Tingkatkan Perekonomian, Pemkab Brebes Dorong Koperasi Bermitra dengan Pemerintah Daerah

Tingkatkan Perekonomian, Pemkab Brebes Dorong Koperasi Bermitra dengan Pemerintah Daerah

MENYAMPAIKAN - Ketua panitia Peringatan Hari Koperasi Tingkat Kabupaten Brebes Sunoto Mardi Siswoyo menyampaikan sambutan pada acara tasyakuran Hari Koperasi. -EKO FIDIYANTO/RATEG-

BREBES, DISWAYJOGJA - Dalam rangka menyambut Hari Koperasi Nasional ke-77 Tingkat kabupaten Brebes Tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Brebes melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag) Brebes menggelar Tasyukuran dan Seminar Perkoperasian yang dilaksanakan di Pendopo Bupati Brebes, serta melalui daring.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Penjabat Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar yang diwakili oleh Kepala Dinkopumdag Brebes Sumarno yang dihadiri Ketua Pengurus Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) kabupaten Brebes, Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi Koperasi Jasa Keuangan (LSP-KJK) Pusat Drs Setyo Heriyanto selaku narasumber perwakilan koperasi se Kabupaten Brebes.

BACA JUGA:Peringati Hari Koperasi ke-77, Puluhan Warga Bumiayu Dapatkan Sembako

Dalam sambutannya Kepala Dinkopumdag Brebes Sumarno mengatakan, hari Koperasi di Indonesia pertama kali ditetapkan pada tanggal 12 Juli 1947. Penetapan tanggal 12 Juli sebagai Hari Koperasi Indonesia merupakan salah satu keputusan dari penyelenggaraan kongres Koperasi I pada 12 Juli 1947 di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Pada penyelenggaraan kongres ini ditetapkan beberapa keputusan penting, yaitu mendirikan Sentral Organisasi Koperasi Rakyat Indonesia (SOKRI), Menetapkan Gotong Royong Sebagai Asas Koperasi, termasuk penetapan tanggal 12 juli sebagai Hari Koperasi, ujar Sumarno saat membacakan sambutan Pj Bupati Brebes.

"Peran koperasi dalam perekonomian sekarang ini sudah dirasakan di banyak lini kehidupan masyarakat, seperti mengembangkan kegiatan usaha masyarakat, mengurangi tingkat pengangguran, meningkatkan taraf hidup masyarakat, termasuk turut mencerdaskan bangsa," katanya.

Lebih lanjut Sumarno menjelaskan, berdasarkan data Kabupaten Brebes Dalam Angka Tahun 2023 yang dirilis BPS Kabupaten Brebes, kontribusi koperasi UMKM dan perdagangan terhadap PDRB Kabupaten Brebes adalah sebesar 16,06%. Hal tersebut menunjukan bahwa koperasi UMKM dan perdagangan mempunyai peran sangat penting dalam menggerakkan roda kabupaten Brebes.

Sumarno menambahkan, sebagai informasi, jumlah koperasi di kabupaten Brebes pada tahun 2024 semester pertama berjumlah 426 koperasi dengan anggota 60.368 orang dan menyerap tenaga kerja sejumlah 1.759 orang. Untuk total modal koperasi berjumlah Rp 412 miliar,  volume usaha Rp 419 miliar dan memperoleh SHU untuk anggota sebesar Rp 10,7 miliar.

Pemerintah Kabupaten Brebes terus berupaya untuk mendukung perkembangan dan kemajuan koperasi di Kabupaten Brebes yaitu melalui program-program  pemberdayaan, pengembangan, pengawasan dan pelatihan dengan sumber pendanaan dari dak pemerintah pusat, APBD Provinsi, kabupaten maupun CSR.

"Hal tersebut tentu saja sebagai salah satu bentuk Government Will Pemerintah Kabupaten Brebes untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di kabupaten Brebes agar lebih sejahtera khususnya melalui koperasi," tambahnya.

BACA JUGA:Dinas Koperasi UKM Perdagangan Kabupaten Tegal Dorong Pengembangan Usaha Mikro

Ketua panitia Peringatan Hari Koperasi Tingkat Kabupaten Brebes Sunoto Mardi Siswoyo dalam laporannya menyampaikan, ada beberapa tahapan yang perlu kami informasikan kepada Bapak Pj Bupati bahwa kegiatan Hari Koperasi Nasional Ke 77 Tingkat kabupaten Brebes ini di Kabupaten Brebes ada beberapa rangkaian kegiatan.

Kegiatan yang pertama pada tanggal 8 Juli kemarin sudah dilaksanakan bakti sosial di Desa Bumiayu, Kecamatan Bumiayu Brebes, kemudian kegiatan lomba video kreatif dan lomba mars koperasi, untuk kegiatan tanggal 9 Juli pada hari ini yaitu Seminar Perkoperasian dan dilanjut dengan tasyakuran.

"Untuk tanggal 12 Juli 2024 mendatang akan dilaksanakan kegiatan senam pagi bersama dilanjut jalan sehat," ujar Sunoto. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: