10 Tips Menyimpan Makanan Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Tidak Bau Tetap Segar

10 Tips Menyimpan Makanan Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Tidak Bau Tetap Segar

Tips Menyimpan Makanan Di Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Tidak Bau Dan Tetap Segar-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Setelah kamu belanja kebutuhan rumah tangga biasanya langsung menyimpan bahan makanan tersebut di dalam merek kulkas terbaik tanpa dipisahkan terlebih dahulu dan tanpa tahu cara menyimpannya seperti apa.

Sehingga menyebabkan bahan makanan tersebut jadi gampang busuk dan bisa mengeluarkan bau tidak sedap di dalam merek kulkas terbaik .

Menyimpan bahan makanan seperti sayur dan buah di dalam merek kulkas terbaik agar tetap segar juga mempunyai tips tersendiri yang sering tidak kamu ketahui.

Supaya bahan makanan yang kita simpan di dalam merek kulkas terbaik bisa tetap segar dan tidak menimbulkan bau tidak sedap, berikut 10 tipsnya :

1. Rajin Membersihkan Kulkas

Kamu harus mengecek kulkas secara berkala. Jangan menunggu kulkas sampai kotor parah. Sebaiknya bersihkan kulkas dengan rajin sebelum kotoran semakin banyak menempel supaya kulkas tetap terjaga kebersihannya. Jangan sampai bahan makanan yang masih segar tercampur dengan bahan makanan yang busuk.

Apabila kamu menemukan bahan makanan yang sudah busuk, segera buang supaya makanan lainnya tidak terkontaminasi. Pastikan juga tidak terdapat cairan yang menggenang di dalam kulkas supaya bahan makanan seperti sayur dan buah tidak cepat membusuk.

2. Kentang

kentang bisa dipakai untuk menyerap bau busuk dari bahan makanan atau makanan yang telah diolah yang ada di dalam kulkas. Caranya, belah kentang jadi 2 bagian atau lebih lalu masukkan dengan acak ke dalam kulkas. Ganti kentang tersebut setiap 3 hari sekali dengan kentang segar.

3. Daging, Ikan, dan Unggas

Cara supaya daging segar, ikan dan unggas tetap awet yaitu dengan membungkusnya dalam plastik. Karena jika tidak, bisa berisiko terkena bakteri. Gunakan piring sebagai alas, apabila daging tidak ada pembungkusnya ketika kamu membelinya.

BACA JUGA : Anti Basi, Berikut 8 Cara Menyimpan Makanan Sisa Dalam Merek Kulkas Terbaik

4. Roti

Saat menyimpan roti di dalam kulkas, sebaiknya gunakan irisan apel kecil atau kentang yang mentah dalam wadah tempat kamu menyimpan roti supaya roti bisa lebih tahan lama dan segar.

5. Telur

Simpan telur dengan ujung kecilnya ada di bawah. Hal ini untuk memastikan bahwa kantung udara yang ada di atas tidak tertekan berat telur, sehingga telur tidak akan pecah. Karena, jika kantung udara tersebut pecah maka telur akan cepat busuk.

6. Tomat dan Mentimum

Tomat perlu dipisahkan dengan mentimun saat menyimpannya secara bersama-sama dalam merek kulkas terbaik. Karena, tomat akan mengeluarkan gas yang membuat mentimun cepat busuk.

Kamu bisa gunakan kertas atau koran sebagai alas, supaya tomat dan mentimun kondisinya selalu kering sehingga akan membuatnya lebih awet ketika disimpan dalam kulkas.

7. Apel

Jangan simpan apel campur dengan buah matang lainnya. Karena bisa menyebabkan buah-buahan dan sayuran jadi lebih cepat membusuk. Sebaliknya, buah apel dengan buah yang sudah terlalu matang disimpan secara berdekatan supaya buah yang belum terlalu matang tersebut bisa cepat matang.

BACA JUGA : Cara Menyimpan ASI Dalam Freezer Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu Agar Lebih Awet

8. Produk Susu dan Olahannya

Sebaiknya pakai botol plastik untuk menyimpan susu daripada harus memakai kardus karton. Karena bakteri akan lebih gampang tumbuh pada kardus karton daripada gelas plastik.

Produk olahan susu seperti keju, krim asam, yoghurt, dan krim, biarkan saja di dalam kemasannya. Apabila sudah digunakan, jangan taruh ke wadah aslinya, tetapi letakkan di dalam mangkuk atau piring dengan bungkus plastik. Khusus untuk keju, gunakan bungkus alumunium foil apabila sudah pernah dikonsumsi.

9. Jangan Campur Buah dan Sayuran

Sayuran dan buah mengeluarkan gas yang berbeda-beda. Sheingga kamu perlu menjauhkan buah-buahan dan sayuran secara terpisah seperti peletakkan di toko buah atau swalayan.

Misalnya wortel dengan wortel dan apel dicampur dengan apel. Buah jangan dicuci sebelum masuk ke kulkas karena kelembabannya bisa rusak dan akan lebih cepat busuknya.

10. Daun Salam

Daun salam juga berkhasiat untuk menjauhkan beras dan gandum dari kutu. Caranya masukkan daun salam ke wadah beras dan ganti tiap 3 bulan sekali.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti dalam menyimpan makanan di dalam merek kulkas terbaik agar tidak bau dan tetap segar. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: