu, Beny menegaskan bahwa hadirnya pejabat fungsional tidak hanya sekadar formalitas semata.

”Hadirnya pejabat fungsional menjadi sebuah langkah nyata dalam meningkatkan kualitas layanan publik di DIY. Pejabat fungsional menjadi ujung tombak, menjadi garda terdepan sekaligus profesional unggul dari setiap OPD,” ungkap Beny.

BACA JUGA:132 Pejabat DIY Dilantik, Wajib Tahu 5 Esensi Rekonstruksi Organisasional

Beny menjelaskan, 247 ASN Pejabat Fungsional yang disumpah terdiri dari 12 orang dari unsur PNS dan 235 orang dari unsur PPPK. Menurut dia, pelantikan ini harus dimaknai sebagai lahirnya semangat dan peran baru. Hal itu sekaligus menjadi pengejawantahan amanah penyederhanaan birokrasi, menuju tataran kaya fungsi dalam semangat inklusivitas.

“Transformasi tugas dan fungsi ini tentu tidak sederhana. Transformasi ini menuntut setiap pejabat fungsional untuk terus mengembangkan kompetensinya. Di tengah meningkatnya kompleksitas kebutuhan masyarakat serta dinamika yang tak henti-hentinya, pengembangan kompetensi menjadi suatu keharusan yang tak bisa ditawar,” paparnya.

Beny menuturkan, perlu dipersiapkan berbagai mekanisme pengembangan kualitas dan profesionalisme bagi Pejabat Fungsional. Sertifikasi, diklat resmi, dan mekanisme lainnya harus menjadi instrumen penting. Selain itu, pejabat fungsional juga perlu dielaborasi dengan pendekatan inovatif. Misalnya model community of practice dan digital knowledge-based lintas OPD.

BACA JUGA:Kepala dan Pejabat BPIP Melayat ke Rumah Duka Peserta Seleksi Paskibraka di Sukabumi

“Upaya ini tak lain untuk menyatukan visi dan misi kita Bersama. Dimana dalam filosofi Jawa dikenal sebagai konsepsi Satya Wacana. Yakni bersatunya kata dan perbuatan untuk mencapai tujuan bersama. Kepada para pejabat fungsional yang dilantik hari ini, saya ucapkan selamat bekerja dan mengabdi di ketugasan baru,” imbuhnya.

Beny menuturkan, pejabat fungsional dari unsur PPPK yang dilantik akan menerima tunjangan atas jabatan fungsionalnya. Harapannya akan menjadi motivator nyata yang membangkitkan semangat, dedikasi, dan kinerja PPPK. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: