Libur Sekolah, Lapak Sepeda Bekas di Kecamatan Bumiayu Brebes Ramai Pembeli

Libur Sekolah, Lapak Sepeda Bekas di Kecamatan Bumiayu Brebes Ramai Pembeli

SIAPKAN- Penjual sepeda bekas mempersiapkan dagangannya di tengah meningkatnya penjualan pada musim libur sekolah kali ini.-TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES-

BUMIAYU, DISWAYJOGJA - Libur panjang sekolah, ternyata juga menjadi ladang rezeki bagi para penjual sepeda bekas yang ada di Kecamatan Bumiayu. Bahkan, para penjual sepeda bekas mengaku omzet penjualan mereka, naik dua kali lipat dibanding hari-hari biasanya.

Iyus Yusuf, salah seorang pedagang di pinggir jalan utama Bumiayu wilayah Damsari mengatakan, penjualan sepeda bekas turut terdongkrak seiring dengan berlangsungnya libur panjang sekolah ini. Setiap hari, dia bisa melayani lebih dari 5 unit sepeda untuk di beli warga.

BACA JUGA:Perkantoran, Sekolah, Hingga Fasyankes di Brebes Jadi Zona Larangan Merokok

"Kenaikannya sangat terasa dibandingkan dengan hari-sebelumnya. Orang tua beli sepeda bekas, karena harganya separo lebih murah dari sepeda baru," ungkapnya, Rabu, 10 Juli 2024.

Harga yang ditawarkan untuk sepeda bekas di tempatnya berjualan mulai harga Rp 250 ribu hingga Rp 500 ribu lebih. Dia mengaku mengutamakan servis kepada pembeli. Karenanya, meskipun bekas, namun sepeda-sepeda tersebut terlihat seperti baru.

"Kebanyakan permintaan untuk jenis BMX dan juga sepeda mini (perempuan), saya juga siap untuk perbaikan jika ada kerusakan," kata Iyus.

Untuk bisa melayani pembeli, dia dibantu dua orang mekanik. Bahan sepeda yang didapat, dia setting ulang sebelum akhirnya kembali dijual. Mulai dari penggantian komponen rem, ban, velg hingga pengecatan.

"Karena memang saya juga membeli sepeda bekas, jadi harus di setting ulang. Sehingga saat dijual, seperti baru lagi," terangnya.

Hal yang sama juga dirasakan Slamet, pedagang sepeda bekas di wilayah Desa Laren, Kecamatan Bumiayu. Dikatakan, selain pembelian, dirinya juga melayani tukar tambah sepeda bekas.

"Kadang ada yang sebelum membeli sepeda saat anaknya masih kecil, sekarang sudah anaknya sudah besar ingin upgrade sepeda yang lebih besar. Saya layani," terang Slamet.

Selain di kiosnya yang ada di tepi jalan Bumiayu-Bantarkawung, dia juga berjualan sepeda bekas di pasar hewan Bumiayu saat hari Pasar Wage.

"Libur sekolah seperti ini memang sedang ramai pembeli sepeda bekas. Selain lebih murah, modelnya juga bervariasi sehingga banyak pilihan," ucapnya.

BACA JUGA:Liburan Sekolah, Masjid Al Ikhlas Mejasem Timur Gelar Belajar Gratis

Sulistiono, salah seorang pembeli mengaku sengaja memilih sepeda bekas untuk anaknya. Dikatakan Sulistiono, dirinya sempat berjanji kepada anaknya akan membelikan sepeda saat naik kelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: