Aiptu Verdika Nova Prasetya, Anggota Polsek Tegal Barat Tiap Bulan Obati Ratusan Warga

Aiptu Verdika Nova Prasetya, Anggota Polsek Tegal Barat Tiap Bulan Obati Ratusan Warga

MELAKUKAN BEKAM - Aiptu Nova saat memberikan pengobatan bekam pada warga Debong Lor Tegal Barat, di sela tugasnya sebagai anggota Bhabinkamtibmas.-AGUS WIBOWO/RATEG -

TEGAL, DISWAYJOGJA - Seorang polisi bertindak tegas dalam menghadapi kejahatan dan pelanggaran. Hal itu dilakukan demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Meski tegas, tetapi ada juga polisi yang selalu membantu kepada orang lain. Seperti yang dilakukan anggota Bhabinkamtibmas di Kota Tegal. Siapa dia?

NAMANYA Aiptu Verdika Nova Prasetya. Dia adalah anggota Polsek Tegal Barat, Kota Tegal. Saat menjalan tugas, ada yang berbeda terhadap barang bawaannya. Bukannya membawa senjata, tetapi dia malah membawa sejumlah peralatan medis.

Peralatan itu yakni alat akupunktur, akupresur, dalam peratalan untuk melakukan bekam.DIa juga mampu melakukan ciropraktick atau pijat kretek hingga melakukan rukyah.

BACA JUGA:40 Anggota Saka Bhayangkara Dilantik, Jaga Perilaku Bernilai Positif

Tiap bulan, Aiptu Nova melakukan pengobatan kepada sekitar 150 warga. Meski banyak yang diobati olehnya, Aiptu Nova tak pernah mematok harga.

”Saat ini saya bertugas di Debong Lor Tegal Barat. Makanya di sela tugas sambangan dan ada warga yang minta tolong kami datang ke sini,” kata Aiptu Nova di sela memberikan pengobatan bekam, Selasa (9/7).

Nova mengaku sejak 2013, sudah bisa melakukan bekam, rukyah, akupunktur, akupresur dan ciropraktick (pijat kretek). Keahliannya ini telah diakui karena sudah mengantongi 17 sertifikasi. Di antaranya sertifikat keahlian bekam, akupresur, akupuntur, ciropraktick, ipnoterapi, speack delay (untuk ABK).

”Dalam sehari, rata-rata ada sekitar 5-7 warga yang membutuhkan tenaga kami. Jadi jika dihitung tiap bulannya, ada sekitar 150 orang yang mendapatkan pengobatan oleh kami,” ulasnya.

Nova mengaku banyak warga yang terbantu atas keahliannya. Namun demikian, keahliannya ini tidak dijadikan sebagai ladang bisnis. ”Insya Allah, kami tidak mematok harga. Karena niat kami, ilmu yang kami dapat adalah bisa bermanfaat. Kemudian, sebagai anggota Bhabinkamtibmas, kami memang dituntut dekat dengan masyarakat. Dan inilah cara kami bisa bertemu dengan warga,” ungkapnya.

Banyaknya pasien, tidak membuat Aiptu Nova lupa dengan jiwa Bhayangkaranya. Karena itu, di saat jam tugas, pihaknya mau memberikan pelayanan hanya terhadap warga binaannya. Namun, lepas dari tugas sebagai anggota, pihaknya bebas memberikan pengobatan.

Sementara itu, salah satu warga Debong Lor, Miftahudin mengaku bangga memiliki sosok Bhabinkamtibmas yang ternyata mampu memberikan pengobatan. Menurut dia, Aiptu Nova tak mematok bayaran untuk pengobatan.

BACA JUGA:Berkolaborasi dengan KPK, Pj Bupati Brebes Ingin Sosialisasi Antikorupsi Sampai ke Desa

”Beliau (Aiptu Nova) tulus. Tidak mematok biaya pengobatan. Kami sangat terharu dan terbantu, karena jarang sekali sosok polisi yang seperti itu,” kata Miftah yang mengaku kini badannya telah kembali bugar.

Terpisah, Kasat Bhabinkamtibmas AKP Pranoto menambahkan, Aiptu Nova memang memiliki keahlian dalam mengobati warga yang terkena stroke ataupun penyakit lain tanpa mematok harga. Karena itu, banyak warga yang meminta tolong dan merasa terbantu oleh aksinya tersebut.

”Kami juga akan mengusulkan Aiptu Nova sebagai kandidat polisi baik, karena benar-benar membantu warga,” ungkapnya.

Aiptu Nova, kata dia, sosok polisi yang tugasnya melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Ditambah dengan sosok polisi yang peduli akan kesehatan. Beliau polisi yang ahli di bidang kesehatan. Selain sehari-harinya bertugas menjadi Bhabinkamtibmas, di sela-sela tugasnya beliau mampu memberikan pelayanan pengobatan untuk masyarakat yang sakit. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: