Anti Basi, Berikut 8 Cara Menyimpan Makanan Sisa Dalam Merek Kulkas Terbaik

Anti Basi, Berikut 8 Cara Menyimpan Makanan Sisa Dalam Merek Kulkas Terbaik

Cara Menyimpan Makanan Sisa Di Dalam Merek Kulkas Terbaik Dengan Aman-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Banyak orang pernah menyimpan makanan sisa untuk dikonsumsi lagi di kemudian hari. Supaya makanan tetap aman dan memperlambat adanya bakteri, sebaiknya makanan sisa disimpan di dalam merek kulkas terbaik.

Apabila memakan makanan yang sudah terkontaminasi oleh bakteri atau basi, bisa menyebabkan mual, diare, muntah, atau kombinasi dari semuanya. Makanan sisa yang relatif mempunyai masa simpan yang lama sesudah dimasak yaitu sayuran bisa disimpan 3-7 hari di dalam merek kulkas terbaik.

Tetapi, sayuran tertentu seperti seperti jamur, kentang, seledri, bayam, dan masakan bersantan jangan dipanaskan lagi karena berbahaya untuk kesehatan. Selain itu, roti juga bisa disimpan dalam merek kulkas terbaik waktu 5-7 hari, jangan lupa simpan roti di wadah yang tertutup.

Untuk bisa menyimpan makanan sisa di dalam merek kulkas terbaik, terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya makanan tetap aman, segar, dan higenis untuk dikonsumsi kembali.

BACA JUGA : Tekstur Tetap Renyah Tahan Lama, Simak 8 Tips Menyimpan Brokoli Dalam Merek Kulkas Terbaik

Berikut cara menyimpan makanan sisa dalam kulkas secara aman :

1. Simpan makanan maksimal 2 jam sesudah dimasak

Setelah makanan dimasak, apabila kamu ingin menyimpannya di dalam kulkas sebaiknya jangan lebih dari 2 jam. Karena bakteri dan virus di dalam suhu ruangan dapat mengontaminasi makanan yang belum kamu simpan tersebut.

2. Gunakan wadah yang tertutup

Memakai wadah tertutup dan kedap udara merupakan hal yang harus kamu perhatikan ketika menyimpan makanan sisa. Wadah yang kedap udara dan berkualitas baik, bisa membantu melindungi makanan tersebut dari kuman selama makanan disimpan.

Tetapi, apabila tidak memungkinkan, kamu juga dapat menyimpannya di piring atau mangkuk yang dibungkus dengan rapat menggunakan plastik wrap.

3. Simpan di chiller atau freezer kulkas

Kamu bisa menyimpan makanan sisa yang hendak dimakan lagi di chiller. Apabila kamu ingin menyimpan makanan dalam waktu lama atau makanan beku, kamu dapat menyimpannya di dalam freezer.

Apabila terdapat beberapa bahan makanan yang tidak baik disimpan di dalam freezer, seperti telur, susu, kopi, yogurt, madu, timun, cream cheese, makanan yang sudah digoreng, daging matang, pasta yang sudah dimasak, dan soda justru akan berbahaya untuk kesehatan.

BACA JUGA : Tips Menyimpan Makanan Dalam Merek Kulkas Terbaik Dengan Benar Agar Tahan Lama

4. Porsi ketika menyimpan makanan harus diperhatikan

Ketika makanan sisa disimpan di dalam wadah, perhatikan juga porsinya. Apabila dalam jumlah yang banyak, sebaiknya bagi ke beberapa wadah supaya makanan bisa segera dingin saat ketika dimasukkan ke dalam merek kulkas terbaik. Hal ini supaya makanan bisa tetap higenis dan aman ketika akan dikonsumsi kembali.

5. Jangan mencampur dengan bahan makanan lain

Jangan mencampur makanan sisa dengan bahan makanan lainnya agar makanan tetap higenis dan tidak mudah terkontaminasi. Kamu juga bisa memisahkan rak-rak penempatannya.

Misal taruh wadah makanan mentah di rak yang berbeda dengan makanan matang dan makanan sisa. Selain supaya tetap higenis, hal ini juga bisa membuat kulkas kamu lebih teratur.

6. Menuliskan label pada wadah makanan

Menulis label adalah cara yang cerdas untuk membuat makanan yang disimpan dalam merek kulkas terbaik lebih teratur. Terutama ketika kamu menyimpan makanan sisa.

Tulis label di setiap jenis makanan dan tanggal penyimpanannya. Agar kamu bisa memperhatikan batas dan jangka waktu makanan masih dapat dikonsumsi atau tidak.

BACA JUGA : 10 Tips Memilih Merek AC Terbaik Yang Tepat Sesuai Kebutuhan Rumah

7. Panaskan makanan sebelum dimakan kembali

Makanan sisa yang akan dikonsumsi sesudah dikeluarkan dari dalam kulkas, sebaiknya kamu panaskan dahulu pada suhu 70 derajat celcius kurang lebih selama 2 menit.

Hal ini supaya makanan jadi hangat ketika dimakan dan bisa membantu membunuh kuman yang mungkin ada di makanan kamu. Tetapi perlu diingat, terdapat makanan tertentu yang tidak boleh untuk dipanaskan lagi.

8. Jangan terlalu lama makanan ini disimpan di dalam kulkas

Makanan yang mempunyai kadar protein dan air yang tinggi berisiko membahayakan bagi tubuh apabila terlalu lama disimpan di dalam merek kulkas terbaik.

Seperti telur rebus, sebaiknya dikonsumsi tidak lebih dari 1 minggu. Karena telur yang terlalu lama disimpan dapat menularkan bakteri salmonella yang berbahaya untuk tubuh.

Telur yang sudah dimasak juga jangan dipanaskan ulang karena bisa berbahaya bagi tubuh. Selain itu, makanan seperti daging hanya bisa bertahan 3-4 hari di dalam kulkas.

Apabila kamu ingin menyimpan daging di dalam kulkas, daging tersebut jangan dicuci. Karena daging yang dicuci kemungkinan akan tercemar bakteri jika tidak segera diolah.

Itulah beberapa tips yang aman dalam menyimpan sisa makanan di dalam merek kulkas terbaik agar makanan aman untuk dikonsumsi. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: