Bahaya Jarang Melakukan Perawatan Merek AC Terbaik Secara Rutin

Bahaya Jarang Melakukan Perawatan Merek AC Terbaik Secara Rutin

Bahaya Jarang Melakukan Perawatan Merek AC Terbaik Secara Rutin-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Perawatan unit merek AC terbaik di kantor yang meliputi pencucian AC dan service rutin AC kantor perlu dilakukan secara berkala supaya unit AC bisa bekerja dengan optimal.

Salah satu masalah yang sering dikeluhkan apabila kita jarang melakukan pencucian merek AC terbaik dan service berkala yaitu AC akan terasa tidak dingin.

Merek AC terbaik yang tidak dingin dan hanya mengeluarkan udara panas saja seringkali dikeluhkan oleh karyawan yang bekerja di kantor tersebut.

Suasana dan kondisi di dalam ruang kantor yang terasa panas membuat karyawan merasa tidak nyaman. Bahkan, berdampak di pekerjaannya menjadi kurang produktif tanpa menggunakan merek AC terbaik.

Tetapi perlu diketahui, dampak dari jarang dilakukan pencucian terhadap merek AC terbaik secara berkala ataupun service secara rutin tidak hanya mengakibatkan AC tidak bisa dingin saja.

BACA JUGA : Kondensor Merek AC Terbaik: Pengertian, Fungsi dan Tips Membersihkannya, Simak Sampai Selesai

Untuk penggunaan AC di kantor terdapat 2 jenis tipe AC yang pada umumnya digunakan. Biasanya kantor baik yang beukuran kecil ataupun perusahaan yang besar akan memakai AC jenis split atau menggunakan AC jenis  cassette.

AC Split merupakan jenis AC yang sering ditemukan dan banyak dipakai di dalam rumah ataupun di ruko atau perkantoran yang ukurannya kecil. AC Split memiliki 2 komponen utama yang terpisah, yaitu unit pendingin yang pemasangannya di dalam ruangan dan unit berbentuk kipasberguna untuk membuang panas yang ada di luar ruangan

AC Cassette merupakan AC yang sama dengan AC Split karena memiliki 2 unit, bedanya pada AC Cassette dipasang di plafon ruangan, sedangkan AC Split dipasang pada dinding ruangan.

AC tipe ini cocok dipakai di ruangan kerja atau di ruangan untuk meeting yang ukuran ruangannya besar karena pendinginannya akan lebih optimal dibandingkan dengan memakai beberapa AC tipe Split.

Terlepas dari tipe AC yang dipakai, baik itu jenis AC Split maupun jenis AC Cassette, harus dilakukan perawatan secara berkala. Karena AC yang tidak dirawat dengan rutin bisa menimbulkan berbagai macam masalah diantaranya seperti :

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Merek AC Terbaik Daikin 1/2 PK, Berikut Spesifikasi Dan Keunggulannya

1. Debu dan Kotoran Menumpuk

Merek AC terbaik yang jarang dicuci bisa menyebabkan kotoran dan debu akan menumpuk di bagian dalam dari unit AC, baik itu bagian unit indoor AC ataupun bagian outdoor.

Debu yang menumpuk di bagian filter dari unit indoor AC misalnya, bisa mengakibatkan AC kamu tidak bisa bekerja secara optimal. Selain itu juga filter AC yang sudah kotor dan penuh dengan debu bisa menjadi sarang penyakit.

2. AC Terasa Panas

Kotoran dan debu yang menumpuk di AC kamu akan berakibat pada AC yang tidak bisa bekerja untuk mendinginkan ruangan dengan optimal. Akibatnya meski AC sudah dinyalakan dalam waktu lama atau diatur di suhu yang rendah, tetapi ruangan kamu tidak akan terasa dingin sama sekali.

3. Tagihan Listrik jadi Lebih Mahal

Filter AC yang kotor akan membuat AC tidak bisa maksimal dalam mendinginkan ruangan. Hal ini akan berdampak langsung di biaya pemakaian AC dan tagihan listrik di rumah kamu juga akan menjadi lebih mahal karena AC akan bekerja 2x lipat lebih berat untuk mendinginkan ruangan kamu.

4. AC jadi Cepat Rusak

AC yang jarang dilakukan service dan dilakukan perawatan secara berkala bisa berisiko mempunyai usia penggunaan yang lebih pendek dan rentan megalami rusak. Sehingga mengakibatkan AC kamu akan sering mengalami kerusakan dan membuat biaya yang kamu keluarkan akan lebih besar untuk melakukan perbaikan AC dan penggantian AC dibanding dengan biaya perawatan AC ataupun service AC secara berkala.

Itulah bahayanya apabila kamu jarang melakukan perawatan terhadap merek AC terbaik kamu secara rutin. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: